Ketepatan “assesment, mutlak perlu!

Januari 28th, 2010 by dedekusn | Posted under Pendidikan.

Thomas Alfa Edison idiot, Albert Einstein siswa bodoh dan nakal, Archimedes gila, Wright bersaudara gila, dll. Hal tersebut contoh fenomena kesalahan persepsi terhadap perilaku anak didik yang bisa berakibat fatal bagi keberhasilan masa depannya. Hal bukan sesuatu yang tidak mungkin, menimpa akan-anak kita.

Berikut sekilas beberapa fenomena aneh perilaku salah terhadap ilmuwan-ilmuwan tersebut :

Thomas Alfa Edison

Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison

Thomas Alfa Edison ilmuwan besar yang lahir 11 Februari 1847 di Milan, Ohio, Amerika Serikat. Kecil-nya divonis gurunya sebagai siswa yang idiot, sehingga setelah 3 bulan sekolah ia di-drop out (DO) alias dikeluarkan dari sekolahnya. Beruntung, ibundanya melatih membaca dan berhitung, sehingga kecerdasan Edison kecil berkembang, bahkan menjadi pemikir terbesar sepanjang masa karena dapat menemukan 3000 jenis penemuan salah satunya ‘lampu listrik’.

Bahkan dalam salah satu biografinya disebutkan bahwa Edison berhasil menemukan lampu pijar setelah mengalami kegagalan 999 kali, artinya baru penelitian yang ke 1000 kali Edison menemukan lampu listrik. Sungguh keuletan yang luar biasa. Kalau saja Edison frustasi dan memberhentikan percobaan penelitiannya ketika mengalamai kegagalan yang je 999 kali, entah seperti apa bentuk penerangan sekarang.

Albert Einstein

AlbertEinstein

AlbertEinstein

Albert Einstein fisikawan yang lahir di Ulm Jerman pada tanggal 14 Maret 1897 – dikategorikan sebagai manusia paling cerdas di abad 19, 20 dan sampai sekarang – ketika kecil ia harus mengalami perlakuan kasar dari petugas di kereta api. Ketika itu Einstein kecil memiliki hobi berdagang dikereta api, karena dikeluarkan oleh sekolah karena dianggap siswa bodoh. Namun, dengan ketekunannya membaca koran-koran bekas seusai berdagang dikereta api, kecerdasannya luar biasa. Baru setelah berpindah sekolah dan kuliah di Swiss Institute of Technology di Zurich dia dikenal sebagai siswa atau mahasiswa cerdas.

Walau sudah lulus kuliah tapi tetap  Einstein ditolak untuk bekerja di semua universitas yang ada di Swiss karena dianggap sebagai  pemalas’. Akhirnya dia meninggalkan dunia akademis dan bekerja dikantor jasa paten.

Baru setelah penemuannya “teori relativitas” dipublikasikan (1905) dia diakui sebagai orang cerdas bahkan tercerdas di Planet Bumi di abad 19 dan abad 20. Setelah meninggal (1955) otaknya diambil untuk diteliti, sampai sekarangpun otaknya masih tersimpan di Museum, semua karena kecerdasannya.

Archimedes

Archimedes
Archimedes

Archimedes fisikawan dan matematikawan Yunani (sekitar 287 SM – 212 SM) melalui teorinya tekanan “gaya apung yang bekerja pada suatu benda di dalam suatu fluida sama dengan berat fluida yang dipindahkan oleh benda itu” sebagian orang disekelilingnya menganggap dia “gila” apalagi ketika dia kegirangan karena menemukan kesimpulan dari teorinya.

Archimedes yang sudah lama melakukan penelitian dia menemukan kesimpulan dari penelitiannya ketika mandi dibak – seperti biasa orang yang mau mandi: tanpa baju, tanpa celana, tanpa sehelai benangpun alias telanjang atau bugil – Archimedes menyadari kalau air dalam bak mandi yang tadinya tidak penuh kemudian meluber tumpah ketika dia masuk kedalamnya. Saking girangnya Archimedes langsung lari sambil berteriak ”eureka…. eureka… eureka…” (saya menemukan… saya menemukan …), dia baru sadar setelah lama dia berlari bahwa dia telanjang atau bugil, lingkungan sekitarnya jadi semakin yakin Archimedes gila. Anggapan itu ternyata keliru karena hampir semua sekolah si dunia sekarang mempelajarai teorinya. Dia juga seorang matematikawan, astronom, filsuf, fisikawan.

