Tips mengajar fisika

Maret 8th, 2010 by dedekusn | Posted under Pendidikan.

Harus diakui, walau belum melakukan penelitian, fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang banyak tidak disukai siswa, berbagai alasan bisa dikemukakan siswa, salah satunya ‘fisika itu susah dipahami’.

Apapun alasan siswa tidak menyukai fisika, tetap fisika merupakan mata pelajaran wajib diikuti. Karenanya guru harus tetap semangat, terus berupaya agar siswa menyukai fisika, gunakan berbagai tips agar siswa menyukai fisika. Kalau postingan sebelumnya tips untuk siswa, ‘tanpa bermksud menggurui’ berikut beberapa tips bagi guru fisika agar tujuan pembelajaran tercapai :

  1. Menguasai materi. Ini salah satu kunci utama, sehebat apapun metode pembelajaran kalau gurunya tidak atau kurang menguasai materi hasilnya pasti tidak memuaskan.
  2. Menyajikan materi dengan metode pembelajaran yang mudah diterima siswa dan variatif. Hal ini memerlukan kejelian guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat dan variatif agar proses belajar mengajar tidak jenuhkan dan tidak monoton.
  3. Menciptakan suasana yang membuat image fisika seolah-olah sangat mudah. Bukan sebaliknya menakut-nakuti siswa, misal mengawali pembelajaran dengan perkataan: ‘materi ini pasti sulit dipahami, karena……’ hal ini bisa membuat siswa pesimis. Hindari!
  4. Tidak horor tegang dalam mengajar, upayakan selingi dengan humor tapi tidak berlebihan.
  5. Memahami kemauan siswa dalam belajar.
  6. Siap menerima kritikan dari siapapun, termasuk dari siswa.
  7. Siap untuk introspeksi diri.

dari beberapa sumber

Share Button

Tags: , , , , , , ,

Comments

134 Responses to “Tips mengajar fisika”
  1. Vicky Laurentina mengatakan:

    Pengalaman saya belajar Fisika, guru saya gagal semua membuat fisika tampak menarik. Mungkin penyebabnya:
    1. Mereka tidak memahami kesulitan individu tiap murid untuk memahami pelajaran.
    2. Mereka hanya menyuruh baca buku, tapi tidak memeriksa apakah murid memahami isi buku itu.
    3. Soal yang diberikan melebihi kadar kesulitan yang sanggup ditanggung kemampuan murid.

  2. didot mengatakan:

    fisika sebenernya gak sulit2 banget,asal mau belajar. saya juga dulu fisika waktu sma. bahkan kalau udah terobsesi menemukan sesuatu bisa gak tidur2 karena melakukan penelitian:07:
    .-= didot´s last blog ..Dosa =-.

  3. sedjatee mengatakan:

    sehat selalu ya Kang… makasih kunjungannya, Kang…
    wah… kalo jadi guru fisika harus galak ya Kang…???
    soalnya sejak SMP aku selalu diajar guru fisika yang Galak…
    mudah-mudahan gak semua guru fisika galak ya kang…
    salam sukses, kang, hehehe…..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com
    .-= sedjatee´s last blog ..Sebait Sajak Cinta =-.

  4. wahyurez mengatakan:

    dulu aku suka fisika, karena gurunya ramah 🙂
    .-= wahyurez´s last blog ..Perusahaan Asing Rasa Lokal =-.

  5. muhammad zakariah mengatakan:

    wah..fisika?? lihat angkannya aja udh takut.. aplg lihat gurunnya??beeeuuh.. X_X sblm belajar fisika aja imagenya udh buruk.. (klo salah gurunya selalu main fisik) gt sih imagenya. apalagi susah pelajaraannya.. 8-> tidaaakkkkkk.. !! =))
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Ketika etika tak lagi ada. =-.

  6. Bang Iwan mengatakan:

    mantep banget tipsnya Kang…
    saya kira berlaku juga untuk mata pelajaran saya KIMIA.
    .-= Bang Iwan´s last blog ..MARI MEMBUKA DIRI =-.

  7. BolaBoo mengatakan:

    Saya dulu senang dengan belajar fisika waktu sma karena gurunya menarik dan beberapa ada yang sesuai dengan tips di atas. Namun ketika harus memilih saya malah cari jurusan lain …..
    Trims Kang, semoga bapak dan ibu guru fisika membaca tips yang menarik ini 🙂

  8. peri mengatakan:

    nice info nie mas dede aku suka bgt pelajaran fisika 🙂
    salam
    .-= peri´s last blog ..butuh semangat =-.

