Ujian Nasional berkonotasi negatif?

March 20th, 2010 by dedekusn | Posted under Pendidikan.

Ujian Nasional berkonotasi negatif? Benarkah? Berikut beberapa fakta seputar Ujian Nasional?:

  1. Menimbulkan peluang kecurangan dan kecurigaan. Baik dilakukan siswa maupun guru atau sekolah. Dibentuknya tim sukses Ujian Nasional di tiap sekolah kadang berkonotasi negatif,
  2. Belajar hanya berorientasi pada kelulusan atau nilai UN. Akibatnya, proses pembelajaran hanya ditekankan pada aspek kognitif, aspek-aspek lain seperti aspek afektif dan psikomotor terabaikan.
  3. Mata pelajaran selain mata pelajaran UN terabaikan sehingga terkesan tidak penting lagi.
  4. Tiap sekolah mengadakan kegiatan belajar mengajar tambahan (pengayaan) diluar jam efektif, kadang berlangsung selama lebih dari enam bulan.  Try Out diagendakan berulang kali.
  5. Menjamurnya bimbingan belajar dadakan. Ironis, sebagian masyarakat justru lebih percaya lembaga bimbel dibanding sekolah.
  6. dll

Apapun dampak dan faktanya diadakannya Ujian Nasional, yang jelas tujuan pemerintah mengadakan Ujian Nasional menurut  pasal 2 Permendiknas Nomor 34 tahun 2007, yaitu : untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

Share Button

Incoming search terms for the article:

Tags: , , , , ,

Comments

139 Responses to “Ujian Nasional berkonotasi negatif?”
  1. pertamax-kah saya??

    kenapa negatif.. karena kesannya menakutkan kang.. :(

    [Reply]

    citromduro Reply:

    walau bukan yang pertama mending mendampingi mbak dhila disini di pertamax

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Silahan berpertamax ria Dhila & Mas Citro. UN menakutkan bagi sebagian org

    [Reply]

    Dangstars Reply:

    Ikutan seeleke heula Kang :09:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    seseleke kang? mangga lah! :07::15:
    .-= dedekusn´s last blog ..Sengatan Listrik vs Burung =-.

    [Reply]

  2. citromduro says:

    negatif atau tidak UN sebagai tolak ukur keberhasilan siswa
    entah nantinya yang sukses guru apa siswanya:16::16::16::16:
    .-= citromduro´s last blog ..LAUGH MAKE YOUNGER =-.

    [Reply]

    citromduro Reply:

    pensilnya dah pendek tuh kang
    cukup tidak buat arsiran yang hitam
    .-= citromduro´s last blog ..Dewi Persik Menikmati Ciuman Idra Brugman =-.

    [Reply]

    citromduro Reply:

    datang berbondong-bondong disini sekedar mengucapkan

    salam dari pamekasan madura
    .-= citromduro´s last blog ..Lagi-lagi =-.

    [Reply]

    citromduro Reply:

    ketangkap siaki kang dedenkusn

    salam dari pamekasan madura (pengulangan)
    .-= citromduro´s last blog ..Lagi-lagi =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Di aki emang sering salah tangkap, skarang udah ikeluarin tuh :04:

    Dangstars Reply:

    Aki balangantrang nyaa :08:

    [Reply]

  3. hmmm….. pendidikan belum merata.. itu saja….. :D
    sobt… mohon dukungannya…. seorang nubie mncoba belajar ikutan kontes SEo ….
    Salam Bertuah!
    .-= NegeriAds.Com Solusi Berpromosi´s last blog ..NegeriAds.com Solusi Berpromosi Produk On The Net =-.

    [Reply]

  4. pendidikan blum merata.. itu dulu sobt….. :D
    Mohon dukungannya dalam rangka seorang nubie belajar ikutan kontes Seo  NegeriAds.com Solusi Berpromosi. Salam Bertuah!
    .-= NegeriAds.Com Solusi Berpromosi´s last blog ..NegeriAds.Com Solusi Berpromosi Online is Good =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Salam bertuah juga, semoga kontesnya sukses :12:

    [Reply]

  5. antokoe says:

    UN menakutkan bagi yang kurang siap, biasa saja bagi yang sudah siap. jadi semuanya tergantung kondisi saat itu. Ajukan dua pertanyaan itu.
    jawabannya bisa menunjukkan kesiapannya.
    .-= antokoe´s last blog ..Terhubung =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Iya Mas Anto, terima kasih komemnya. SUkses untukmu!

    [Reply]

  6. Rock says:

    Artikel yang sangat bermanfaat…

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Terima kasih & Piss

    [Reply]

  7. and1k says:

    kalau saya sendiri sebenernya kurang setuju dengan adanya unas mas soalnya masak kita selama belajar 3 tahun hanya ditentukan dengan beberapa hari saya rasa itu kurang adil :06:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Benar, mata pelajaran yg tidak di UNkan seolah dianaktirikan. :14:
    .-= dedekusn´s last blog ..Sengatan Listrik vs Burung =-.

    [Reply]

  8. Bang Iwan says:

    Terkadang kejujuran dan kerja keras yang seharusnya menjadi landasan utama di bidang pendidikan menjadi kabur maknanya. Karena tujuan utama dari siswa, guru, sekolah bahkan Dinas Pendidikan adalah nilai UN dan kelulusan.
    .-= Bang Iwan´s last blog ..MISTERI RINJANI PROMOSI WISATA LOMBOK =-.

    [Reply]

    Bang Iwan Reply:

    Guru yang seharusnya menjadi orang yang mengajarkan kejujuran, kerja keras dan hal-hal yang baik justru menjadi orang terdepan dalam menghalalkan segala cara. Dan masih banyak mengerikan lainnya yang tidak bisa kita terima dengan hati nurani.

