Pentingnya Pendidikan Inklusif

February 1st, 2010 by dedekusn | Posted under Pendidikan.

Pendidikan inklusif yaitu pendidikan yang dilaksanakan di sekolah / kelas reguler dengan melibatkan seluruh peserta didik tanpa kecuali, meliputi : anak yang memiliki perbedaan bahasa, beresiko putus sekolah karena sakit, kekurangan gizi, tidak berprestasi, anak yang berbeda agama, penyandang HIV/ AIDS, dan sebagainya. Mereka dididik dan diberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan cara yang ramah dan penuh kasih sayang tanpa diskriminasi.

Mengapa pendidikan inklusif diperlukan?

  1. Mutu pendidikan masih belum memuaskan (belum: cageur, bageur, bener, tur singer vs kecerdasan intelektual, sosial, emosional, spiritual, fisikal)
  2. Masih banyak anak usia sekolah belum mendapat layanan pendidikan yang baik.
  3. Pendidikan masih diskriminatif.
  4. Pembelajaran masih teacher centre
  5. Proses Belajar Mengajar (PBM) belum mengakomodasi kebutuhan siswa
  6. Lingkungan pendidikan masih belum ramah anak
  7. Pembelajaran masih belum berbasis learning style siswa.
  8. PBM belum dilaksanakan dengan aktif, kreatif, dan menyenangkan.
  9. Pembelajaran belum menghargai keberagaman.

Pembelajaran Ramah Anak:

  1. Metode yang digunakan guru bervariasi, sehingga siswa tidak jenuh;
  2. Pembelajaran dilaksanakan didalam dan diluar kelas;
  3. Guru memiliki kesadaran tinggi pentingnya menggunakan alat peraga;
  4. Tata ruang kelas di desain ramah anak dengan pajangan hasil karya siswa;
  5. Kemandirian siswa dikembangkan melalui berbagai kegiatan belajar;
  6. Pembelajaran berbasis potensi siswa: intelektual, sosial, emosional, dan spiritual.
  7. Memanfaatkan kegiatan ekstrakurikuler untuk pengembangan kecerdasan siswa;
  8. Pengembangan Basic Competences (reading, writing, speaking, accounting) untuk menumbuhkembangkan sikap life long learning.
  9. Penekanan pembelajaran bergeser dari memorandum kepada stadium.
  10. Dll.

Pendidikan inklusif yang ramah anak dapat memanjakan emosi anak, belajar dengan  nyaman, sehingga disadari atau tidak mereka akan memotret apa yang mereka dengar, lihat, dan rasakan sehingga mempengaruhi emosi positif dan mempermudah untuk tercapainya tujuan pembelajaran.

dari beberapa sumber

Share Button

Incoming search terms for the article:

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Comments

94 Responses to “Pentingnya Pendidikan Inklusif”
  1. sedjatee says:

    benar banget tuh… pendidikan harus diberikan secara egaliter, tidak boleh membedakan SARA dan harus diberikan secara adil… salam sukses…

    sedj
    .-= sedjatee´s last blog ..Televisi Baru =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Slam sukses juga Mas Sedjatee. :12:

    [Reply]

    Peluang Usaha Rumahan Reply:

    hemmm betul betul… apalagi pendidikan itu tidak akan ada habisnya.. tapi yang terpenting segala suatu yang baiknya harus ditingkatkan

    [Reply]

  2. arkasala says:

    saya setuju sekali dengan cara seperti di atas Kang. Saya punya harapan besar anak – anak kita selain memperoleh pengetahuan dari hasil belajar sesuai dengan kurikulum yang diajarkan, secara emosional juga terdidik dengan baik.
    Artikelnya menarik Kang. Semoga yang berkepentingan ikut membaca.
    .-= arkasala´s last blog ..Info Dolar dari Blog Sahabat =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Iya kang. Semoga & nuhun :08:

    [Reply]

  3. Dangstars says:

    :16:
    dah mantep nih blognya maknyuuussssss

    [Reply]

    pilot Reply:

    kang Dede teaaaaa atuuuuhhhh :12:
    .-= pilot´s last blog ..Malu Bertanya Sesat di Jalan =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    aduhhh rebeh yeuh liang ……. :16:

    [Reply]

  4. Dangstars says:

    :08:
    Hebringggg tea…

    [Reply]

    pilot Reply:

    kang Dede, sanes hebring tea :16:
    .-= pilot´s last blog ..Malu Bertanya Sesat di Jalan =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    heuheu… hebring teh sahanya :18::18:

    [Reply]

  5. Dangstars says:

    :10: :10:
    Damang kang dede ?