  9. Fitri mengatakan:

    Ganti tema ya..

  10. achoey mengatakan:

    Fisika menyenangkan 🙂
    .-= achoey´s last blog ..Ceria Bersama Anak Yatim dan Dhuafa Jilid Dua =-.

  11. Ruang Hati mengatakan:

    sering pelajaran eksak ilmu pasti jadi momok, namun bila guru yg mengajar bisa menyajikan dengan triks tersendiri mungkin bisa digemari, salam sukses buat kang dede sekeluarga

  12. Hariez mengatakan:

    selamat malam saya dari KEcePoLOSiAN menghadap Kang De

    dan sayah juga entah kunaon nya KAng sejak SMP suka sama Fisika

  13. Hariez mengatakan:

    selamat malam & selamat beristirahat buat KAng De sekeluarga..

    salam hangat

  14. cah ndeso mengatakan:

    berkunjung di malam hari sambil ngeronda, Kang :16:

    Dan :03: :03: Fisika?? Brrrr…. terkadang memang menjadi momok menakutkan bagi siswa. Saya sendiri dulu sering kena setrap gara2 ndak bisa mengikuti dengan baik. Ya itu tadi… oon suroon kalo belajar fisika. :20:
    .-= cah ndeso´s last blog ..Ebook WordPress =-.

  15. Fitri mengatakan:

    Betul..betul..betul kata si Ipin.

  16. Nanang mengatakan:

    Mungkin banyak siswa tidak suka fisika karena ada itung-itungan/matematikanya kali ya kang?

  17. ruang hati mengatakan:

    Selamat pagi kang sukses selalu menyertai kang dede hari in,salam hangat selalu

  18. annosmile mengatakan:

    fisika memang pelajaran yang mengerikan bagi sebagian besar siswa
    mari kita ubah image mengerikan menjadi mengerikan :01:
    .-= annosmile´s last blog ..Beautiful Sunrise In Mount Penanjakan =-.

  19. Lalang Senja mengatakan:

    Fisika pelajaran favorit saya dulu waktu sekolah, memang pendidik harus menguasai materi, dan hal kecil yg bisa bikin siswa merasa nyaman adalah selingan humor, jangan jutek, pasang wajah penuh senyum, pasti deh bikin siswa betah 🙂
    salam kenal
    .-= Lalang Senja´s last blog ..Tentang Kuku =-.

  20. linduaji mengatakan:

    dulu saya lebih seneng fisika daripada kimia..!!!
    tapi nilainya tetep aja juelek!! hahahaaa…
    ternyata nggak bisa kalo cuma suka ya? tetep harus belajar. :16:
    .-= linduaji´s last blog ..Si Bulat =-.

  21. Mamah Aline mengatakan:

    banyak yang tidak menyukai fisika karena udah takut duluan sebelum mencoba, selain banyak rumus yang dianggap rumit kang…:01:
    .-= Mamah Aline´s last blog ..Kenapa Mesti Ricky Harun? =-.

  22. bayuputra mengatakan:

    wah ….. sangat membantu tekniknya mas… fisika again ….
    memang perlu teknik yg bisa membuat siswa mencintai fisika…. wah kalau semua mata pelajaran bisa dibuat semenarik itu mungkin semua siswa akan semakin cinta dengan semua pelajaran…amin…
    .-= bayuputra´s last blog ..SAMBUNG MENYAMBUNG MENJADI SATU =-.

  23. Oyen mengatakan:

    ho..ho.., Oyen kagak ngajar fisika lage sekarang, tapi bolehlah buat ngajarin anak Oyen kelak…xixixiixxiixi
    .-= Oyen´s last blog ..Satpam Aneh =-.

  24. Abula mengatakan:

    saya pun dulu waktu belajar fisika ada beberapa guru (sebagian kecil) yang bikin belajar fisika menjadi menarik dan semangat,,
    sebagian besarnya bikin malas bahkan membenci fisika 😀

    Salam Hangat Selalu

  25. muhammad zakariah mengatakan:

    fisika menakutan… :13:
    cocok dibaca om sy nih yg dosen… :12:

    merdeka!!!!:05:
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Ketika etika tak lagi ada. =-.

