Niche blog

langkah awal bisnis online

Semangat ngeblogku tak seperti dulu lagi, diawal-awal blogging saya selalu berusaha update blog tiap hari atau dua hari sekali. Sekarang, blog ini saja sudah sekitar tiga bulanan tidak ada tulisan baru. Baru mencoba update blog dengan tema seperti yang ada dijudul, niche blog.

Blog sudah menjadi salah satu media menyampaian aspirasi, isi hati, unek-unek, pendapat, tanpa suntingan orang lain. Bagi beberapa orang blog juga berfungsi sebagai ladang uang untuk bisnis online (OL). Namun untuk menjadikan blog sebagai lahan bisnis OL sebaiknya blog harus memliki niche yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Karena tujuan utama membuat blog bisnis ini adalah mencari keuntungan yang sebesar-besarnya alias komersial, maka pendekatan dengan mengikuti kebutuhan pasar yang ada akan sangat membuka peluang anda dalam bisnis OL.

Sekali lagi saya ingatkan, blog harus memiliki niche sesuai kebutuhan pasar, berikut beberapa niche yang poluper yang saya kutif dari PC+ dan –katanya – prospek pasarnya bagus:

  1. Business (bisnis umum)
  2. Health (kesehatan)
  3. Travel (wisata/ perjalanan)
  4. Technology
  5. Fashion (mode)
  6. Home improvements (berbagai hal tentang rumah)
  7. Automotive (otomotif)
  8. Sport (olah raga)
  9. Games
  10. Entertainment (hiburan)

Akan sangat mengutungkan jika salah satu dari niche tersebut adalah bidang atau hobi anda, karena anda akan sangat terbantu ketika membuat artikel atau konten blog. Jadi sebagai langkah awal membuat blog bisnis pertama harus memilih niche sesuai hobi atau keahlian. Jangan ‘acakadut’ seperti blog ini.
Salam piss :D

Share Button

Incoming search terms for the article:

49 thoughts on “Niche blog

  1. Zonapedia

    Saya juga acak adul mas…. hahahahaha……………. sebenarnya bingung juga mau dibawa kemana blog saya karena dari pertama saya punya blog ini emang bukan buat bisnis mas…. kalo bahasa jawanya Let It Flow mas…… :siul

    _________________
    Sip, yg penting nulis & terus berkarya. Salam hangat :D

  2. Bang Oi

    ternyata 2 hobi saya masuk om.

    tapi tetap saja sekarang masih acakadut.

    btw, nice template om, mantap juga template barunya yang selalu peace.
    :ngakak

    _________________
    biar acakadut yg penting keren …. :ngakak

  3. die

    Enaknya punya blog acak kadut tidak perlu pusing, tulis semaunya, update seenaknya :2thumbup

    _________________
    iya bener Bang Die, sip, nulis tanpa beban…

  4. Wandi Sukoharjo

    Ayokembaliken kayu jati diri blogger Dedekusnendare mas kayak tahun 2008 dolo. Tak kancani. :D SK Sertf sudah turun kan? :2thumbup :toast :peluk

    _________________
    Iya mas, kangen masa2 awal ngeblog doeloe. Sdh mas, tp belum cair wkwkwk :peluk

  5. Sukajiyah

    kebetulan blog saya tentang pembelajaran, jd kurang pas buat bisnis online ya?? hehehe
    sesuai tujuan awal pembuatan blog ajalah..
    salam kenal.. dan terima kasih telah berkunjung di blog sederhana saya :shakehand2

    ________________
    Salam kenal juga & terima kasih juga sudah berkenan berkunjung kesini :)

  6. Faisal

    Menurut saya sih langkah awalnya memang menentukan niche blog kita sesuai dengan hobi kita. Karena jika sudah sesuai dengan hobi kita, kita sudah punya wawasan yang cukup untuk mengembangkan blog kita. Kalau blog kita sudah berkembang, soal blog menjadi ladang duit sepertinya akan datang dengan sendirinya. Just opinions.

  7. Ely Meyer

    beda orang beda pemikiran ya … kalau aku sendiri sih ngeblog krn bikin aku sangat hepi, jadi nulisnya ya sesuka ku, biasanya malah nulis tentang acara rutin bersepeda keliling desa :D

  8. Siti Fatimah Ahmad

    Assalaamu’alaikum wr.wb, nanda Dedekusn…

    Semoga kesibukan tidak menghalang untuk berkarya dan berkongsi ide seperti dulu.

