Mengalah untuk menang atau Pecundang?

Februari 29th, 2012 by dedekusn | Posted under Blogging, Umum.

Mengalah untuk menang?? Apa bedanya sama pecundang? Itu SMS yang sy terima beberapa hari lalu, entah salah kirim atau tidak, yang pasti itu SMS membuat sy sedikit berfikir nyari jawabannya.

Untuk itu saya mencoba mencari beberapa referensi untuk menjawab pertanyaan tersebut:

Mengalah untuk menang:

  • Pendapat Bright eyes Ky. Mengalah bukanlah sebuah cara pintas untuk sebuah penyelesaian masalah. Dalam konteks organisasi sebuah keputusan yang diambil tak berarti sebuah himpunan kata setuju untuk sebuah permasalahan. Kesimpulannya, ada hal yang lebih penting dari sekedar bertahan pada sebuah pendapat, sekalipun itu sesuatu yang kita yakini benar, Jadi pisahkan pendapat pribadi dan pendapat dalam konteks tujuan organisasi.
  • NN. Mengalah merupakan suatu bentuk laku kompromistis (situasional) di saat kita perlu menilai ulang situasi agar suatu tujuan dapat lebih efektif terlaksana di saat dan tempat yang tepat.
    Tak ada kalah – menang sebagai tujuan kompromistis, yang ada hanyalah cara mendekati (approaching) tujuan dengan berbagai kemungkinan cara/metode yang ada bila situasi tdk sesuai dgn perencanaan semula.
  • Brilliant Yotenega. Mengalah untuk menang adalah suatu keyakinan yang kuyakini akan menjadi suatu kebenaran meskipun membutuhkan jangka waktu yang tidak sebentar untuk membuktikan kebenarannya. Bahkan sebelum kita memutuskan untuk mengalah, ada satu pergumulan yang bisa berupa peperangan melawan diri sendiri. Dan peperangan melawan diri sendiri itu bahkan jauh lebih sulit daripada peperangan melawan keadaan yang sedang kita hadapi.

Sebenanrnya masih banyak pendapat-pendapat lain yang menjelaskan hal tersebut, tapi pada kesimpulannya menurut saya “mengalah untuk menang itu adalah mengalah untuk mendapatkan yang kita inginkan dan  untuk mendapatkan tujuan yang lebih baik. Realisasinya? Silahkan interpretasikan sendiri.

Pecundang?
Pecundang adalah orang kalah yang sebenarnya.

Share Button

Tags: , , , , , , , ,

Comments

76 Responses to “Mengalah untuk menang atau Pecundang?”
  1. aming mengatakan:

    pokoknya untuk saya mengalah untuk menang itu memiliki suatu kebanggaan sendiri kang,

    • dedekusn mengatakan:

      Iya kang, betul pisan. Walau teman sy keukeuh bilang kalah itu apapun alasannya tetep = pecundang, bagi sy tidak jika untuk mendapatkan yg diinginkan dan tujuan yg lebih baik.

  2. Saung Download Game mengatakan:

    setuju sama akang aming lah….

  3. siiip mengatakan:

    pendapat pribadi saya “melangah saja jika kamu bermasalah dengan orang yang menyayangimu. Tapi jangan pernah mengalah pada orang yang hendak menyaingi mu”

  4. andinoeg mengatakan:

    ada kalanya kita memang harus mengalah agar tidak terjadi perselisihan lebih lanjut

  5. Bang Oi mengatakan:

    mengalah untuk menang itu lebih membuat hati tenang .
    daripada diteruskan bersaing tapi malah membuat diri menjadi pecundang.
    keren om.