  26. Desain Lansekap mengatakan:

    :09: jadi inget pas SMA dulu… paling males kena fisika… ya memang banyak faktor yang mempengaruhi… dan ada beberapa yang ada di penjelasan di atas…
    .-= Desain Lansekap´s last blog ..Just For Fun – PR dari Bang Chokey =-.

  27. Darin mengatakan:

    kalau ngajar ilmu eksak, gurunya harus pinter2 cari cara agar materi bisa dipahami siswa. kalau saya sih, coba pake komik, kayaknya asik 😀
    .-= Darin´s last blog ..Lets Make a Better Bloggerhood =-.

  28. cow mengatakan:

    maaf aku nggak suka fisika
    .-= cow´s last blog ..Mengenal CMS =-.

  29. HALAMAN PUTIH mengatakan:

    Saya termasuk yang tak suka pelajaran dengan fisika, meski sebenarnya fisika itu menarik jika dikemas dengan baik.
    .-= HALAMAN PUTIH´s last blog ..Bahan Makanan Berkhasiat Di Sekitar Kita =-.

  30. achoey mengatakan:

    Bagus dibaca para pengajar Fisika
    Juga pengajar yg lainnya 🙂
    .-= achoey´s last blog ..Puisi Rindu Sepasang Puisi (Dua) =-.

  31. citromduro mengatakan:

    memang harus ada trik khusus dalam metode mengajar
    terkadang siswa tidak menyukai suatu pelajaran karena gurunya yang garang seperti garong
    sip mantab

  32. abifasya mengatakan:

    atuh kang eta gambarna ulah jalmi ditindihan buku fisika, jadi weh karaosna eungap :16::16::16::16::13::13:
    .-= abifasya´s last blog ..Inilah Poto “bukan” Teroris =-.

  33. Usup Supriyadi mengatakan:

    fisika, jadi teringat masa dulu sma, kebetulan saya ambil jurusan ilmu alam, nah fisika sebagai salah satu ilmu wajibnya,
    beberapa hal yang menurut saya menjadi kendala dan siswa menganggap fisika itu sulit, ialah masalah guru dan metode mengajarnya….
    .
    .
    tentunya guru harus mampu dalam hal teori dan praktiknya….dan sebagai ilmu yang dinamika perkembanganya cukup pesat, dibawah biologi, sang guru harus mampu melihat perkembangan fisika terapan…sebagai sebuah wawasan….sudah seharusnya laboratorium itu difungsikan dengan baik….saya ingat waktu smp dan sma dulu, hanya beberapa kali saja ke Lab. padahal banyak teori-teori yang seharusnya dibarengi dengan praktiknya….hahahahhha…..saya yakin pelajar Indonesia dapat mengalahkan pelajar jepang, dalam hal kemampuan menghafal teori, tapi kalau praktik dan eksperimen :04: entahlah…

    bagus nih gan…..

    mantap….

    tetaplah pada Aqidah Shalimah, Akhlak Karimah, dan Ukhuwah Islamiyah, serta toleransi beragama yang benar
    damai, dan aman negeri kita
    merdeka dan salam mesra selalu
    :16: :16: :16: :16:
    .-= Usup Supriyadi´s last blog ..Membumikan “Fafirru Ilallah” di Indonesia =-.

  34. Amink mengatakan:

    dulu saya paling ngga suka sama pelajaran fisika…
    apalagi kalau liat gurunya…. padahal bukan salah gurunya lho… :16:

  35. Vulkanis mengatakan:

    Maha Suci Allah artina teh Kang

  36. Vulkanis mengatakan:

    Waduh nyasar komengna
    :09: :08:

  37. sangsaka mengatakan:

    absen bulanan ah kang :16:
    .-= sangsaka´s last blog ..Indonesia Raya =-.

  38. orange float mengatakan:

    sewaktu smp saya pernah punya guru fisika, cara dia mengajar yang bikin saya menyukai pada pelajaran ini selebihnya guru fisika yang lain pada ngebosenin
    .-= orange float´s last blog ..Kaki Ku Oh Kaki Ku…. =-.

  39. muhammad zakariah mengatakan:

    kunjungan malam sambil ronda menunggu pertandingan bola yg sedang memanas antara setan merah melawan setan omponk.. :18::18:

    merdeka!!!!!!:16::16:
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Hiburan TV yang makin menggila!!! =-.

  40. Ruang Hati mengatakan:

    mampir jalan jalan pagi, semoga kang dede si empunya blog semakin sukses dan selalu dalam lindungan Allah SWT, amien

  41. Fitri mengatakan:

    Mampir buat blogwalking.