Wright Bersaudara

Wright bersaudara
Wright bersaudara

Wright bersaudara yang terdiri dari dua orang kakak beradik, Orville Wright yang lahir 10 Agustus 1971 dan wafat 30 Januari 1948, dan Wilbur Wright  lahir 16 April 1867 wafat 30 Mei 1912, mampu menemukan pesawat terbang. Banyak sekali orang menggangap Wirght bersaudara “gila”. Mana mungkin manusia bisa terbang? Mana mungkin manusia punya sayap? Tapi sejarah sudah membuktikan dari buah ide yang sederhana. Melihat seekor burung elang yang sedang terbang. Wright Bersaudara dapat menciptakan pesawat terbang.

Hal tersebut hanya sebagian kecil perlakuan aneh yang menimpa ilmuwan genius. Berhikmah dari kisah tersebut, kemungkinan banyak guru, orang tua, lingkungan, yang salah melakukan “assessment” kepada anak didik atau orang disekitarnya.

Pendidik terutama, seharusnya memiliki kemampuan melakukan ‘assessment’ yang baik terntang perilaku anak, sebab dipastikan dilingkungan sekitar kita terdapat anak-anak yang memiliki perilaku unik sehingga memerlukan pembelajaran dengan layanan khusus agar mereka menguasai pengetahuan atau sains. ( Piss)

Share Button

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Comments

63 Responses to “Ketepatan “assesment, mutlak perlu!”
  1. freesmsc mengatakan:

    wah itu pakdhe saya si einstein, dan om saya si thomas alfa edison, terus kakek saya archimedes. tapi saya kok gak ada mas hehehhe
    .-= freesmsc´s last blog ..Cara menaikkan alexa rank | Trik meningkatkan alexa rank =-.
    __________________
    heheheh…. ngupet kalee jd ga keliatannn

  2. citromduro mengatakan:

    rumah baru rupanya
    baru tahu nih

  3. Pejuang Kata mengatakan:

    Sing sumpah karek nyadar aya dedekusn(dot)com .. punten kang punten pisan … dasar masih balueng lieur …

    Wilujeng (dot)com nyah …
    .-= Pejuang Kata´s last blog ..Moeslim Nasionalist Patriot =-.

  4. arkasala mengatakan:

    Setuju Kang dengan pesan terakhir, tak akan ada yang menduga kelak akan menjadi orang besar. Tapi upaya sedini mungkin dengan sebutan yang baik dan indah akan memberikan motivasi tersendiri.
    Oh ya diriku sudah kirim by email barusan. Petunjuk lainnya saya susulkan kang 🙂
    Tks 🙂

  5. salam hangat dari surabaya
    semoga blognya tambah banyak pengunjung
    thx

  6. ada tukeran link gratis 😳 pasang sendiri

  7. Blogger Bertasbih mengatakan:

    ternyata hidup ini harus berusaha………..
    .-= Blogger Bertasbih´s last blog ..Bertasbih….. =-.

  8. casrudi mengatakan:

    Jadi ingat Lionel Messi, masa kecil yang tidak mencrminkan bakal menjadi pemain besar… Siapa yang nyangka bocah petekel, kecil, posturnya sangat jauh dikatakan ideal untuk menjadi pesepak bola… Namun karna ada kemauan + ‘assessment’ yang baik dari lingkungannya, jadilah Ia seperti yang kita tahu sekarang. Setuju sekali Kang, perlunya ‘assessment’ yang baik untuk anak-anak, siapapun anaknya, anak murid, anak tetangga, anak aki, anak nini, anak bibi, terlebih ke anak sendiri. Siapa tahu yah ke depan ada Einstein2 baru bermunculan dr Indonesia.
    .-= casrudi´s last blog ..Konfigurasi dan Memasang Kode PHP BackLinks.Com =-.

  9. sauskecap mengatakan:

    wah alpha edison mantap, ga kenal menyerah…. jangankan 1000 kali, orang gagal 1 atau 2 kali saja sudah menyerah
    .-= sauskecap´s last blog ..Spaghetti Udang Keju, The Real Spaghetti =-.

