Meriahnya Gerhana Matahari Total 09 Maret 2016

Maret 9th, 2016 by dedekusn | Posted under Pendidikan, Sains.

nasa-6Fenomena Gerhana Matahari total terjadi di beberapa kota Indonesia pada pagi hari ini, Rabu 09 Maret 2016. Entah karena langkanya, gerhana kali ini terkesan sangat istimewa, pemberitaan di media massa mulai dari televisi, radio, cetak, elektronik, bahkan sosial media dipenuhi pemberitahuan gerhana matahari total.  Informasi pun beraneka ragam, ada yang faktual, religius, dan tak kurang juga yang nyeleneh.

Mendokumentasikan fenomena ini, beberapa stasiun televisi nasional menayangkan siaran langsung dan streaming video gerhana matahari. Para pecinta astronomi bahkan sudah melakukan informasi ini sejak beberapa bulan sebelum kejadian, juga mengajak berwisata melihat gerhana matahari total dengan beragam paket harga. Media-media online-pun demikian, hampir semua menyajikan informasi, foto, live streaming gerhana matahari hari ini. Media sosial pun tak ketinggalan, hastag #GMT2016 menjadi tending topik di twitter. Pesan messenger seperti BBM dan whatsapp, dipenuhi info-info gerhana matahari total.

Beberapa tampilan sosmed yang saya lihat hari ini:

Beberapa tampilan sosmed yang saya lihat hari ini: 1. Mengajak shalat gerhana, 2. Status BBM sepupu : ‘Asa lebaran (berasa Lebaran)’ katanya, karena hari ini daerah kami hampir seluruh masjid dipenuhi jamaah shalat gerhana, 3. dari Info Astronomi twitter, 4. DP BBM temen.

Sayapun tak luput, ikut mengamati fenomena ini walau tidak secara langsung. Daerah tempat kami tinggal – Kabupaten Pangandaran Jawa Barat – memang bukan merupakan daerah yang terkena gerhana hari ini, matahari hanya redup ketika gerhana terjadi tadi pagi. Gerhana hari ini, kami sekeluarga memilih mengikuti shalat sunat kusuf atau shalat gerhana matahari di masjid terdekat, ini adalah pengalaman pertama kami mengikuti shalat gerhana berjamaah di masjid. Saya, istri, apalagi anak, sebelumnya belum pernah melaksanakan shalat gerhana matahari.

Sebagaimana diketahui, hari ini 9 Maret 2016 pagi telah terjadi gerhana matahari total. Beberapa kota di Indonesia seperti : Pagai Utara Sumatera Selatan, Palembang, Tanjung Pandang Bangka Belitung, Pangkaraya Kalimantan Tengah, Balikpapan Kalimantan Timur, Palu Sulawesi Tengah, Ternate dan Maba Maluku Utara, dll., bisa melihat langsung gerhana Matahari tadi pagi. Gerhana matahari terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi pada saat yang bersamaan berada pada satu garis. Bulan berada diantara Bumi dan Matahari saat sedang pada fase Bulan Baru. Banyak yang menyebut hal ini kejadian langka, walau sebenarnya kurang tepat karena sebagaimana tulisan di infoastronomi.org, gerhana matahari total akan bisa terlihat dilokasi berbeda di Bumi setiap 18 bulan atau 1,5 tahun. Kesegarisan Matahari – Bulan – Bumi ini tidak terjadi setiap saat karena orbit Bumi mengelilingi Matahari tidak satu bidang dengan orbit Bulan mengelilingi Bumi, melainkan miring sekitar 5,1 derajat terhadap ekliptika, karena kemiringan orbit Bulan inilah, gerhana Matahari hanya terjadi pada saat Matahari dekat dengan orbit Bulan mengelilingi Bumi terhadap ekliptika.

Jadi gerhana Matahari total terjadi bukan 350 tahun lagi, tidak tepat pula jika ada yang mengatakan gerhana Matahari di Indonesia terjadi setiap 33 tahun sekali. Masih menurut catatan astronomi.org, gerhana Matahari Total sebelumnya terjadi di Indonesia pada tahun 1983 dan terakhir terjadi tahun 1995 (hanya melintasi sedikit bagian utara Kalimantan) dan berikutnya akan terjadi tahun 2023 saat gerhana matahari hibrida, sebagian wilayah Indonesia akan menyaksikan Gerhana Matahari Total, namun bukan pada lokasi atau tempat yang sama. Berdasarkan perhitungan statistik Gerhana Matahari total akan kembali ke lokasi (bukan negara) dalam kurun waktu 375 tahun. Artinya satu lokasi yang sama secara rata-rata bisa mengalami Gerhana Matahari Total satu kali dalam kurun waktu 375 tahun (bukan 350 tahun). Tapi ingat, ini hanya perhitungan statistic, kenyataannya satu lokasi  yang sama bisa mengalami Gerhana Matahari Total kurang dari 375 tahun atau bahkan bisa menunggu hingga 1000 tahun. Woow….

Bagi anda yang tidak menyaksikan langsung gerhana Matahari Total 09 Maret 2016, berikut saya lampirkan video youtube yang direkam dari Poso oleh Bosscha Observatory :

atau yang ini dari TVOne :

Coba bandingkan dengan video Gerhana Matahari Total yang disiarkan TVRI Tanggal 11 Juni 1983. 🙂

Sekian. Salam haneut, salam piss. :mrgreen:

Share Button

Tags: , , , , ,

Do you have any comments on Meriahnya Gerhana Matahari Total 09 Maret 2016 ?