  42. Celetukan Segar mengatakan:

    Kalo nggak salah dulu juga ada acara Fisikamania di TVRI, yang jadi salah satu sumbernya adalah Prof Yohanes Surya.
    Beliau memberikan tip dan trik menyenangkan bagi siswa untuk lebih mendalami Fisika

    Tapi sekarang saya nggak tahu, masih ada nggak acara tersebut. Maklum jarang lihat TVRI!
    .-= Celetukan Segar´s last blog ..Anak Kecil Harus Waspada =-.

  43. Celetukan Segar mengatakan:

    Saya sebenarnya juga membuat satu blog yang berkaitan dengan dunia pengetahuan khususnya matematika, tapi belum kelar-kelar nih!
    .-= Celetukan Segar´s last blog ..Anak Kecil Harus Waspada =-.

  44. Reza Fauzi mengatakan:

    alhamdulillah sekarang ane udah ga berurusan dengan pelajaran fisika, ane kan masuk jurusan IPS sekarang wkakakak
    .-= Reza Fauzi´s last blog ..Flashdisk Murah, 16 GB Hanya 50.000 Rupiah! =-.

  45. M Mursyid PW mengatakan:

    Mengajar fisika harus banyak menggunakan media, tidak cukup hanya dengan penjelasan scr oral. Sekarang banyak media belajar fisika di internet, tapi sayang belum banyak yg memanfaatkannya sebagai penunjang PBM di kelas. Apa bener, ya?
    .-= M Mursyid PW´s last blog ..Multimedia Interaktif Pelatihan Soal UN Bahasa Inggris =-.

  46. budies mengatakan:

    wah sayangnya belum semua guru bisa menerapkan ini
    salam suskes
    .-= budies´s last blog ..MENAKSIR JARAK =-.

  47. bundadontworry mengatakan:

    coba kalau dulu bunda jadi murid nya Mas Dedekusn ya,
    mungkin jadi jago fisika sekarang he he 🙂
    salam
    .-= bundadontworry´s last blog ..6 Sarang Kuman Yang Terlupakan =-.

  48. hanif IM mengatakan:

    cocok nih buat saya. hehe, bener sekali, soalnya, saya mahasiswa mipa fisika, kalau lihat dosen keras ngajarnya ya males, tapi kalau sama dosen yang enjoy, ya enjoy juga masuk pelajarannya.

  49. dedekusn mengatakan:

    Enjoy & belajar lebih asik tentunya

  50. farus mengatakan:

    :01: setuju banget ……..kata pak guru kita jangan lihat angkanya tapi yang dilihat caranya tersebut……?
    makasih atas infonya semoga bermanfaat dan sukses selalu…….salam….

  51. Djarums Cigarette mengatakan:

    Terima kasih infonya 03:07

  52. Hentai Stream mengatakan:

    Thanks for the great info.
    Have a nice day.

  53. Djarums Cigarette mengatakan:

    Terima kasih infonya 09:05

  54. Djarums Cigarette mengatakan:

    berkunjung ke rumah tetangga dan mengucapkan selamat pagi. Semoga terus berjaya 03:45

  55. nyoba kirim komentar siang-siang gini. blog walking plugin can be downloaded blog-walk.com

  56. satu kata mengatakan:

    dulu aku termasuk yang gak suka dengan fisika

    thanks atas tipsY

  57. fisika-ceria mengatakan:

    klo saya.., belajar fisika di bawa rileks namun harus bermakna 🙂

  58. fisika-ceria mengatakan:

    oia jgn lupa visit http://www.fisika-ceria.com/
    Tukeran link jg bsa 🙂

  59. Agung Budidoyo mengatakan:

    Menciptakan suasana yang membuat image fisika seolah-olah sangat mudah, gimana ya.. :hoax2

  60. lowongan kerja mengatakan:

    Mmm mengajar fisika secara menarik itu sangat berguna. Jadi tidak terlalu membosankan kelak.

  61. iptek mengatakan:

    poin nomer 3 tuh paling penting….

  62. seli mengatakan:

    . terimakasih iya udah mau berbagi tips nya
    . tips nya sanget berguna untuk saya semoga berguna juga untuk yang lain nya.

  63. fadky mengatakan:

    makasih tipsnya. (y) (y)

Do you have any comments on Tips mengajar fisika ?