Bukan buah jatuh

November 24th, 2013 by dedekusn | Posted under Motivasi.

buah jatuhBuah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Sebuah pribahasa yang kurang lebih memiliki arti sifat perilaku seseorang tidak jauh dari induk atau orang tuanya. Masuk akal memang, tapi buah jatuh jauh dari pohonnya pun sama masuk akalnya. Jadi jangan sepenuhnya percaya. Saya juga tidak percaya. 😀

Sepintas peribahasa ini biasa saja, tapi bisa berdampak positif juga negatif, terutama bagi yang meyakininya. Positifnya jika orang tuanya orang hebat, sangat sukses, memiliki sifat dan perilaku baik, peribahasa ini bisa jadi motivasi agar si anak bisa seperti beliau atau minimal mendekati sifat atau kesuksesannya. Lain halnya jika orang tuanya bukan orang sukses, cenderung memiliki sifat negatif, peribahasa ini bisa jadi bumerang untuk kesuksesan, bisa membuat apatis, putus asa, menghambat cita-cita, dll. Harusnya, jika orang tua kita orang yang kurang sukses – tanpa mengabaikan rasa syukur – kita bisa belajar dari kekurangannya untuk sukses. Jika orang tua kita termasuk sukses, kita bisa belajar dari kesuksesannya agar bisa jauh lebih sukses.

Intinya, kalau kita menginginkan yang terbaik atau jauh lebih baik, jauh lebih sukses dari orang tua kita atau dari siapapun, hiraukan peribahasa ini. Tetap fokus, usaha maksimal, optimis, dan jangan lupa do’a. Buah memang jatuh tidak jauh dari pohonnya. Tapi kita bukan buah jatuh, kita manusia yang tidak selalu harus sama dengan induknya, kita adalah manusia yang bisa terus belajar dan terus berusaha untuk jauh lebih baik, jauh lebih sukses dari orang tua kita atau dari siapapun.

Salam piss. :Yb

Share Button

Tags: , , , , ,

Comments

41 Responses to “Bukan buah jatuh”
  1. Purnomo mengatakan:

    Selalu berpikiran positif aja ya mas..dan yakin kalo kita pasti mampu ..

  2. Purnomo mengatakan:

    Selalu berpikiran positif aja ya mas..dan yakin kalo kita mampu

  3. Gus Nando mengatakan:

    kalau ingin sukses
    jangan berhenti untuk mencoba dan mencoba

  4. Index Apk mengatakan:

    kunjungan perdana sobat,,
    salam blogger

  5. Rohis Facebook mengatakan:

    benar banget pak! peribahasx salah klo dimutlakkan pasti ngikut dlm hal2 yg positif maupun negatif, seharux tergantung pribadi msng2..! salam kenal.. *smile

  6. Baskoro mengatakan:

    Pada intinya usaha dan doa ya sobat supaya sukses.

  7. jenx indah mengatakan:

    Tapi kadang biasanya seperti itu ada juga dalam bahasa jawa “kacang ora ninggal lanjaran”

  8. Muroi El-Barezy mengatakan:

    Setuju lah, pribahsa ini mungkin benar 30 persen, selebihnya adalah bagaiamana usaha kita, orang tua kaya tapi kita belum tentu kaya juga tanpa usaha, kecuali ngandelin warisan, hehe..salam kenal

  9. hasriyani mengatakan:

    Salam sahabat sesama blogger. Anda menulis dan saya berkomentar, sesuai pengertian saya tentunya.

    Pribahasa. “BUAH JATUH TIDAK JAUH DARI POHONNYA”.
    Hal positif yang bisa saya tambahkan disini yaitu, buah. Buah yang jatuh tentunya sudah matang ya? Kalau jatuhnya belum matang pasti gagal panen. Artinya ia jatuh dalam keadaan cukup untuk berbuah atau tumbuh kembali dan buah yang baik misalnya kelapa jatuhnya karena sudah siap melepaskan diri dari pohon tumbuhnya.

    Artinya : Pohon yang baik berbuah yang baik jatuh pada saat yang seharusnya maka akan menghasilkan tanaman yang baik dan buah yang baik pula. Dimanapun ia jatuh. Baik dekat mahupun jauh tergantung nasib tentunya.

  10. Andrekocak Blog mengatakan:

    keren dgan 😀

  11. keke naima mengatakan:

    setuju, justru kekurangan org tua hrs jd pelajaran buat kita utk lebih baik 🙂

  12. Masnady mengatakan:

    bener banget mas… tidak selamanya buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, adakalanya buah jatuh cukup jauh dari pohonnya… misal karena di bawa kelelawar.. ini bisa di samakan dengan pendidikan tinggi hinggak kesuksesannya melebilhi orang tuanya……

  13. Andrekocak Blog mengatakan:

    mantap gan 😀
    thx ya

    Blogwalking 🙂

  14. Yos Beda mengatakan:

    peribahasa tersebut akan dengan mudah dikalahkan dengan ketekunan dan niat mas, heheh

  15. Rohis Facebook mengatakan:

    mampir lg nyari2 artikel baru *smile

  16. Indra Kusuma Sejati mengatakan:

    Kalau buahnya mateng enak juga tuh Kang, smbil nunggu jatuh. Asal jagan ktiban buah durian saja. ha,, ha,, ha,,, piss…. Semangat……….

    Salam,

  17. kang haris mengatakan:

    Betul, saya juga kurang sreg dengan pribahasa ini kang 🙂

  18. ditter mengatakan:

    Mungkin peribahasa itu sekadar penggambaran sebagian fakta aja. Sebab fakta lainnya menunjukkan ada juga anak yg sangat berbeda dibanding kedua orangtuanya, hehe….

  19. capung2 mengatakan:

    usaha yg keras disertai dgn ketekunan dan doa setidaknya dpt menghapus pribahasa diatas.

  20. yulita mengatakan:

    saya rasa pribahasa tersebut ga ngaruh ya.. benar yg mas bilang blm tentu orangtua yg sukses anaknya juga sukses begitu sebaliknya. Hanya kerja keras,doa dan disiplin yang akan menentukan segalanya.. 🙂

  21. tuxlin mengatakan:

    Saya juga gak percaya sama peribahasa ini, kita bisa jadi apa saja yang berbeda dari orang tua kita, tergantung usaha dan kemaaan kita 🙂 kunjungan perdana, dan salam kenal 🙂

Do you have any comments on Bukan buah jatuh ?