Pendidik Profesional

Agustus 29th, 2014 by dedekusn | Posted under Pendidikan.

MultiprofAda yang menarik perhatian saya dari ungkapan yang disampaikan oleh Kepala Bidang KNFI/PAUDNI Disdikbudpora Kabupaten Pangandaran bapa Tata, S.Pd., M.Si., dalam sambutan Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 beberapa waktu lalu (selain di sekolah umum saya juga menjadi tutor di Paket C setara SMA), “Salah satu tugas utama guru adalah menciptakan bukan mencari. Menciptakan output yang cerdas, menciptakan uotput yang berkualitas, dll.. Bukan mencari, terlalu mudah jika tugas pendidik atau guru hanya mencari”katanya.

Sebenarnya ini bukan yang pertama saya mendengar ungkapan seperti itu, tapi bagi saya tetap menarik untuk disimak, seperti juga kalimat yang menganjurkan kepada para pendidik untuk tetap berusaha menjadi seorang profesional. Profesional bukan hanya memiliki sertifikat profesional, tapi juga bisa dirasakan oleh warga belajar atau peserta didik, perangkat pendidikan, dan masyarakat. Profesional dengan tidak mengedapankan kekerasan. Bukan hanya guru, polisi atau siapapun, masih belum profesional jika masih memakai cara kekerasan untuk mencapai tujuannya. Polisi yang memakai cara kekerasan agar tersangka mengaku, bukan polisi profesional. Apalagi pendidik atau guru, jika masih menggunakan cara kekerasan sangat jauh dari profesional. Jika kekerasan masih diterapkan pada pendidikan kita, bisa terbersit dari peserta didik bahwa untuk mencapai sesuatu harus dengan kekerasan, jangan sampai.

Beliau juga mencontohkan sikap guru yang masih belum profesional. Seorang guru Bimbingan dan Konselling (BK) ketika menerima keluhan orang tua peserta didik yang mengungkapkan keadaan anaknya dengan maksud konsultasi: “Pa putra abdimah ulin wae, mumul pisan diajarna teh. (Kang anak saya main terus, sangat malas belajarnya)” Jawab sang guru: “Puguh sami Kang putra abdi oge, ulin we kahobina teh….(Sama kang, anak saya juga hobinya main …). Sikap guru BK seperti ini yang masih belum profesional.

Semoga kita bisa menjadi pendidik terbaik bagi anak-anak kita, bagi keluarga kita, untuk masa depannya yang lebih baik. Aamiin.

Share Button

Tags: , , , ,

Comments

18 Responses to “Pendidik Profesional”
  1. Hard Hotel Bali mengatakan:

    sebuah kondisi real di negara kita, semoga dari hari ke hari potret sistem pendidikan, proses pendidikan dan hasil dari proses tersebut meningkat menuju dan mewujudkan manusia yang berguna untuk nusa, bangsa dan agama.

  2. Dunia Ely mengatakan:

    baru tahu masih ada Guru BK yang seperti mas ceritakan di atas

  3. belajar trading forex mengatakan:

    haha… lucu banget ni cerita kaya gitu “Pa putra abdimah ulin wae, mumul pisan diajarna teh. (Kang anak saya main terus, sangat malas belajarnya)” Jawab sang guru: “Puguh sami Kang putra abdi oge, ulin we kahobina teh….(Sama kang, anak saya juga hobinya main …)

    polos banget dah kalo ada yang kaya gitu…

  4. Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan:

    Hehehe… bukan guru professional itu ya, Kang, tapi guru lucu 

  5. penablog mengatakan:

    Hihi kalau jawaban guru BK seperti itu ujung2nya curhat2an dong kang

  6. Zian mengatakan:

    tugas guru memang susah ya…. untung tdk kuliah guru. 🙂

  7. hotel di lembang mengatakan:

    kang dede,, yang seperti ini adanya di kampung ya… karena guru-guru dikampung itu pada polos kang.. kata profesional juga kagak tahu gimana kerjanya mau profesional hehe

  8. Ikan hias mengatakan:

    guru profesional merupakan harapan semua orang tua wali siswa dan juga pemerintah, itulah sebabnya pemerintah mengadakan sertfifikasi guru tujuannya supaya guru lebih meningkatkan keprofesionalannya.. akan tetapi guru honorer juga yang belum mendapatkan sertifikasi tidak mengurangi profesionalitasnya ya khan sama di gaji hehe

  9. Tips Sehat dan Cantik mengatakan:

    Pendidik profesional,, ini harapan kami sebagai orang tua siswa supaya anak kami didik dengan baik sesuai dengan aturan dan kode etik guru,, salam kenal kang dede

  10. ayu mengatakan:

    datang berkunjung kemari untuk yang pertam kalinya, slam perkenalan ya

  11. memang pendidikan sangat penting sekali

  12. Ginseng Kianpi Pil mengatakan:

    pendidikan adalah hal utama sekali

  13. menarik dan menjadi pelajaran untuk kita artikelnya

  14. Pendidikan lebih penting sekali

Do you have any comments on Pendidik Profesional ?