Nasib Kurikulum 2013 seperti KBK?

Juli 13th, 2014 by dedekusn | Posted under Pendidikan.

Kurikulum BaruJika tahun lalu masih diujicobakan, mulai tahun pelajaran ini (2014/2015) kurikulum 2013 dipastikan diberlakukan serempak diseluruh sekolah/madrasah di Indonesia. Kurikulum 2013 – disingkat Kurtilas ada juga yang menyingkat Kutil :16: –  diberlakukan diseluruh madrasah/ sekolah karena setelah diujicobakan dibeberapa sekolah ternyata hasilnya memuaskan, bahkan Menteri Pendidikan dan tim penyusunnya sangat yakin bahwa Kurtilas merupakan kurikulum yang sangat hebring alias hebat.

Namun, apakah benar Kurikulum 2013 benar-benar hebat? Selain perubahan kurikulum, tahun ini di Negara kita tercinta Indonesia juga terjadi perubahan pemerintahan, terjadi pergantian presiden. Ganti presiden biasanya ganti menteri, kebiasaan dikita ganti presiden atau ganti menteri selalu disertai dengan pergantian kurikulum.

Saya masih ingat Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sudah mulai digembor-gemborkan beberapa tahun sebelum diberlakukan tahun 2004 menggantikan kurikulum Edisi revisi 1999 (revisi kurikulum 1994), bahkan salah seorang dosen saya waktu kuliah-pun menjelaskan kehebatan KBK nyaris seperti kurikulum dewa, kurikulum hebat, kurikulum tanpa cela, tanpa kekurangan sedikitpun. Nyatanya? KBK hanya berumur 2 tahun, mulai diberlakukan tahun pelajaran 2004/2005 diganti oleh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun pelajaran 2006/2007 dengan alasan banyak kelemahan atau kekurangannya. Seperti yang kita ketahui, pergantian dari kurikulum dari Kurikulum 1994 edisi revisi 1999 ke KBK ditahun 2004 keadaannya sama seperti sekarang, bertepatan dengan pergantian Presiden dari Ibu Megawati Soekarno Putri ke Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Sekalil lagi saya tulis, KBK yang digagas ketika Menteri Pendidikan dijabat oleh Prof. Abdul Malik Fadjar, M.Sc. di masa pemerintahan Ibu Megawati Soekarno Putri hanya berlaku 2 tahun yaitu tahun 2004/2005 sampai  2005/2006, diganti oleh KTSP yang merupakan pengembangan dari KBK tahun Pelajaran 2006/2007 ketika Menteri Pendidikan dijabat oleh Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA., dimasa Pemerintahan Bapak Dr. Susilo Bambang Yudhoyono.

Akankah Nasib Kurikulum 2013 seperti KBK? Akankah kurikulum 2013 yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Indonesia Bersatu II Prof. Dr. Ir. H. Muhammad NUH, DEA., bernasib sama seperti KBK diganti dengan kurikulum baru oleh pemerintahan yang baru nanti?

Semoga segala keputusan atau kebijakan apapun yang diambil pemerintah, itu yang terbaik bagi kemajuan pendidikan di Negara kita Indonesia tercinta.

Selamat menjalankan ibadah Ramadhan 1435 H.

Share Button

Tags: , , , , ,

Comments

41 Responses to “Nasib Kurikulum 2013 seperti KBK?”
  1. anis mengatakan:

    ganti lagi kurikulumnya?
    baru tahu :(.
    ya semoga kalo memang hebat bisa merubah negara ini ke arah lebih baik.

  2. Mat Gembul mengatakan:

    wah, itu namanya kurikulum alih menteri alias KUAMI 😀

  3. ilyasafsoh.com mengatakan:

    nunggu presiden baru dan menteri baru,

    merupakan sebuah tanya juga bagi saya apakah dilanjut atau diganti lagi oleh pergantian kabinet

  4. Kisah Foto mengatakan:

    Saya memang tak begitu paham kurikulum tapi bapak saya seorang guru… Beliau kadang mengeluhkan pergantian kurikulum ini malah ndak efektif karena terlalu sering ganti.. Saya sendiriwaktu SMA sudah mencicipi kurikulum KBK 😀

    • dedekusn mengatakan:

      Iya, jika baru 2 tahun diganti, kayaknya terlalu dekat, terlalu dipaksakan. Semoga kurikulum yang sekarang gak dicari-cari kesalahan supaya pemerintahan yg baru punya jasa & buat kurikulum baru.

  5. Koran Gadget mengatakan:

    hadeehhh… ganti mulu, ujung-ujungnya ya tetap sama hasilnya

  6. duniaely mengatakan:

    Gonti ganti terus Kurikulumnya apa nggak binggung mas?

