Ujian Nasional berkonotasi negatif?

Ujian Nasional berkonotasi negatif? Benarkah? Berikut beberapa fakta seputar Ujian Nasional?:

  1. Menimbulkan peluang kecurangan dan kecurigaan. Baik dilakukan siswa maupun guru atau sekolah. Dibentuknya tim sukses Ujian Nasional di tiap sekolah kadang berkonotasi negatif,
  2. Belajar hanya berorientasi pada kelulusan atau nilai UN. Akibatnya, proses pembelajaran hanya ditekankan pada aspek kognitif, aspek-aspek lain seperti aspek afektif dan psikomotor terabaikan.
  3. Mata pelajaran selain mata pelajaran UN terabaikan sehingga terkesan tidak penting lagi.
  4. Tiap sekolah mengadakan kegiatan belajar mengajar tambahan (pengayaan) diluar jam efektif, kadang berlangsung selama lebih dari enam bulan.  Try Out diagendakan berulang kali.
  5. Menjamurnya bimbingan belajar dadakan. Ironis, sebagian masyarakat justru lebih percaya lembaga bimbel dibanding sekolah.
  6. dll

Apapun dampak dan faktanya diadakannya Ujian Nasional, yang jelas tujuan pemerintah mengadakan Ujian Nasional menurut  pasal 2 Permendiknas Nomor 34 tahun 2007, yaitu : untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

Share Button

Incoming search terms for the article:

139 thoughts on “Ujian Nasional berkonotasi negatif?

  1. antokoe

    UN menakutkan bagi yang kurang siap, biasa saja bagi yang sudah siap. jadi semuanya tergantung kondisi saat itu. Ajukan dua pertanyaan itu.
    jawabannya bisa menunjukkan kesiapannya.
    .-= antokoe´s last blog ..Terhubung =-.

  2. and1k

    kalau saya sendiri sebenernya kurang setuju dengan adanya unas mas soalnya masak kita selama belajar 3 tahun hanya ditentukan dengan beberapa hari saya rasa itu kurang adil :06:

    1. Bang Iwan

      Guru yang seharusnya menjadi orang yang mengajarkan kejujuran, kerja keras dan hal-hal yang baik justru menjadi orang terdepan dalam menghalalkan segala cara. Dan masih banyak mengerikan lainnya yang tidak bisa kita terima dengan hati nurani.

      Sudah seharusnya bangsa ini menangis.
      .-= Bang Iwan´s last blog ..MISTERI RINJANI PROMOSI WISATA LOMBOK =-.

  3. abifasya

    bagaimana tidak berkotonasi negatif, selain yg telah diparka kang dede diatas disadari atau tidak di beberapa kabupaten/kota telah tejadi penghianatan kpd bbrp pasal dalam pendidikan, ada kota-kota tertentu yang mengambil kebijakan mulai bulan februari atau maret yang dipelajarai hanya mt pelajaran yang di UN kan saja mata pelajaran lain diitinggalkan, hal itu jelas telah melanggar tujuan pendidikan bahkan kalo kita lihat pencapaian Tujuan pdkk Nasional hanya dibatasi dg kemampuan menguasai 4 mata pelajaran saja. Makanya sering terjadi ujian nasional itu berubah menjadi musibah nasional …> baca : http://farhansyaddad.wordpress.com/2009/04/27/ujian-nasional-musibah-nasional/
    .-= abifasya´s last blog ..Ulil JIL: Dunia Islam Paling Banyak Melanggar HAM, Harus Berguru pada Obama =-.

  4. muhammad zakariah

    setuju bgt dgn semua yg diatas.. terutama peluang kcurangan akan semakin bnyak. :13:
    sudah terbukti banyak kecurangan yg dilakukan oleh siswa bahkan gurupun ikut membantu kecurangan itu. disisi lain dapat memaksa para pemangku kepentingan (pejabat daerah) beradu strategi untuk mendapatkan hasil yg terbaik walau didapatnya dengan cara curang. hal itu ditujukan untuk menaikkan citra pendidikan didaerahnya. :12:
    begitupun dengan seorang siswa yg cerdas dengan nilai rata2 yg tinggi dalam UAN itu. karena hanya salah satu mata pelajaran saja yg tidak lolos maka siswa cerdas itu terpaksa tidak lulus. percuma nilai rata2 tinggi tp 1 pelajaran doank yg membuat siswa gak lolos. inikan proses yg salah yg hanya mengedepankan standar kelulusan tapi sangat tidak teruji baik mental dan kualitas yg ada pada siswa. payah.. mengecewakan.. :07:
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Semangat Hilang Lagi. =-.

