Profesional?

rektor unsil

Rektor Unsil

Profesional. Kata ini yang paling sering saya dengar hari-hari ini, saya memang sedang mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) selama  kurang lebih 10 hari yang tujuan utamanya menjadikan guru profesional dengan bukti sertifikat. Memang selama ini belum profesional? :) Terus apa mungkin dalam 10 hari bisa menjadikan guru profesional? dalam 5 tahun perkuliahan saja susah menjadikan orang profesional? Pertanyaan terlontar dari Rektor Unsil Prof. Dr. H. Kartawan, S.E., M.P., yang disambut senyum para peserta PLPG angkatan ke 13 (17/11) di Hotel Padjajaran Tasikmalaya.

Seorang profesional adalah seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya (wikipedia). Tiap dari kita pastinya berharap menjadi orang profesional, walau kenyataannya menjadi profesional tidak  semudah pengucapannya. Saya memang seorang Pengajar PNS yang dituntut profesional, dan pastinya mengupayakan untuk itu. Disisi lain masih banyak kepentingan dan kegiatan lain yang harus dilakukan diluar tugas pokok sebagai pendidik. Apalagi saya juga berkeinginan menjadi blogger profesional seperti yang sudah dilakukan beberapa teman-teman, menjadikan blog sebagai lahan $$ utama. Memulai kelangkah itu dan sudah dilakukan walau hasilnya masih sangat minim dan masih banyak belajar.

Untuk saat ini saya memang tidak mungkin mengikuti jejak Sang Saka, Akang Bloggerpemula, Kang Cas dan bloger-bloger lain yang melepaskan profesi utama untuk 100% menjadi blogger. Ini juga yang menjadikan konsentrasi saya terbagi, dan susah mencapai profesional dibidang apapun. Tapi tetap, Insya Allah saya berupaya untuk itu.

Share Button

Incoming search terms for the article:

26 thoughts on “Profesional?

  1. Blogger Pemula

    Wuih susah banget komentarnya ni kang … saya merasa belum professional … kalo mungkin full time blogger juga perlu diragukan karena saat ini masih ada sampingan yang di luar ngeblog he he…
    Yang jelas menurut saya sih berdasarkan tujuannya … banyak Pak Guru yang berhasil menjadi blogger. Berhasilnya ini banyak sekali tinjaunnya. Bisa jadi berhasil menyampaikan pikiran2nnya. Mungkin bisa disimak bagaimana pemilik khanacademy.org memberikan sebuah pendidikan matematika secara OL dan banyak dikunjungi dan membantu mereka yang ingin belajar matematika secara OL. Saya percaya blogger yang berhasil adalah blogger yang paling tidak mendekati untuk mencapai sesuatu sesuai dengan tujuannya. Tinggal kita merumuskan tujuannya itu sebagai tolak ukur keberhasilan kita.
    Maaf nih jika pandangan saya keliru.

    1. dedekusn

      Setuju kang, mudah2ankita termasuk orang-orang berhasi spt dimaksud. Untuk mencapai itu diperukan kerja keras, ketekunan, dan keuletan luar biasa.
      Nuhun pisan sharing pendapatnya

  2. FAJAR

    secara teori kata PROFESIONAL, di otak kita mudah memahaminya, namun dalam teori susah untuk diaplikasikan atau dipraktekkan, sebagai contoh namanya guru profesional harus melengkapi empat syarat yaitu : MERENCANAKAN, MELAKUKAN, MENGEVALUASI dan MENINDAKLANJUTI. jadi mohon dengan SADAR DIRI kalau DIBERI LABEL TERSEBUT. jangan menuntut haknya saja, ingat dan kembalilah kepada anak bangsa kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>