    Ternyata blog bunda tidak punya “niat” untuk dikomersialkan kerana sekadar menulis untuk berbagi hikmah dan perkongsian ilmu seputar pengalaman hidup.

    Maaf, lama juga tidak bermain di blog Dede sehingga rupa paras blognya juga sudah berganti. :D

    Salam sukses selalu dari Sarikei, Sarawak.

    1. dedekusn

      Wa’alaikumsalam Wr. Wb. bunda Siti FA
      Iya bund, terima kasih suportnya.
      Dulu sy kira bunda akan benar2 berhenti ge-blog, sempet sedih juga ketika menerima pemberitahuan bunda via komentar beberapa waktu lalu, ternyata masih aktif ngeblog. Alhamdulillah, tulisan2 bunda banyak memberikan hal positif bagi saya. Sekali lagi terima kasih.

      Salam hangat juga buat bunda sekeluarga dari Ciamis Jabar Ind.

  9. Arumsekartaji

    Ngeblog sebagai sarana hiburan saja Mas daripada punya pemikiran di otak tapi tidak dikeluarkan akhirnya senut-senut bikin rasa tidak nyaman di kepala. Untuk mengarahkan blog menjadi ladang bisnis memang ada sekolahnya. Paling tidak itu yang digarap oleh pebisnis lewat blog atau website medianya.
    Yang penting dari ngeblog adalah konsisten dengan rajin memposting artikel. Apakah artikel itu dikomentari atau tidak dikomentari tak usah dipikirkan. Kita masih bisa terus ngeblog walaupun sepi komentar. Banyak komentar juga kewajiban kita untuk mau balik berkunjung dan tentu saja memberikan umpan balik di blognya. Komentar kalau membangun akan bagus bagi konten blog, tapi komentar jorok, mengajak adu domba abaikan saja atau masukkan ke SPAM. Salam sehat untuk Anda.

    1. dedekusn Post author

      Betul, jika tujuannya adalah berkarya, konsisten salah satu kuncinya.
      Sy beberapa bulan terakhir berupaya untuk menjadikan blog sebagai lahan $$, memang bukan blog ini, walau hasilnya belum memuaskan tapi ttp mudah2an kedepannya bisa.
      Bbrp teman sy sudah berhasil menjadikan blog sebagai penghasilan utamanya, mereka bahkan keluar dari pekerjaannya cuma utk ngeblog.

  10. goo blog

    iya.. mas broo mantap blogNYA..,hehe.. pengen nya.. punya blog fokus dalam tema.. eeh malah tetep aja acakadut hahaha…. bravo mas biar blog nya acakadut yang penting tetep GOO.. BLOGG.. HAHA.. salam.

  11. Dhenok Habibie

    hahahhaha, blog saya lebih amburadul mas.. gk jelas, itu blog pribadi, blog kontes, atau apa.. hahahaha.. tapi yang pasti tetap nulis aja, karena suatu saat pasti blog ini akan menjadi harta karun yang berharga.. :)

  12. agro, pepaya

    ladang rejeki pasti banyak jalan. sobat yang pengen rejeki yang benar dari hasil keringat anda ayo jadi pak tani atau pengusaha nandur kates wae. asile asli muantap….

    asli rejeki hasil keringat deh… punya tanaman pepaya 4000 batang 1 tahun tuku mobil anyar gak utang…
    javascript:kaskusemoticonsclick(‘:ngacir2′)

  13. Bunga Mesa Ananda

    Menurut saya sih om. Blog yang niche nya banyak dibutuhkan pasar itu blog cerita misteri, blog download film, sama ehm, yang isinya bokep. Liat aja blog-blog seperti itu pengunjungnya banyak

  14. cah ndeso

    slundap slundup…begitulah nasib Blog Muria, Kang. Kadang sempat kadang ndak. Malahan banyak ndak sempatnya buat update postingan. hhahahaha…..

    Gimana ya cara yang ampuh biar tetep semangat buat ngeblog ? Kasih dong Kang resepnya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>