Lingkungan

Januari 22nd, 2014 by dedekusn | Posted under Motivasi.

Pengaruh lingkungan1Jika kita perhatikan lingkungan sekitar: tempat tinggal, tempat kerja, tempat bergaul, sahabat, teman, keluarga atau siapapun, mereka bisa dijadikan cermin. Dari mereka kita dapat lebih mengenal diri sendiri. Dari mereka kita bisa belajar. Dari mereka kita bisa mendapatkan sesuatu yang berarti. Dari mereka saya banyak mendapat pembelajaran. Jika mereka orang-orang baik, jika mereka orang-orang shaleh maka kitapun akan tergolong dalam lingkungan orang-orang shaleh. Jika lingkungan kita dipenuhi orang-orang jahat maka kita tak akan jauh beda dari mereka.

Bersahabat dengan para preman, perilaku kita akan cenderung seperti mereka. Bersahabat dengan kumpulan koruptor, kita akan tertarik bahkan cenderung melakukannya. Bergaul dengan komunitas pebisnis, kita akan terpengaruh untuk ikut berbisnis. Berteman dengan orang-orang sukses, harusnya kita juga ikut untuk sukses, atau minimal lebih bersemangat untuk bisa seperti mereka.

Kebiasaan orang-orang disekitar kita mempengaruhi kebiasaan dan perilaku kita. Menyiapkan diri menjadi lebih baik, akan lebih mudah jika bergaul dengan orang-orang baik pula. Sebaliknya, tantangan akan lebih besar jika orang-orang dilingkungan kita dipenuhi orang-orang berperilaku tidak baik.

Share Button

Tags: , , , , , , ,

Comments

39 Responses to “Lingkungan”
  1. dimycorner mengatakan:

    Mungkin karena manusi itu makhluk sosial,
    makanya dia di lengkapi akal pikiran untuk memilih yang baik

  2. ysalma mengatakan:

    Pesan orangtua itu mau tak mau harus diakui, benar.
    berteman dengan penjual parfum,akan kecipratan wanginya,
    berteman dengan pandai besi, sedikit banyak akan kecipratan apinya.

  3. De Widiani mengatakan:

    Lingkungan memang berpengaruh dan berperan penting dalam tingkah polah suatu individu. Meskipun pada dasarnya, tergantung individu itu sendiri, apakah dia mampu atau tidak untuk menyaring dan memilah mana yang baik dan mana yang buruk…

  4. Hyu mengatakan:

    betul sekali om dede :tabrakan: saya pernah merasakannya .. dari yang positip kumpul yang negatip nular deh.. kini sudah kejalur yang benar dan jadi pembelajaran untuk jadi cermat menentukan sikap disaat bertemu lingkungan negatip

  5. Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan:

    Belajar dari lingkungan menjadi kita merasa nyaman tinggal di mana saja. Bukan terpengaruh bila ada hal yang negatif, tapi justru mewarnainya dengan hal yang positif.

  6. catatan kecilku mengatakan:

    Memang mau tak mau harus diakui bahwa lingkungan memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk pribadi/karakter seseorang. Jadi tak salah jika seseorang yang ingin menjadi orang baik maka seyogyanya berteman / berada dalam lingkungan yang baik.

  7. Purnomo Jr mengatakan:

    Jadi keingatan sama satu peribahasa bila selalu deket sama penjual minyak wangi maka akan ikutan kebawa wanginya.. 🙂

    Emang lingkungan dominan mempengaruhi perilaku dan gaya hidup seseorang ya mas
    Salam.. 🙂

  8. joe mengatakan:

    berarti kita harus selektif dalam memilih teman bergaul ya…

  9. Siti Fatimah Ahmad mengatakan:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, nanda Dedekusn…

    Lingkungan memang mampu mempengaruhi kita dalam banyak aspek kehidupan. Bahkan bukan lingkungan manusia sahaja, malah media massa dan media elektronik turut menyumbang untuk menjadikan kita orang baik atau orang jahat.

    Terserah diri sendiri untuk memilih yang terbaik buat meneruskan kehidupan ini. Yang penting kita harus tahu bahawa setiap yang kita lakukan semuanya ada pertanggungjawaban di hadapan Allah SWT nanti. Mudahan kita termasuk insan yang menyukai kebaikan dalam apa juga aktiviti kehidupan yang dijalani.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. 😀

  10. mekanik komputer mengatakan:

    emang bner sob.. semakin baik lingkungan yang kita gauli semakin baiklah sikap kita terpengaruhnya, tapi kalo sebaliknya tuh yang buruk malah bertambah buruk, harus pintar2 mencari kawan yang seiman dan baik luar dan dalam 🙂

  11. post view mengatakan:

    iya bner kang.. ane pernah ngalamin seperti itu, baik bertambah baik, buruk bertambah buruk, harus kuat iman deh kalo bergaul sama siapapun dan cepet sadar kita kearah mana

  12. Indra Kusuma Sejati mengatakan:

    Lingkungan akan membawa kita akan sebauh pembentukan suatu karakter dan prilaku ya Kang, dan benar juga bila kita harus berhati-hati dan pandai menjaga diri juga sih.

    Salam

  13. Abi Sabila mengatakan:

    yang terbaik adalah seperti ikan, tak serta merta menjadi asin meski hidup di air laut yang asin, tapi kita adalah manusia, yang diberikan akal pikiran sebagai pembeda dengan makhluk lainnya, maka kita harus pandai-pandai membawa diri dalam bergaul dan bermasyarakat.

