Konsep kembali ke masa lalu?

Maret 29th, 2010 by dedekusn | Posted under Pendidikan.

Konsep kembali ke masa lalu? Konsep manusia untuk kembali ke masa lalu dan berkunjung ke masa depan sesuatu yang mustahil, pemikiran tersebut belum dapat diilmiahkan dan fiktif belaka.

Tulisan ini tidak untuk mengilmiahkan mesin waktu atau meyakinkan konsep kembali kemasa lalu atau sebaliknya, hanya memberi gambaran sesuatu yang dianggap mustahil.

Dulu,  – ketika pesawat terbang masih khayalan, ketika mobil masih dinegeri impian – untuk menempuh Jakarta – Surabaya bisa berhari-hari bahkan berminggu-minggu, sekarang hanya beberapa menit. Dulu, Jakarta – Madinah ditempuh ± 4 bulan perjalanan, sekarang ± 4 jam. Sungguh penghematan waktu yang luar biasa.

Perkembangan IPTEK tak dapat dibendung. Dulu, Jakarta – Madinah ditempuh ± 4 bulan, sekarang hanya ± 4 jam, nanti bisa saja hanya ± 4 menit, kedepannya lagi mungkin hanya memerlukan waktu 4 detik, atau 1 detik, 0 detik, atau – saking cepatnya pesawat, kecepatannya adalah minus atau negatif (-) . “Jakarta – Madinah ditempuh dalam waktu minus (-) 4 menit” misalnya. Kalau kecepatannya negatif berarti kembali kemasa lalu?

Share Button

Tags: , , , , , , , ,

Comments

111 Responses to “Konsep kembali ke masa lalu?”
  1. yayat38 mengatakan:

    pertamaaaaaaaaaaax kelihatannya 🙂
    .-= yayat38´s last blog ..Back Up Blog Secara Berkala sebuah Antisipasi yang sangat Penting =-.

  2. yayat38 mengatakan:

    Menarik ulasannya, kelihatannya ada hubungannya dengan bidang Kang Dede.
    Saya setuju dengan kemajuan iptek segala sesuatunya ada kemudahan yang kita peroleh. Namun untuk waktu yang minus itu mungkin pikiran saya belum sampe he he.
    Trims Kang.
    Salam 🙂
    .-= yayat38´s last blog ..Back Up Blog Secara Berkala sebuah Antisipasi yang sangat Penting =-.

  3. narno mengatakan:

    bisa ke masa lalu? kalau bisa dirumuskan secara teori mantap itu

  4. bangzero mengatakan:

    bangzero jadi teringat hadits nabi muhammad saw (redaksi bangzero):

    siapa yang hari ini lebih baik dari kemarin dialah orang yang beruntung,
    siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin dialah orang yang merugi.
    siapa yang hari lebih buruk dari hari kemarin dialan orang yang celaka…

    jadi kaya’nya konsep back to yesterday (the past) suatu konsep yang “sangat” ga mungkin dalam islam….

    yaahh..tetap harus di coba secara ilmiah sih..tapi kalo merujuk ke hadits diatas ga ada masa lalu yang bisa dirubah, karena yang berlaku dalam konsep islam adalah “taubat”….yang berarti harus merujuk pada konteks kekinian dan masa depan…

    wallahu’alam…

  5. darahbiroe mengatakan:

    gimana kalau kita datangkan si empunya ajahhh
    doraemon untuk membawa kita ke masa datang atau lampauuu ehhe
    na na na aku sayang sekali doraemonnn

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih
    😀

  6. antok` mengatakan:

    hehe kemajuan tehknologi itu memang sangat pesat yaw,,
    dulu aku klo pulang skolah awal bingung krn biasa dijemput hikz jd hrs nunggu lama,,,
    skrg tnggal sms haha

  7. dhila mengatakan:

    waahhh… hebat ilmu fisika.. bisa bikin kita kembali ke masa lalu.. :04:

    piss kang. 😀
    .-= dhila´s last blog ..Kenapa Susah Tertib? =-.

  8. hakim mengatakan:

    harus kita syukuri semuanya mas….. jangan sampai kita menjadi negara terbelakang
    .-= hakim´s last blog ..Indah dan Nikmatnya Blogwalking =-.

  9. bundadontworry mengatakan:

    kembali ke masa dulu?
    kalu memang memungkinkan, betapa menyenangkan,
    bunda bisa bermanja lagi dgn kakek dan nenek yg sudah almarhum
    salam
    .-= bundadontworry´s last blog ..Manfaat Lain Dari Teh Sisa =-.

  10. Usup Supriyadi mengatakan:

    nice post kang . :01:
    .-= Usup Supriyadi´s last blog ..Hening Malam =-.

  11. Rock mengatakan:

    Mari kita kembali ke masa lalu… hahaha…

  12. muhammad zakariah mengatakan:

    kayaknya klo jakarta madinah ditempuh dalam jangka waktu minus (-) 4 menit, berarti dunia sudah kiamat. :04:
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Sampah dimana-mana.!! =-.