  6. Citro Mduro mengatakan:

    Mengalah tentu lain dengan kalah. ada alasan tertentu kita mengalah mungkin karena ingin menyenangkan pesaing kita atau ada alasan lain
    misalkan dalam keluarga kita mengalah untuk menghindari hal yang lebih parah jika dilanjutkan

  7. Molly mengatakan:

    mengalah = loser .. dalam satu kasus bener sih

  8. Siti Fatimah Ahmad mengatakan:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, Dedekusn…

    Biasanya kita selalu tidak mahu mengalah tika menghadapi sesuatu perkara yang berakhir dengan kemenangan. itu semangat yang biasa dimiliki oleh semua orang.

    tetapi mengalah untuk menang jarang dikuasai oleh banyak orang kerana ia melibatkan reputasi dan harga diri. Sebenarnya, mengalah untuk menang mempunyai kehebatan tersendiri yang tersembunyi walalupun mengambil masa yang lama. manfaatnya banyak dari mudharat. Bunda biasa melalui saat ini yang berakhir dengan kemenangan atas kesabaran kerana mengalah sebelumnya.

    Yang salah adalah kalah sebelum berjuang. itulah pecundang sejati.

    Semoga sukses selalu Dede dan bergembira di penghujung pekan.
    Salam mesra dari bunda di Sarikei, Sarawak.

    • dedekusn mengatakan:

      Amin… terima kasih naihatnya bunda. Semoga kita bisa menjadi pemenang sejati, tidak menjadi pecundang, tidak kalah sebelum berjuang. Salam mesra juga dari Ciamis Indonesia 🙂

  9. narno mengatakan:

    kalah yang tetap kalah tapi belum tentu pecundang

  10. Bung Iwan mengatakan:

    saya cenderung untuk tidak mengalah. lho? kesannya jahat sekali ya. tapi saya lebih baik menghindar untuk mencegah konflik.
    itu sama atau beda?

    • dedekusn mengatakan:

      Pendapat sy mh beda mas, menghindar spy tidak terjadi masalah yg rumit memang baik, tapi menghindar dari masalah tdk menyelesaikan masalah 🙂

      nyambung ga ya jwbnnya? hehe…

  11. Hanif Mahaldi mengatakan:

    ada kalanya tetap mengalah, untuk menang atau tidak, perlu ditinjau kembali, siapa tahu diri ini memang ada salahnya.

  12. maminx mengatakan:

    memang lebih bijaksana jika mengalah untuk menang, tapi bukan berarti kita terus2an mengalah padahal kita sendiri gak ada salah 😀

  13. bintangtimur mengatakan:

    Kalau saya mengalah, artinya mengalah aja…nggak pernah berpikir kalo mengalah itu akan dibalas dengan kemenangan.
    Tapi biasanya, kalo kita udah mengalah padahal kita merasa di posisi benar, adaaaaa aja jalan untuk nunjukin ‘kemenangan’ kita…tanpa pernah kita duga sebelumnya 🙂

  14. dobleh yang malang mengatakan:

    hmm………………………kalau disudut blue..blue pasti akan mengalah tetapi bukan untuk pecundang……..hahaha
    salam hangat dari blue

  15. Bunga Mesa Ananda mengatakan:

    Ya jelas beda dong om. “Mengalah untuk menang” itu sebuah strategi. Aku mah sering banget gitu kalo main game strategi. Sengaja ngalah biar tim lawan nyerang dulu, ntar kalo udah capek nyerang baru serang balik. Pasti menang deh kalo udah gitu. Bahahaha…

  16. ysalma mengatakan:

    jadi kesimpulannya, mengalah untuk menang ini lihat dulu kasus yang kita hadapi ya 🙂

  17. Dhenok Habibie mengatakan:

    mengalah itu membuat kita menjadi lebih bijak.. setuju gk sob??

  18. mang ino mengatakan:

    never give up for something you love

    is it related?

    😉

  19. Nila789 mengatakan:

    ga ada salah nya kok mengalah. justru kita akan terlihat sabar dan dewasa 😀

  20. ANEKA BERITA mengatakan:

    Nek aku sudah biasa mas di mana pun jadi TAMBAL BAN, dikit ngalah untuk kebaikan bersama. Mohon mangap server hostku baru mantenan dari kamarin. :2thumbup

  21. ANEKA HOT mengatakan:

    Biasanya, nekjika dalam hal benar, saya tetep ngotot mas. Nek jika bisa ditolerir/keduniaan, saya baru ngalah saja wae.