  10. embun777 mengatakan:

    Tokoh2 yg luar biasa.. ! sayang bacanya aku baru sekarang..
    andai saja itu dulu tlah kubaca mungkin jd semangat yg luar biasa !
    tdk sampai DO pd level pend yg rendah .. duuh..

    nanti anak sy tak suruh baca biar jd sumangat belajarnya hee..heee..
    terima kasih Kang Inpo nya yg bisa memberi semangat pantang menyerah.

    Salam dan Sukses.
    Pissssss…..

  11. haniifa mengatakan:

    Pisss ahhh… 😀
    .-= haniifa´s last blog ..Mantan =-.

  12. Hariez mengatakan:

    wilujeng wengi Kang…mudah-mudahan aya dina panangtayungan Gusti Allah SWT Amien 😀

    -salam-

  13. wahyu mengatakan:

    penilaian seseorang kadang bertolak belakang dengan keberhasilan seseorang. di tempat saya dulu ada seorang anak yang bandel, saking bandelnya ibu2 di sekitar sampe menyuruh anak2nya utk menjauhi. si anak merasa sedih tidak ada teman bahkan sampai dia SMA. namun setelah SMA dia masuk kuliah, sekarang menjadi ilmuwan di salah satu perusahaan terkenal di eropa. ketika dia kembali ke rumah, teman2nya yg dulu menjauhi satu persatu datang tanya ini itu. ibu2 yang dulu menjauhi sekarang sering main ke rumahnya, minta tips agar anak2 dan cucu2 mereka bisa sehebat dia..
    hmmm
    .-= wahyu´s last blog ..Pahlawan di Balik Layar =-.

  14. yanti tukang kerupuk mengatakan:

    Assalamualaikum.wr.wb. Slmt Pagi. Salam dari Yanti sekeluarga. Semoga pemilik blog ini dan seluruh narablog yang hadir selalu dalam lindunganNya dan sukses menyertainya.Tabik
    .-= yanti tukang kerupuk´s last blog ..Menghitung amal (Sebuah renungan pribadi) =-.

  15. yanti tukang kerupuk mengatakan:

    nah, yang ini belum kentara hasilnya di dunia pendidikan kita mas…ketepatan tujuan dari assesment….
    .-= yanti tukang kerupuk´s last blog ..Menghitung amal (Sebuah renungan pribadi) =-.

  16. Ruang Hati mengatakan:

    makin top aja kang dede infonya, penuh pengetahuan dan wawasan, ijin simak untuk tambah ilmu ku

    salam hangat selalu
    .-= Ruang Hati´s last blog ..Hah!! Miyabi Promo Tur Album Keliling Jawa dan Sumatera (HOT) =-.

  17. indra1082 mengatakan:

    Itu foto saya waktu masih muda tuh.. :mrgreen:

  18. Den Hanafi mengatakan:

    Jenius dan Gila itu, perbedaannya tipis banget ya kang.
    kadang, ide2 jenius itu, awalnya hanya dianggap ide gila belaka. nice posting, sobat!

    oh y, dah saya link balik dengan nick dedekusn[dot]com

  19. Den Hanafi mengatakan:

    Sukses kanggo dedekusn.com…!!

  20. freesmsc mengatakan:

    yupz makasih kunjungan baliknya

    saya juga selalu absen disini nuy hahahahah
    .-= freesmsc´s last blog ..kata kata mutiara, bijak, lucu, romantis, cinta dan motivasi =-.

  21. Ongki mengatakan:

    hoho, merekalah orang2 yg mampu merubah dunia dgn cipta mereka
    .-= Ongki´s last blog ..Apple iPad – Gadget Baru Apple =-.

  22. Thomas Alfa Edison mengatakan:

    Berkunjung pagi hari..
    ijin membaca ulang postingan ini..

  23. Albert Einstein mengatakan:

    yg pertama..
    menengok sobat semua..
    semoga dlm keadaan sehat

  24. Archimedes mengatakan:

    Semoga hari ini..
    lancar dan Sukses dlm semua aktivitas.

    Salam.
    Pisss…. 😆

  25. Terima kasih

    Salam dan Sukses.
    Pissss… lagi.

  26. Syahroyni mengatakan:

    Wah . .

    Idola saya tu mas . .

