Agar belajar fisika lebih mudah dan menyenangkan

Bagi sebagian siswa, belajar fisika itu menyenangkan dan tidak sedikit yang menganggap pelajaran fisika sebagai pelajaran super sulit, bahkan ada siswa yang menyebutkan sebagai pelajaran paling horor menakutkan, apalagi kalau gurunya killer, serem, berkumis tebal, jarang senyum, dll. Belajar fisika pada dasarnya sama dengan belajar mata pelajaran lain, belajar fisika bisa mudah dan menyenangkan.

Berikut beberapa tips agar belajar fisika bisa lebih mudah atau minimal kelihatan mudah :

  1. Baca dan pahami materi yang akan dipelajari. Sebelum pembelajaran dimulai kita harus tahu materi apa yang akan dipelajari, manfaatnya, bahkan kalau bisa cari juga relevansinya dengan kehidupan. Jika perlu tanya guru fisikanya.
  2. Cari materi penghubung dan pendukung materi yang akan dipelajari. Guru kadang lupa melakukan apersepsi atau menghubungkan materi baru dengan materi sebelumnya padahal selalu ada hubunganya. Jangan malu untuk bertanya pada guru. Hal ini bisa memudahkan kita menarik benang merah antara materi baru dengan materi sebelumnya.
  3. Pahami rumus, bukan hapalkan rumus. Rumus fisika kadang merupakan rumus turunan dari rumus pada materi sebelumnya, pahami alurnya. Hindari hanya menghapal rumus. Setelah kita paham rumus, hafal akan mengikuti dengan sendirinya. Kalau guru langsung menyodorkan rumus, jangan segan untuk bertanya. Mealalui rumus yang dipahami dengan konsep yang benar kita bisa menjelaskannya dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Insya Allah dengan memahami penurunan rumus, kita akan merindukan belajar fisika.
  4. Pelajari materi dasar sebelum ke materi pokok. Sebelum mempelajari rumus akhir, pelajari konsep materi yang disampaikan, pelajari materi dari yang mudah dulu, yang ada relevansinya dengan materi sebelum dan selanjutnya, kemudian ke materi pokok.
  5. Mudah dengan banyak berlatih. Banyak berlatih dengan mengerjakan soal adalah salah satu kunci memahami fisika dengan mudah, berlatih dengan soal yang mudah terlebih dulu. Kemudian bertahap dan pahami soal yang relatif lebih sulit. Berlatihlah sesering mungkin.
  6. “Ini sulit, tapi Insya Allah saya bisa”, bukan “Ini Insya Allah saya bisa, tapi sulit’. Kalimat pertama mencerminkan optimisme, yang kedua sebaliknya kalimat orang pesimis.
  7. Sayangi guru & jangan benci. Biasanya siswa yang membenci gurunya sekaligus tidak menyukai mata pelajaran yang diajarkannya.

Insya Allah fisika itu mudah & menyenangkan!

Piss & peace :08:

Share Button

Incoming search terms for the article:

162 thoughts on “Agar belajar fisika lebih mudah dan menyenangkan

  1. sedjatee

    perlu paradigma bejalar yang rileks dan setiap guru hendaknya menanamkan prinsip-prinsip kang dedekusn…
    tapi faktanya cukup jelas, selama ini fisika memang menjadi momok… hehehe.. salam sukses…

    sedj
    .-= sedjatee´s last blog ..Mendadak Pisbuk =-.

  2. abifasya

    Waktu di MTS/SMP saya mendapat Fisika dari guru yg bukan LB Fisika tapi LBnya Agama (Fiqh), Saran beliau kalau sulit belajar fisika tawasul saja ke new ton dll…:16::16::16:
    Jadi weh sampai saat ini hese ngarti padahal geus tawasul. Pernaha mendapatkan Fisika waktu di MAN sangat menyentuh dan slalu ingin segera mdptkan materi itu, bukan hanya gurunya Ganteng tapi ngajar nya itu mengasyikan.:03::03:
    .-= abifasya´s last blog ..Kedudukan Nikah Siri Dalam Islam =-.

  3. antokz

    wah makasih sob tips n trick na tapi saya dari dulu gak penah kenal ma fisika hehehehhe

    nyerah dech ma pelajaran saru ini

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih

  4. Dewi Yana

    Assalamu’alaikum, waktu sekolah dulu, selain matematika, fisika adalah pelajaran yg kurang saya sukai. Seandainya tip ini ada waktu jaman saya sekolah dulu, tentunya dapat membantu saya. Terima kasih tipsnya Kang Dede. (Dewi Yana)

  5. cah ndeso

    assalamu’alaikum Kang :D
    datang lagi berkunjung setelah beberapa peredaran nyari penyegaran.

    ijin buat nancepin komeng lagi dari Lereng Muria sekalian ikut ngucapin selamat ulang tahun buat Blog-e yang udah genap 1 tahun bulan lahir ;)

    Salam hangat, sukses dan jabat erat selalu
    .-= cah ndeso´s last blog ..Oleh-Oleh dari Boyolali =-.

