Apa Kabar Guru Honorer Madrasah?

Juni 23rd, 2015 by dedekusn | Posted under Pendidikan.

BOSSebagai orang yang pernah merasakan jadi guru honorer, saya bisa merasakan derita yang sedang mereka rasakan. Ya, guru honorer atau guru sukarelawan dibawah Kementerian Agama (Kemenag) khususnya yang belum tersertifikasi, selama 6 bulan ini belum menerima honor atau belum dibayar sama sekali. Penyebabnya adalah belum turunnya Bantuan Operasonal Sekolah (BOS).

Ini bukan pertama kalinya BOS telat, namun tahun ini yang paling telat, jika biasanya triwulan pertama sudah cair, tahun ini sudah satu semester (6 bulan) BOS tak kunjung cair. Kementerian Agama beralasan salah satu penyebab telatnya dana BOS turun adalah berubahnya akun di Kementerian Keuangan yang mengubah dana BOS di Kemenag dari kelompok bantuan sosial (akun 57) menjadi kelompok belanja barang (akun 52).

Keadaan ini menimbulkan keresahan bagi guru honorer Kemenag, setidaknya begitulah yang saya lihat ditempat kerja, atau bahkan mungkin hampir diseluruh Indonesia, hal ini bisa terlihat dari ramainya keluh kesah guru honorer Kemenag di media sosial seperti facebook dan twitter. Di grup facebook Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) dan grup Forum Guru Kemenag misalnya, dikedua grup yang jumlah anggotanya mencapai puluhan ribu tersebut, kebanyakan posting statusnya membahas dana BOS yang belum cair. Berikut sebagian curahan hati guru honorer Kemenag yang berhasil saya secreenshot (untuk menjaga privasi nama dan foto profil sengaja disamarkan)  :

Akun berikut sudah mencapai puncak ketidaksabaran sepertinya.  🙁

Celoteh akun P : Jangan tanya pengabdian kita para guru honorer,,,,5 bulan bkn wktu yg sbentar pak,,,,klo pk mentri nya di giniin udah modar x dia mah.klo gk modar paling sabet sana sabet sini korup....kita gru hnor gk kn dn ttp sabar dengan kebijakan si kampret

Celoteh akun P

Akun berikut malah berniat berhenti jadi guru honorer :

Sudah tidak tahan, Ibu N malah bermaksud berhenti jadi guru honorer : Tahun ajaran ini, sya hrus relakan pekerjaan ops.dan pengabdian sbg guru dilepas… @maaf

Sudah tidak tahan, Ibu N malah bermaksud berhenti jadi guru honorer : Tahun ajaran ini, sya hrus relakan pekerjaan ops.dan pengabdian sbg guru dilepas… @maaf.    dst…

Akun ini lain lagi 🙂

Siapa ya yang disalahkan akun ini?

Siapa yang disalahkan akun ini?

Bapak ini bahkan sampai bersedia turun ke jalan

Bapak ini bahkan bersedia turun ke jalan ….

Bapak ini bahkan bersedia turun ke jalan ….

Menurut Bapak ini, demo via twitter its OK :

Ngajak demo via tweeter

Ngajak demo via twitter

Ada juga yang lebih bijak :

Menurutnya: Semua guru sedang dalam zona penantian yang tak kunjung datang, mudah-mudahan diberi kesabaran dan keikhlasan

Menurutnya: Semua guru sedang dalam zona penantian yang tak kunjung datang, mudah-mudahan diberi kesabaran dan keikhlasan

Sebenarnya masih banyak keluhan-keluhan lain, walau ada juga yang menganjurkan jangan terlalu sering memposting tuntutan hak. Tapi apapun itu, pemerintah sudah selayaknya memperhatikan nasib para guru honorer. Semoga para guru honorer dimanapun berada tetap diberi keikhlasan untuk mengabdi, diberi yang terbaik, mendapat yang terbaik: kehidupan yang layak, kesejahteraanya meningkat, keberkahan, dll. Aamiin.

Share Button

Tags: , , , , ,

Comments

8 Responses to “Apa Kabar Guru Honorer Madrasah?”
  1. Hananto Budi mengatakan:

    Kalau bicara masalah guru honor Kementrian agama kayanya cuma namanya doang agama, bayangin sy dan istri sy dah 15 th jadi honor. Sekarang istri sy tergolek lumpuh karena kanker payudara yang merambat ke tulang. Sudah berkali2 sy minta Mapenda Kab Bogor untuk menguruskan BPJS buat guru2 honor (melalui pengawas) sampai sekarang Alhamdulillah hasilnya nol.

  2. semoga kesulitan guru bisa di lebih di perhatikan oleh pemerintah kita

  3. dengan kesabaran semoga di lancarkan urusannya amin

  4. semoga bisa menjadi perhatian pemerintah

  5. zenal mengatakan:

    ah sama di sukabumi juga BOS lum cair mana sekarang rame rame naikin gaji DPR huh padahal mereka dari mdrasah/sekolah….. cape lah cape…..

  6. Villa di Puncak mengatakan:

    Kapan saatnya dimana guru menjadi prioritas dalam keseahtraannya, sebab kalau gurunya masih memikirkan hal lain selain mendidik para siswa/muridnya. jangan harap kualitas pendidikan kita dapat meningkat.

  7. Semoga saja pemerintah peka dan tahu apa yang menjadi kebutuhan untuk meningkatkan kesejahtraan guru dan kualitas pendidikan di negeri ini.

  8. krim anisa mengatakan:

    semoga bisa menjadi perhatian pemerintah

Do you have any comments on Apa Kabar Guru Honorer Madrasah? ?