  13. Hariez mengatakan:

    wilujeng sonten Kang :04:

  14. Amink mengatakan:

    selamat sore kang….

  15. U-marr mengatakan:

    iya, yah mas, mungkin kali yah konsep itu bener, klo minus bisa kembali ke masa lalu. :04:
    .-= U-marr´s last blog ..Beres UN, Malah Sakit =-.

  16. ruang hati blog mengatakan:

    jadi ingat mesin waktunya doraemon aku kang, he he he Pisss dah

  17. tomi mengatakan:

    kembali ke masa lalu atau semakin modern dan maju sebenarnya punya 2 sisi yaitu postif dan negatif.. smua pilihan ada sisi baik dan buruknya..
    tp yang jelas kalau bs kembali ke masa lalu pasti lebih asyikk 😀
    .-= tomi´s last blog ..Akankah Pagerank Diupdate ? =-.

  18. sedjatee mengatakan:

    Sahabat Sejati…
    Telah ada 83 komentar pada Kuis Sahabat Sejati, termasuk darimu…
    Terima kasih atas partisipasinya, Sahabat Sejati
    Semata itu semua untuk menjalin persahabatan antara kita
    Semoga berkenan untuk selalu menjadi Sahabat Sejati
    Salam sukses dan terima kasih…

    sedjatee
    http://sedjatee.wordpress.com
    .-= sedjatee´s last blog ..Bambang dan Kisah Fobia Terbang =-.

  19. achoey mengatakan:

    wah, kebayang ya kalo sampai minus gituh 😀
    .-= achoey´s last blog ..Pembaca Puisi Terbaik =-.

  20. abifasya mengatakan:

    duh cape atuh kang kedah nyawang katukang mah, tapi abdi ge Insya Allah ngartos naon maksad akang :16::16::16::16::16:
    Asa tos lami teu di longok ku si akang meni sono ih
    Salam hangat slalu dari kota hujan.
    .-= abifasya´s last blog ..Jual Beli Soal UN SMA “Astaghfirullahal ‘adzhiim” =-.

  21. abifasya mengatakan:

    Hehehehhe… gravatar na jiga Gorila nyasar, lepat masukeun e-mail :16::16::16::16::16::16::16::18::18::18::18::18:
    .-= abifasya´s last blog ..Jual Beli Soal UN SMA “Astaghfirullahal ‘adzhiim” =-.

  22. orange float mengatakan:

    masa kini adalah cerminan masa lalu kita.
    .-= orange float´s last blog ..Suka Duka LDR =-.

  23. bayuputra mengatakan:

    kemajuan zaman sudah semakin pesat mas… alat transfortasi sudah semakin hebat…
    .-= bayuputra´s last blog ..SEPENGGAL KATA =-.

  24. bayuputra mengatakan:

    tetapi semakin waspada juga kita para penggunanya karena semakin cepat .. juga semakin rawan kecelakaan…
    .-= bayuputra´s last blog ..SEPENGGAL KATA =-.

  25. sunflo mengatakan:

    hmmm… suatu saat dunia ini kan kembali ke masa lalu… yup… :17:
    .-= sunflo´s last blog ..Provinsi Jizan =-.

  26. KutuBacaBuku mengatakan:

    Klo maju ke masa depan karena kecepatan kita sebesar kecepatan cahaya, menurut kutu itu masih mungkin, tp klo kembali ke masa lalu, hmm, kayaknya nggak yah …
    .-= KutuBacaBuku´s last blog ..Kutu’s Library, a Dream Come True … =-.

  27. Rock mengatakan:

    Aku kembali lagi kawand… hahaha…
    .-= Rock´s last blog ..EPICA =-.

  28. joko santoso mengatakan:

    Back to nature memang lebih bagus
    .-= joko santoso´s last blog ..Pujian =-.

  29. skydrugz mengatakan:

    :12

    Apa mungkin kembali ke masa lalu?

    Sulit membayangkan kembali ke masa lalu.Meskipun kemajuan transportasi nyaris memotong waktu.

    Salam kenal…

  30. Lalang Senja mengatakan:

    Bisa melebihi kecepatan cahaya ya Pak? Satu kedipan mata ya? Gak terbayangkan 🙂

    salam..
    .-= Lalang Senja´s last blog ..Langit Senja Pelangi =-.

  31. Celetukan Segar mengatakan:

    Jika kembali ke masa lalu bisa dilakukan, kenapa sampai sekarang kita belum bertemu orang-orang di masa depan atau sekedar mendengar beritanya? Karena pastinya jika peralatan (pesawat) sudah bisa diciptakan di masa depan, pastinya mereka yang berasal dari masa depan akan berkunjung ke masa lalu.