  6. sari

    selamat berulang bulan (blognya) kangdede hehe :04:

    jadi inget jaman skola dulu…fisika emang pelajaran yg paling menakutkan + guru killer + otak saya yg gak nyampe ama ni plajaran :10:

    sukses buat kangdede!

  7. Amink

    jadi inget waktu sekolah dulu…

    udah duduk paling belakang, kerjaannya cuma tidur…

    tp it’s okelah bisa saya teruskan info ini ke anak kelak…

    thanks yah…

  8. bayuputra

    wah terimakasih sekali … saya diberikan informasi baru… bisa saya kasih tau ke semua murid saya nanti.. supaya membaca blog ini dan supaya mereka bisa menyukai fisika…

  9. Siti Fatimah Ahmad

    Assalaamu’alaikum

    Tips yang sangat bermanfaat, namun bunda akui ilmu Fizik adalah ilmu yang sukar dikuasai tanpa kefahaman yang dalam melalui lidah sang guru dan kemahiran untuk mendalaminya harus dimulai dengan minat, yakin dan cintakan ilmu.

    Ilmu yang bermanfaat dan sukar dikuasai selalu menjadikan kita punya saingan untuk mencabar minda dan upaya yang ada pada potensi kita. Salam mesra dari Sarawak, MALAYSIA.
    .-= Siti Fatimah Ahmad´s last blog ..DAMAI YANG HILANG =-.

        1. Hariez

          sumuhun Kang, tips anu di share tea anu di emut ku abdi Kang jadi abdi raos pisan belajar fisika teh :01:

          -salam hangat kanggo Kang De sareng kulawargi-

  10. bayuputra

    wah kalau zaman saya SMA dulu Fisika salah satu pelajaran paforit saya….. habis berkaitan dengan ilmu alam sekitar… tetapi sayang saya kuliah dulu malah mengambil jurusan biologi … karena lebih kuat kecintaan biologi yang merasuk kalbu saya (cieh … kata2 saya bikin gemetar hati) heeee
    .-= bayuputra´s last blog ..PERUBAHAN ZAMAN =-.

  11. Oyen

    kalo Oyen dulu ngarti Fisika karena gurunya pinter ngejelasinnya, jaman SMA yang paling banter dapet 6, eh pas kulih TPB di IPB bisa dapet 100, padahal materinya ngulang, bahkan saya asyik tuh kalo dikasi PR…terimakasih Pak Dadang, dosen Oyen..ho..ho
    .-= Oyen´s last blog ..Karena Kamu adalah Kamu =-.

    1. dedekusn Post author

      hehehe…. sy juga pernah ngalamin halserupa pada guru kimia mah, guru kima sy waktu SMA selain cuantik juga baik bgt & penjelasan materinya jelas ‘pisan’

    1. dedekusn Post author

      Iya mas, sy berusaha membedakan isi blog dgn yg ‘bitu’.
      Insya ALla Mas Batjoe dapat segera menyelesaikan tugas pekerjaan dgn sukses

  12. Pingback: Tips mengajar fisika | dedekusn.com

  13. dara

    wah mungkin kalau pelajaran fisika sangat sulit bagi saya……maka dari itu saya hanya bisa mengerjakan soal dgan rumus yg saya tau saja….

  14. Pingback: CARA MUDAH BELAJAR FISIKA | Kartiustanto's Blog

  15. ajii putrduta

    good..

    aduh, terlambat q liat postingan ini<<
    tpi tetep keren

    akan q coba sharing untuk adik adik kelasku

  16. seli

    setuju sekali karena saya juga pernah menjadi guru fisika,,memang sebagai guru kita harus sabar yang penting materi bisa di pahami oleh murid walaupun sedikit

  17. Pingback: Yuk belajar fisika… | salwanf

  18. Triana

    huh udah tau setiap ujian fisika selalu remed, tp knpa pas kuliah ambil jurusan fisika ya ….. keteteran jd nya, keep smile:)
    #berusahamenaklukanfisika

  19. sahru

    ass,,
    saya ingin bertanya,,kenapa saya sangat sulit mempelajari fisika padahal saya sudah berusaha ,,tapi tetep aja hasilnya nol,,,,mohon di bantu ya kang dede

  20. lysa

    assalamualaikum,,,
    dulu waktu aku kelas 7 smp – 8 smp aku paling suka sama yang namanya fisika tapi setelah aku naik kelas 9 smp,, aku mulai nggak suka sama pelajaran fisika, entah itu karna gurunya yang nggak aku suka, ataupun pelajarannya yang semakin kebanyakan rumus-rumus yang nggak aku ngerti !!

    #gimana bisa suka sama pelajarannya jika sama gurunya aja udah nggak suka ??!!# :)

  21. Pingback: Physics is FUN!!! « RoiMi AmeLia MasiTa. . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>