    [Reply]

  6. Dangstars says:

    raoooossss pisaaannnggggzzxx
    :09: :09:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Pissangg gorengg :16:

    [Reply]

  7. pilot says:

    setuju sangat kang.. sy jg dl wktu sekolah ngerasain PBM “Kumaha Guru Weh” dan hasilnya guru kurang peka dg “kesulitan belajar” siswa.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Iya Kang Pilot, walau pelaksanaanya ga semudah teorinya, tapi yg penting berupaya & encoba untuk menghasilkan tujuan pembelajaran yg sesuai. :01:

    [Reply]

  8. Dangstars says:

    :14: :14:
    Lancar tanpa hambatan enaaaxxxzz

    [Reply]

  9. Dangstars says:

    :16: :15: :13:
    Tes Kang

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Mangga kang, ngetes naon? hehe

    [Reply]

  10. Bagaimana dengan model pendidikan homeschooling?

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    homeschooling PBMnya brbeda dgn sekolah reguler, tentunya metode & strategi pembelajarannya tersendiri pula

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Homeschooling pastinya memiliki metode pembelajaran tersendiri, berbeda dengan sekolah reguler

    [Reply]

  11. mustova says:

    selamat siang, kang… :01:

    sukses selalu.. selamat bulan februari. :04:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    :16: Selamat bulan pebruari juga

    [Reply]

  12. ofaragilboy says:

    wow nice info sob..
    salam
    .-= ofaragilboy´s last blog ..SALINCOPAS : Meracuni Diri Sendiri =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Salam juga & Piss :04:

    [Reply]

  13. maman says:

    wah mantab dah…setuju
    .-= maman´s last blog ..Hello world! =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Setuju apanyah cep Maman? hehehe :04:

    [Reply]

  14. zulhaq says:

    cara pembelajaran dan pengajran yang baik memang gak boleh bikin jemu dan jenuh
    .-= zulhaq´s last blog ..Kebiasaan Sinting =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Iya Zul… bener bangetss

    [Reply]

  15. Pejuang Kata says:

    sore pak guru ..
    .-= Pejuang Kata´s last blog ..Sejenak Bersama Negativitas =-.

    [Reply]

  16. Pejuang Kata says:

    guru .. digugu di tiru .. guru cerdas anak berkualitas :12::12::12::12:
    .-= Pejuang Kata´s last blog ..Sejenak Bersama Negativitas =-.

    [Reply]

  17. Pejuang Kata says:

    sukses pak guru … maju terus pantang panting
    .-= Pejuang Kata´s last blog ..Sejenak Bersama Negativitas =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Malam Kang Cepot… Maju terus & Piss :18:

    [Reply]

  18. vit says:

    aduh pinter ikin blogna…

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Masasih nenk?
    nenk kok link urlnya elol? :04:

    [Reply]

  19. sauskecap says:

    wah kalau saya setuju setuju aja, yang pentin orang indonesia pinter2
    .-= sauskecap´s last blog ..Ariyanti dan Topi Jamur =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Iya Saus… asal jangan pinter korupsi aja :08:

    [Reply]

  20. haniifa says:

    :12:

    [Reply]

    haniifa Reply:

    Ringkasan artikel yang mantab’s surantab.
    .-= haniifa´s last blog ..Mantan =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    hmmm… Kang Haniifa bisa aja :08::11::16::18::19:

    [Reply]

  21. Ruang Hati says:

    berkunjung ke lapak sahabatku terchayang, semoga Allah SWT memberikan limpahan rahmat dan hidayahnya bagi kita sekalian, salam untuk semua keluarga ya kang dede

    salam hangat dari ruang hati yang paling dalam
    .-= Ruang Hati´s last blog ..Astaga!! Para Siswi SMP dan SMU Diperjual Belikan Online, Germonya Cewek 20 Tahun =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Terima kasih teh Ruang Hati…
    Salam juga untukmu & keluarga, semoga kita sehat selalu & Piss

    [Reply]

  22. Fitri says:

    Saya ingat semasa SD, ada salah satu guru saya yang tidak suka bila ada murid yang ternyata orang tuanya bekas PKI.