    EINSTEIN . .
    .-= Syahroyni´s last blog ..Mengapa Fungsi Paru-Paru Mengalami Penurunan =-.

  27. mustova mengatakan:

    salam pisss kang. 😀

    orang2 hebat pada masanya dan masa kini. kalo saya mau jadi the next einstein, alva edison itu masih bisa ga ya sekarang.. 😀

  28. bundadontworry mengatakan:

    kalau sekarang anak dgn kebutuhan khusus seperti ini, di jakarta sudah ada sekolahnya, jadi mereka gak dibilang aneh atau idiot.
    mungkin zaman dulu kan pasti belum semaju sekarang dlm hal pendidikan.
    namun tetap saja sejarah mencatat, bahwa mereka adalah orang2 yg jenius dlm bidangnya.
    salam.
    .-= bundadontworry´s last blog ..Sudah Sesuaikah Pekerjaan Anda Dengan Hati? =-.

  29. dobleh yang malang mengatakan:

    saatnya besemangat
    salam hangat dari blue
    .-= dobleh yang malang´s last blog ..1 Rindu =-.

  30. Perawan Desah mengatakan:

    “assessment’ itu apa to mas? Saya kok ngak paham. Salam kenal ya mas dari pendatang baru nih (Eny-Semarang). Salam sayang. :11:

  31. Ruang Hati mengatakan:

    pengukir dan perubah sejarah dunia

  32. Ruang Hati mengatakan:

    selamat berakhir pekan kang
    .-= Ruang Hati´s last blog ..Hah!! Miyabi Promo Tur Album Keliling Jawa dan Sumatera (HOT) =-.

  33. jack mengatakan:

    Tulisan yang mencerahkan…
    setiap anak pasti memiliki kemampuan yang berbeda beda, tidak hanya pendidik, orangtua juga harus mengassesment anaknya, sehingga bisa memaksimalkan potensinya
    .-= jack´s last blog ..Berkurang Lagi =-.

  34. Rindu mengatakan:

    ALLAH membuat manusia itu selalu begitu yah, dalam pandangan manusia mungkin buat siapa2 tapi ALLAH dapat membuat yang bukan siapa siapa menjadi SIAPA.
    .-= Rindu´s last blog ..Dari Mata Turun Ke Hati =-.

  35. Pejuang Kata mengatakan:

    cipika-cipiki .. selamat pagi
    buah nangka jatuh dikali .. smoga bisa jumpa kembali
    naik bus ka ciamis … punya sahabat itu manis
    .-= Pejuang Kata´s last blog ..Sejenak Bersama Negativitas =-.

  36. RhyzQ mengatakan:

    Ketepatan asesment, pasti perlu!!! Minat seseorang terhadap sesuatu kan beda2. Hal ini jg sudah dikembangkan di t4 sy bekerja, tujuannya utk meningkatkan kualitas sdm. hehehe…

    🙂

    tulisan yg inspiratif dan bermanfaat. salam.

  37. bri mengatakan:

    kangdedeeeeeeee hugs erat :16:
    selamat iaa buat web barunyaaahh….
    .-= bri´s last blog ..^o^ =-.

  38. bri mengatakan:

    nanti segera bri pasang “piss on the web..temanya piss on de web :01:
    baca biografy mereka diatas….makin cemangaadd jdna…
    mdh2an bri yang msh muda bisa tekun dan sampai gelar sarjana nantinya..amin
    .-= bri´s last blog ..^o^ =-.

  39. Celetukan Segar mengatakan:

    Kang Dedekusn ikutan yang mana, nih?
    .-= Celetukan Segar´s last blog ..Siapakah Makzul Itu? =-.

  40. Bang Iwan mengatakan:

    makasih banyak Kang, udah mengenalkan mereka satu-satu..
    .-= Bang Iwan´s last blog ..AKSI SOLIDARITAS MAHASISWA MAKASSAR =-.

  41. haeru saxo mengatakan:

    Orang-orang hebat…

  42. Eddie Alma mengatakan:

    Hi,I discover that your web site is really beneficial and helpful and we were interested if there is a possibility of acquiring More articles or blog posts like this on your web site. If you willing to aid us out, we would be willing to compensate you… Kind regards, Eddie Alma

Do you have any comments on Ketepatan “assesment, mutlak perlu! ?