  22. Suke mengatakan:

    penginnya menang terusss…
    tu yang diatasku aneka yesss nya belum pak 😀

  23. dhedhi mengatakan:

    yups… menang itu mental… selamat menjadi pemenang

  24. Arkan Azis mengatakan:

    daripada cekcok karena masalah sepele lebih baik mengalah. tak selamanya mengalah itu pecundang. ada kalanya mengalah lebih pantas disebut berjiwa ksatria..

  25. dhenycahyoe mengatakan:

    cuma satu kalimat dari saya
    Mengalah Bukan Berarti Kalah

  26. Satria Yudha mengatakan:

    mengalah ? hanya orang2 cerdas yang bisa melakukakannya 😀

  27. Setuju kang, lebih baik mengalah untuk menang. mengalah demi kebaikan.

  28. ANEKA HOT mengatakan:

    Saatnya ku mengalah untuk bilang “HAPDET” :peluk

  29. ANEKA BERITA mengatakan:

    HAP HAP HAP HAP HAPDET uey :cd :ngakak

  30. saiful ihsan mengatakan:

    lebih baik mengalah gan untuk kebaikan

  31. Randeezt mengatakan:

    Lebih baik ngalah daripada masalahnya tambah panjang…

  32. didahsahidah mengatakan:

    ada saatnya kita harus mengalah dan ada pula saatnya jangan mau kalah.
    Jadi mengalah untuk menang atau pecundang sangat dipengaruhi oleh kondisi
    salam kenal buat semua blogger.. visit my blog yach.. he ngarep

  33. setuju gan, mengalah bukan berarti kita kalah tapi mengalah untuk menang.! tentunya sikap seperti ini harus mempunyai kesabaran tingkat tinggi.
    artikel menarik terima kasih.

  34. Octa Dwinanda mengatakan:

    tujuan akhirnya adalah menang. mengalah itu hanya bagian dari strategi untuk mendapatkan kemenangan. Jadi menurut saya sangat berbeda dengan pecundang

  35. Dangstars mengatakan:

    Saya maunya menang terus Kang :kiss

  36. bundakata mengatakan:

    mengalah itu butuh energi berlebih dan kesadaran diri tingkat tinggi lhooo

  37. intinya kalau menurut saya gan, mengalah untuk menang harus memiliki keperibadian yang lebih sabar dalam menghadapi persoalan hidup.!
    artikel yang penuh inspirasi buat saya. terima kasih.

  38. mengalah untuk menang biasanya di tuhjukan kepada orang yang lebih muda dari kita atau adik kita …

  39. fenuz mengatakan:

    numpang liat-liat blognya gan, salam kenal

  40. mengalah itu perbuatan hero bos.. harus.

  41. renovasi rumah mengatakan:

    saya tidak akan mengalah utk menang…karena yg dimenangkan blom tentu paham dan akibatnya akan terus diulangi…..

  42. bisnis online mengatakan:

    tergantung sikon, apakah hrs mengalah atau tdk

  43. pinjaman tanpa agunan mengatakan:

    Saya sendiri beranggapan mengalah kadang menunjukan sikap kedewasaan juga.

  44. pusat grosir mengatakan:

    lebih bijaksana jika mengalah untuk menang,tp tdk selamanya hrs mengalah

  45. ikan hias mengatakan:

    kang aya selogan dari orang cianjur ” maju jurang mundur wirang”
    artinya kita jangan pernah mengalah lebih baik maju meskipun didepan ada jurang dengan harapan kita minta keajaiban tuhan mudah-mudahan ada arjuna menolong kita. dari pada mundur kita akan mendapatkan malu dan akan terputuslah harapan kita.

  46. toko herbal online mengatakan:

    yang penting damai, karena perdamaian itu indah,, bner ga tmen2
    hahaa

Do you have any comments on Mengalah untuk menang atau Pecundang? ?