  5. Hariez

    menakutkan atau tidaknya tergantung dari siswa itu sendiri. siapkah dengan UNAS yang akan berlangsung atau masih berpikir masih ada waktu ntar atau ah tunggu contekan aja :13:

    sebelumnya saya juga pernah menghadapi UNAS di tahun 2001 silam Kang dan Alhamdulillah saya tidak melihat adanya kecurangan namun kesan negative memang selalu ada untuk menilainya lebih jauh, saya rasa opini demi opini berbeda sesuai pendapat masing-masing, sanes kitu Kang :04:

  6. Ruang Hati

    Semoga tahun ini ujian lancar dan tidak banyak probem spt soal bocor dan joki atau apapun yg bsa menghambat para siswa.
    Salam sukses buat kang dede selamat akhir pekan bersama keluarga

  7. Usup Supriyadi

    apa yang diamanatkan pasal 2 Permendiknas Nomor 34 tahun 2007 sebenarnya bagus dan baik menurut hemat saya. tapi karena sistem dari pelaksanaannya itu yang menimbulkan pro dan kontra. tapi kalau harus jujur, ujian nasional yang sudah-sudah itu bagus aturannya hanya saja karena para guru dan siswa latah akan ketidaklulusan dan sebagainya hingga melakukan berbagai cara demi lulus. hah, sudah saatnya berarti mereview apa yang sudah berlangsung disekolah itu, benar-benar terjadi kegiatan belajar mengajar yang efektif atau tidak. sekolah harus bisa membuat siswanya siap dan percaya diri, bukan malah sesumbar dan mensirakan ketakutan hingga melakukan segala cara. (doh) semua demo sekarang mah. wkwkwkkw :16:

    lanjutkan un. benahi segala prasarana pendukungnya biar standar kesiapan para siswa sama rata dari sabang- sampai merauke. ini kok ada siswa yang masih jauh un bilang “duh, takut nggak lulus” tapi malah leha-leha….n tebar pesona dijalan-jalan :16:

    maaf ah, malah komentar ngawurnih kang :16:
    .-= Usup Supriyadi´s last blog ..Suami Idaman Istri =-.

  8. sunflo

    menanggapi UN … banyak yg berkecamuk di hatiku, secara aq dulu berkutat ma yg kek ginian… sedih hatiku melihat kecurangan yg ada… bahkan anak didikku dengan hasil usaha murni, terdepak ma yg lainnya yg pake main cantik waktu UN, saat pendaftaran siswa baru ke jenjang berikutnya… :02:
    .-= sunflo´s last blog ..Martabak Manis … Martabak Meringis … =-.

  9. darahbiroe

    semoga besuk liulus semua yang lagi UN
    doaiin juga yaw kaka saya smoga besuk juga luluz,,, amienn

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasihh
    :D

  10. Mamah Aline

    banyak orang tua dan siswa yang gak siapdan stress juga menghadapi UN, bayang-bayang ketidak lulusan menghantui kang. Saya jadi mikirin anak-anak saya kalo UN sutu sat nanti kondisinya bakal sama ngga ya… semoga ada perubahan yang lebih baik:02:
    .-= Mamah Aline´s last blog ..Rumah dengan sajian asbak =-.

    1. Fikar

      :04: benar kali ya. Soalnya sudah banyak dari siswa yang sudah ketakutan padahal ujian blom dimulai, nah sekarang pas udah jalan dua hari masih aja ada masalah, ada juga yang malah ga hadir. :22:

  11. agoenk70

    saya meras kurang setuju yah dengan adanya UNAS ini, karena pendidikannya belum merata terutama di daerah-daerah pelosok desa yang masih minim bnaget terutama fasilitas buat belajar buku2 dah juga lainnya. lain hal dengan yag bersekolah di sekolah kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>