    [Reply]

  23. Fitri says:

    Met malam kang dede.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Malam Fiet.. :08:

    [Reply]

  24. embun777 says:

    Saya suka sekali membaca artikel ini , sebenarnya saya berharap hal demikian akan berlangsung tulus dg mengesampingkan tujuan komersil atau muatan tertentu.
    harapan kita Kang.. semoga anak2 negeri ini bisa menikmati masa kanak2 mereka dengan indah walau bagaimanapun keadaannya.

    Salam dan Sukses.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Semoga saja & salam sukses juga KangMas Embun777 :12:

    [Reply]

  25. bri says:

    met pagii kangdede ,…hoaammmm = masih nguap :16:
    bri inget guru smp jadinya..yang pas musim hujan beliau bela2in dateng
    pdhl hari ituh gk ada satupun guru yg hadiiiiirrrr :)
    tp sampainya dikelas anak2 malah bercanda / nyuekin tuh bapak guru..parah
    iaah namanya juga smp
    .-= bri´s last blog ..^o^ =-.

    [Reply]

  26. bri says:

    tapi sekarang malah jadi nyesel..gara2 ituh gak ngertii sama sekali itung2an..hehe
    briiii..jangan terulang lagihh iah..okeh :04:
    mari sukseskan wajib belajar 9 tahun :01:
    .-= bri´s last blog ..^o^ =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    mARI BRI.. pISS

    [Reply]

  27. Dewi Yana says:

    Assalamu’alaikum, tulisan yang mantab Kang Dede, metode pendidikan yg
    yang ramah dan tidak memaksakan anak, membuat anak merasa nyaman belajar tapi tetap terarah, memang sangat bagus untuk mempermudah anak2 menyerap pelajaran hingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik. (Dewi Yana)
    .-= Dewi Yana´s last blog ..Keutamaan Membaca Al Qur’an =-.

    [Reply]

    Agus Purwoko Reply:

    Setuju sekali pembelajaran yang kayak gt memang tidak membosankan anak2!
    Sukses slalu dengan tulisanya!
    .-= Agus Purwoko´s last blog ..Waw Seorang Biarawati ML Dengan Preman (menggegerkan) =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    @teh Dewi: Wa’alaikumsalam, iya semoga pembelajaran bisa membuat anak nyaman.
    @Agus: Serima kasih sukses juga untukmu & Piss
    :01:

    [Reply]

  28. freesmsc says:

    bener bangettt saya setuju dengan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan inklusif seperti diatas

    berkunjung lagi heh moga ga bosan :D

    [Reply]

    pilot Reply:

    yang bosen yang berkunjung apa yang dikunjungi nih? :07:
    .-= pilot´s last blog ..Malu Bertanya Sesat di Jalan =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    @free: pasnya ga bosen… tiap detik dtg kesini ditunggu bgt… :11:
    @Mr. Pilot: :16::18:

    [Reply]

  29. peri says:

    setuju mas biar gak cepet bosan dan jenuh :01:
    salam

    [Reply]

    pilot Reply:

    sip markosip… biar gak nuh marjenuh :16:
    .-= pilot´s last blog ..Malu Bertanya Sesat di Jalan =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Satujuh sayah juga…

    [Reply]

  30. pilot says:

    kunjungan barangreup kang… :07:
    .-= pilot´s last blog ..Malu Bertanya Sesat di Jalan =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Beraarti kungjungan bari ngimpi kang :14::22:

    [Reply]