    Kalaupun bisa ditemukan, apakah nantinya apakah tidak akan merusak struktur kosmik alam semesta? Dan masalah kematian dan kiamat gimana?
    .-= Celetukan Segar´s last blog ..Membuat Negara Boneka Sendiri =-.

  32. muhammad zakariah mengatakan:

    kunjungan siang..
    semoga indonesia gak ngutang lagi klo beli pesawat.. :04:
    semoga indonesia bisa bebas dari utang.. amin.. :01:
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Sampah dimana-mana.!! =-.

  33. prof. helga mengatakan:

    kalo tiap menit keknya kemungkinannya kecil deh mas

    apalagi ampe minus
    jakarta-madinah pan jauh banget
    .-= prof. helga´s last blog ..read me =-.

  34. achoey mengatakan:

    Pokonamah, Hidup Ciamis 🙂
    .-= achoey´s last blog ..Janji Mentari =-.

  35. Darin mengatakan:

    Konsep yang menarik mas 😀
    jadinya bisa back to the past ya..hehee
    .-= Darin´s last blog ..Menulis Untuk Orang Atau SEO? =-.

  36. abifasya mengatakan:

    kumaha masih keneh di masa lalu atau sudah kembali ke masa kini ? :18::18::18::18::18::12::12::12:
    .-= abifasya´s last blog ..Jual Beli Soal UN SMA “Astaghfirullahal ‘adzhiim” =-.

  37. Fitri mengatakan:

    Numpang piss dulu.

  38. sapta mengatakan:

    rumusan yang menarik.. bisa menjadi referensi dalam merenungi hidup bahwa bumi ini berputar makin lama makin tak terasa, eaktu tak bisa kembali walau dibayar dan dibeli dengan uang. inilah kebesaran Allah.. 🙂

    piss.. 😀
    .-= sapta´s last blog ..Menjaga Pandangan Dalam Islam =-.

  39. sapta mengatakan:

    kunjungan pertamaxx rupannya.. :04:
    .-= sapta´s last blog ..Menjaga Pandangan Dalam Islam =-.

  40. ruang hati blog mengatakan:

    Mau ucapkan Piss di pagi hari ini
    .-= ruang hati blog´s last blog ..Mobil Baru Paling Apes ! Dipakai Langsung Tertimpa Batu 2 Ton, Sopir Tewas Ditempat =-.

  41. zulhaq mengatakan:

    masuk lorong waktu dengan cara modern nih 😀

  42. ruang hati blog mengatakan:

    Piss Aja deh di hari jum’at liburan ini
    .-= ruang hati blog´s last blog ..Parah, Pesan Soup Di Restoran Ada Tikus Rebus di Dalamnya =-.

  43. Fitri mengatakan:

    Numpang ikutan piss juga.

  44. Fitri mengatakan:

    Nice post banget.

  45. darahbiroe mengatakan:

    hehehe
    pake pintu ajaibna doraemon
    cukup 1 detik kemanapun kita mau heheheheh

    😀

  46. nurhayadi mengatakan:

    Masa lalu adalah masa yang sangat jauh, walaupun itu hanya 1 sekon yll

  47. Hariez mengatakan:

    selamat malem Kang De….sukses Kang

  48. didot mengatakan:

    si mas ngayalnya kejauhan ah hehehehe… 😀

    kan Allah udah berfirman : Demi masa.Sesungguhnya manusia dalam kerugian,Kecuali orang-orang yang percaya, dan membuat kerja-kerja kebaikan, dan saling berwasiat pada yang benar, dan saling berwasiat untuk bersabar. (103 : 1-3)

    berarti waktu harus dihargai ,karena yg udah berlalu gak akan kembali lagi,seperti teka teki imam ghazali juga,yg paling jauh adalah waktu,karena gak mungkin kembali 🙂

    salam
    .-= didot´s last blog ..Pe-eR =-.

  49. nyoba kirim komentar malam-malam gini. blog walking plugin can be downloaded blog-walk.com

  50. BiJe mengatakan:

    kunjungan malam..
    -salam persahabatan- :04:

  51. hanif IM mengatakan:

    kecepatan minus setahu saya berarti arahnya yang terbalik atau negatif, bukan nilainya. seperti kecepatan mobil +2 m/s ke arah kanan. berarti kecepatan mobil ke kanan adalah 2 m/s. namun bisa juga menjadi arti dari keterlambatan. hehe, ntahlah.

  52. Bang Iwan mengatakan:

    Emang perjalanan ke Madinah cuman 4 jam yah kang?

  53. Bang Iwan mengatakan:

    Mungkin suatu saat kita bisa melintas memasuki masa lalu.
    Seperti The Time Tunnel yah Kang?

  54. ian abu hanzhalah mengatakan:

    wah enak g sih kalo kita bisa kembali ke masa lalu? gak ada sejarah kali yah..karena masa lalu bisa dirubah hehe

Do you have any comments on Konsep kembali ke masa lalu? ?