  14. Kisah Foto mengatakan:

    Setuju banget om… kiat juga harus pandai dan selektif dalam bergaul dan tentunya didukung dengan manajemen pengendalian diri agar gak ikut2an ke perbuatan yang jelek 🙂

  15. fauzie mengatakan:

    Lingkungan dan pergaulan menentukan kepribadian kita, ini sudah banyak kasus yang terjadi dimana kalau lingkungan dan pergaulan baik cenderung membuat seseorang menjadi baik dan sebaliknya
    Pintar2nya kita dalam bergaul dan memilih lingkungan yang tepat untuk hidup

  16. duniaely mengatakan:

    sepakat mas, kmrn aku baca dianjurkan jg bergaul sama org org yg berpikiran positif drpd sebaliknya, krn akan mempengaruhi Kita juga 🙂

  17. narno mengatakan:

    maka marilah kita pilih lingkungan yang positif bagi kita, bagi keluarga kita, kalau pun lingkungan kurang mendukung maka kewajiban kita untuk mewarnai bukan diwarnai

  18. ririn mengatakan:

    iya bener banget. Kondisi lingkungan memang sangat memengaruhi perilaku seseorang. Iya sebaiknya kita bisa memposisikan diri sesuai dengan lingkungannya ya kak 🙂

  19. budaya indonesia mengatakan:

    setuju mas, kalau lingkungan memberikan pengaruh yang sangat dominan terhadap karakter seseorang terutama pada usia-usia pertumbuhan dan perkembangan yang masih polos. untuk itu masri kita ciptakan dan berikan lingkungan yang baik baik generasi penerus bangsa agar mereka terbiasa dan memiliki karakter yang baik pula..

  20. tempat wisata di bali mengatakan:

    lingkunga adalah nomor wahid dilihat dari kacamat nilai keindahan, orang akan menyatakan indah apabila mereka telah melihat keindahan di sekitar lingkungan dimana niali keindahan itu ada. mari jadikan lingkungan kita lingkungan yang indah yang dapat memebrikan kenyamanan bagi warganya..

  21. Purnomo Jr mengatakan:

    Bergaul yes….
    namun tetep ada batas batasannya
    Ya mas 🙂

  22. Blog Orang mengatakan:

    Yupp mas lingkungan dan pergaulan menentukan kepribadian kita

  23. Blog Lanonadio mengatakan:

    Setuju banget mas bahwa kalau lingkungan memberikan pengaruh yang sangat dominan terhadap karakter seseorang terutama pada usia-usia pertumbuhan dan perkembangan yang masih polos.

  24. kang haris mengatakan:

    Betul kang, ini kalau gak salah ada hadistnya
    Lingkungan itu mewarnai, jika kita tak cukup kuat mewarnai maka pilihlah lingkungan yang akan mewarnai kita dengan baik 🙂

  25. Fahrizal Mukhdar mengatakan:

    Hidup ini saling, segala sesuatunya saling mempengaruhi ya kang … antara kita yang mempengaruhi, atau malah kita yang dipengaruhi. Kalau mempengaruhi untuk kebaikan. Agaknya terdengar baik. Sama juga kalau dipengaruhi dalam hal kebaikan, patutnya disyukuri. Tapi kalau sebaliknya, semoga kita dapat menghindari …

  26. Peluang usaha mengatakan:

    iya mas, lingkungan memang cukup berpengaruh.

  27. Ocha Rhoshandha mengatakan:

    Wuah, berpengaruh banget. Harus pinter-pinter milih teman dan pergaulan deh kalo masih pengen aman

  28. budaya indonesia mengatakan:

    sebaik apapun di rumah, kalau lingkungan tidak baik, pasti ada pengaruh. terpenting ciptakan lingkungan yang baik

  29. maminx mengatakan:

    lingkungan memang sangat berpengaruh ya selain dari keluarga. Berteman dengan siapa saja, tapi bersahabat bolehlah kita pilih-pilih 🙂

  30. keke naima mengatakan:

    lingkungan memang bs sangat mempengaruhi apalagi kalau kitanya juga gampang terpengaruh

  31. Sunandar mengatakan:

    yap bener mas… lingkungan emg bisa mempengaruhi segalanya. dan tinggal kitanya aja harus bisa memilih mana yg baik dan benar 🙂

  32. Mekanik Komputer mengatakan:

    untungnya lingkungan sekitar rumah ane orangnya friendly semua 😀

  33. ikan hias mengatakan:

    lingkungan sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan anak kita, apabila kita memiliki anak maka pilihlah lingkungan yang baik demi perkembangan anak kita.

  34. Bang Oi mengatakan:

    Lingkungan emang berpengaruh terhadap diri seseorang mas.
    jadi kita harus mencari lingkungan yang baik buat diri kita. Kalau emamng gak bisa nemu lingkungan seperti itu, berharap bisa membuat lingkungan itu berubah menjadi baik karena ada kita.

  35. Hotel di Bogor mengatakan:

    lingkungan punya andil yang sanagat besar sekali terhadap tumbuh kembang prilaku anak -anak, itu sebabnya banyak orang tua suka memarahi anaknya jika mereka ikut bermain dengan remaja pengngguran atau preman.
    tugas para orang tua dan kita untuk meimilih dan memilah pergaulan mereka agar terhindar dari hal yang tidak pernah kita inginkan

  36. peluang usaha mengatakan:

    iya gan, lingkungan memang cukup berpengaruh. lingkungan memang bs sangat mempengaruhi apalagi kalau kitanya juga gampang terpengaruh

  37. hotel di lembang mengatakan:

    lingkungan sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan anak, apalagi pada anak remaja. maka sudah menjadi tugas orang tua untuk mengawasi dan menjaga pergaulan anaknya.

  38. Dunia Ely mengatakan:

    Benar sekali mas, lingkungan membawa pengaruh besar pada seseorang 🙂

  39. masriya mengatakan:

    lingkungan terjadi pada orang yang sangat dekat dengan nya yaitu lingkungan keluarga

Do you have any comments on Lingkungan ?