  31. tyan says:

    lebih penting pendidikan dari dini…,:12:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Betul itu :12::12:

    [Reply]

  32. thetekter says:

    kunjungan pertama..,
    jangan lupa kunjungan balik…,:22:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    SIap Boz langsung terbang nih…

    [Reply]

  33. Mamah Aline says:

    metode pembelajaran ramah anak, selain tidak mengekang juga bisa lebih eksplor pada kemampuan tiap anak yang berbeda. artikel ini semoga bisa memberi kontribusi bagi pendidik dan dinas terkait karena bermanfaat
    .-= Mamah Aline´s last blog ..Tolong, tinggallah sebentar lagi mom… =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Terima kasih mah, semoga :01:

    [Reply]

  34. Ruang Hati says:

    Selamat pagi sobat, selamat meraih sukses hari yang baik ini, salam hangat selalu
    .-= Ruang Hati´s last blog ..Wow!! Klub Malam Berikan Minuman Gratis Pada Tamu Cewek Sesuai Ukuran Bra =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Salam hangat juga untukmu ruang hatiku :04:

    [Reply]

  35. cara2 diatas benar2 cara yg ideal utk pembelajaran pd anak didik, tdk boleh ada diskriminasi.
    juga dgn harapan emosional pun terdidik dgn baik pula.
    salam.
    .-= bundadontworry´s last blog ..Kulitnya ikut dimakan. =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Iya bunda, semoga. Salam juga untuk Bunda

    [Reply]

  36. D3pd says:

    Hari-hari kemaren bingung karena pilihan antara pendidikan atau pengusaha itu..mana yang terbaik untuk masa depan ya…:12:
    .-= D3pd´s last blog ..[37] Tiga Tujuhnya D3pd… =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Kalo pendapat sy pendidikan lebih utama… tapi keputusan ditangan anda Dyka, sy yakin anda bisa mengambil keputusan dgn tepat

    [Reply]

  37. kang dede guru yah ^^

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    hehee…. ‘oemarbakrie’ pekerjaan utama sy…

    [Reply]

  38. arek deso says:

    mantep sekali informasinya :12:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Terima kasih…

    [Reply]

  39. nice info mantap poll euy :12::12::12::04:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Thanks SOb.. Piss

    [Reply]

  40. Bang Iwan says:

    Pendidikan inklusif adalah pendidikan reguler yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang memiliki kelainan dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa pada sekolah regular dalam satu kesatuan yang sistemik.

    [Reply]

  41. Bang Iwan says:

    Pendidikan inklusif adalah pendidikan di sekolah biasa yang mengakomodasi semua anak berkebutuhan khusus yang mempunyai IQ normal diperuntukan bagi yang memiliki kelainan (intelectual challenge), bakat istimewa, kecerdasan istimewa dan atau yang memerlukan pendidikan layanan khusus.

    [Reply]

    samboja Reply:

    bagaimana buat anak yang IQ nya rendah bang apa tidak diakomodasi juga?, mohon penjelasannya

    [Reply]

  42. Bener mas, biar generasi mendatang tau artinya kesetiakawanan sosial

    [Reply]

  43. puma says:

    baru tahu pentingnya pendidikan inklusif….

    [Reply]

  44. Betapa pentingnya pendidikan komputer saat ini,ada baiknya pendidikan komputer di lakukan sejak dini,tetapi tetap dalam pengawasan maksimal dari orang tua agar anak didik kita tidak terjerumus dalam pendidikan komputer hitam yang justru akan merusak masa depan anak tersebut.
    maka dari itu peran dari orang tua sangat penting dalam pendidikan komputer pada khususnya dan pendidikan segala bidang pada umumnya.
    terima kasih

    [Reply]

  45. Reader says:

    mungkin dengan itulah tujuan Pendidikan memanusiakan manusia kata Frei bisa dicapai!!?

    [Reply]

  46. Reader says:

    penting bangetlah. pendidikan harusnya di no 1 -kan klo bangsa ini mau maju..

    [Reply]

Do you have any comments on Pentingnya Pendidikan Inklusif ?

[+] kaskus emoticons nartzco