  7. ysalma mengatakan:

    kalau kurikulumnya memang baik untuk dunia pendidikan, seharusnya di teruskan,
    pendidikan untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa ini.

  8. Catcilku mengatakan:

    Maunya sih jangan ganti2, carilah formulasi yang benar2 baik. Libatkan guru dan murid. Karena yang menjadi subyeknya kan murid. Jangan sampai murid malah jadi korban kurikulum

  9. Nunu El Fasa mengatakan:

    Wkwkwkwk singkatannya lucu.. Kutil

  10. Zenius Surabaya mengatakan:

    Seharusnya jgn setiap ganti pemerintahan / mentri terus ganti kurikulum juga. lebih baik kurikulum yang ada diberlakukan serempak dulu ke seluruh indonesia

  11. andinoeg mengatakan:

    bagaimana mau maju kalau tiap ganti pemerintahan atau menteri selalu ganti kurikulum.

  12. Nathalia DP mengatakan:

    kasian murid2, jd bahan percobaan 🙁

  13. hotel di lembang mengatakan:

    salam sejhtra kang dede,, memang betul sekali bahwa gagasan kurikulum 2013 ini sangat hebring kang dede,, mudah – mudahan mentri yang sekarang tidak merubahnya karena kurikulum 2013 ini baru kita akan terapkan pada tahun ini. mudah-mudahan kurikulum tahun 2013 ini bisa memberikan perubahan sesuai dengan apa yang menjadi gagasan kurikulum 2013

  14. Yessi Dian mengatakan:

    Gonta ganti kurikulum, bikin bingung… Mau dijadikan apa anak bangsa ini ya ? Harapan semua orangtua.. Bisa memberikan pendidikan terbaik utk anak2 sbg bekal hidup, biaya pendidikan bisa murah.. Lingkungan kondusif utk tumbuh kembag anak2 kita.. Gitu aja koq repot hehe… Salam kenal 🙂

  15. Ditter mengatakan:

    Aku dulu sempet “nikmatin” KBK, tapi nggak terlalu bisa ngerasain perbedaannya dengan kurikulum sebelumnya, haha…

  16. Siti Fatimah Ahmad mengatakan:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, nanda Dedekusn….

    Pertukaran kurikulum lama ke baru biasanya telah diambil kira berdasarkan keperluan antarabangsa yang memungkinkan kurikulum baru dibentuk semula untuk manfaat pendidikan sesebuah negara.

    Pelaksanaannya diharap akan meningkatkan keberkesanan dalam pendidikan. Di Malaysia juga baru 3 tahun ini sudah menggunakan Kurikulum baru bagi menggantikan kurikulum lama.

    Mudahan ada kebaikan dari perubahan kurikulum di Indonesia dengan harapan pimpinan yang baru dipilih tidak “mempolitikkan” isu pendidikan kerana bisa membingungkan rakyat yang melaksanakannya.

    Salam Ramadhan yang mulia dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    • dedekusn mengatakan:

      Wa’alaikumsalam bunda Siti. Semoga saja pergantian kurikulum di negara Kami Indonesia adalah yang terbaik & menghasilkan kualitas pendidikan yang lebih baik.

  17. Purnomo Jr mengatakan:

    Tiap ganti menteri kebijakan sama kurikulum ikutan di ganti..tapi ya hanya berharap ada hasil naik buat para anak2 kita

  18. Budaya Indonesia mengatakan:

    mungkin semua orang bertanya-tanya kenapa setiap ganti kepemimpinan selalu ganti program termasuk kurikulum, ternyata setelah menganalisa dari berbagai sumber bahwa sistem di negara kita memaksa dan mengharuskan dalam kurun lima tahun atau satu periode pemerintahan harus ada produk atau perubahan dari suatu program termasuk kurikulum.. bagai mana kita menyikapi hal ini?

  19. Adanya perubahan kurikulum menunjukkan kualitas pendidikan semakin dipermantap 🙂

  20. wwfdf mengatakan:

    Kalo saya sebagai pelajar sma. Setuju kalo kutil ini eh, maksudnya kurtilas ini di ganti. Soalnya yg gak ane suka pramuka itu kenapa di wajibkan. Itu aja curhatan ane. Sebuah kutil itu tidak akan bertahan lama.

  21. Pras mengatakan:

    Makasih Pak atas informasinya, lumayan buat tambah referensi tugas dan pengetahuan.

Do you have any comments on Nasib Kurikulum 2013 seperti KBK? ?