    Sudah seharusnya bangsa ini menangis.
    .-= Bang Iwan´s last blog ..MISTERI RINJANI PROMOSI WISATA LOMBOK =-.

    [Reply]

    Bang Iwan Reply:

    Mungkin sudah saatnya pemerintah mencari kebijakan lain.
    .-= Bang Iwan´s last blog ..6 TIPE ISTERI =-.

    [Reply]

    Bang Iwan Reply:

    Mungkin sebaiknya kembali seperti dulu, pelaksanaannya dilimpahkan sepenuhnya pada sekolah.
    .-= Bang Iwan´s last blog ..6 TIPE ISTERI =-.

    dedekusn Reply:

    Sepakat Bang :12:

  9. engga says:

    bsok senin aku UNAS . :07:
    minta dukungannya yaa … :04:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Sy dukung deh, smoga UN-nye brhasil, Lulus + bernilai bagus tanpa kecurangan :07:

    [Reply]

  10. peri says:

    aku setuju adanya uan tapi kayanya sistemnya aja agak dipermudah
    salam kang dede
    .-= peri´s last blog ..mama =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Salam juga untuk peri, SUkses dgn blognya yg berusia 4 bulan

    [Reply]

  11. abifasya says:

    bagaimana tidak berkotonasi negatif, selain yg telah diparka kang dede diatas disadari atau tidak di beberapa kabupaten/kota telah tejadi penghianatan kpd bbrp pasal dalam pendidikan, ada kota-kota tertentu yang mengambil kebijakan mulai bulan februari atau maret yang dipelajarai hanya mt pelajaran yang di UN kan saja mata pelajaran lain diitinggalkan, hal itu jelas telah melanggar tujuan pendidikan bahkan kalo kita lihat pencapaian Tujuan pdkk Nasional hanya dibatasi dg kemampuan menguasai 4 mata pelajaran saja. Makanya sering terjadi ujian nasional itu berubah menjadi musibah nasional …> baca : http://farhansyaddad.wordpress.com/2009/04/27/ujian-nasional-musibah-nasional/
    .-= abifasya´s last blog ..Ulil JIL: Dunia Islam Paling Banyak Melanggar HAM, Harus Berguru pada Obama =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    betul-betul kang, semga saja UN kali ini bukan Ujian Musibah Nasional

    [Reply]

  12. setuju bgt dgn semua yg diatas.. terutama peluang kcurangan akan semakin bnyak. :13:
    sudah terbukti banyak kecurangan yg dilakukan oleh siswa bahkan gurupun ikut membantu kecurangan itu. disisi lain dapat memaksa para pemangku kepentingan (pejabat daerah) beradu strategi untuk mendapatkan hasil yg terbaik walau didapatnya dengan cara curang. hal itu ditujukan untuk menaikkan citra pendidikan didaerahnya. :12:
    begitupun dengan seorang siswa yg cerdas dengan nilai rata2 yg tinggi dalam UAN itu. karena hanya salah satu mata pelajaran saja yg tidak lolos maka siswa cerdas itu terpaksa tidak lulus. percuma nilai rata2 tinggi tp 1 pelajaran doank yg membuat siswa gak lolos. inikan proses yg salah yg hanya mengedepankan standar kelulusan tapi sangat tidak teruji baik mental dan kualitas yg ada pada siswa. payah.. mengecewakan.. :07:
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Semangat Hilang Lagi. =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Yup, setuju… :12:

    [Reply]

  13. salam pramuka.. :12: pisss. :17:
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Semangat Hilang Lagi. =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Merdeka :07:

    [Reply]

  14. merdekaaa !!!! :05:
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Semangat Hilang Lagi. =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Salam Pramuka heuheu… :15:

    [Reply]

  15. orange float says:

    akankah ujian nasional tahun ini terbebas dari kecurangan ???? semoga saja
    .-= orange float´s last blog ..Aku dan Dirinya Kini =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Amin. Semoga sj

    [Reply]

  16. Stova says:

    untung saya ga ikutan UN.. :07:

    semoga siswa2 yg UN beruntung. :07: :04:
    .-= Stova´s last blog ..OMG… Jadi Silibritis Yuk ! =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    AMin. Semoga saja

    [Reply]

  17. achoey says:

    Guru dan siswa bahkan ORTU siswa juga yang gak siap :)
    jadilah banyak kecurangan dan ketidakjujuran
    .-= achoey´s last blog ..Obat Luka (Puisi Pecinta) =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Iya betul Kang :07:
    .-= dedekusn´s last blog ..Sengatan Listrik vs Burung =-.

    [Reply]

  18. yayat38 says:

    wah berarti bakat dan minat agak terabaikan kalo menurut analisa di atas ya Kang :(
    .-= yayat38´s last blog ..Cara Verifikasi Google Webmastertool di blog/web =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Betul Kang, terutama diakhir tahun karena pelajaran lebih difokuskan untuk lulus UN
    .-= dedekusn´s last blog ..Sengatan Listrik vs Burung =-.

    [Reply]

  19. Hariez says:

    menakutkan atau tidaknya tergantung dari siswa itu sendiri. siapkah dengan UNAS yang akan berlangsung atau masih berpikir masih ada waktu ntar atau ah tunggu contekan aja :13:

    sebelumnya saya juga pernah menghadapi UNAS di tahun 2001 silam Kang dan Alhamdulillah saya tidak melihat adanya kecurangan namun kesan negative memang selalu ada untuk menilainya lebih jauh, saya rasa opini demi opini berbeda sesuai pendapat masing-masing, sanes kitu Kang :04:

    [Reply]

    Hariez Reply:

    punteun Kang nembe tiasa mampir….seeur padamelan sareng tugas kuliah Kang :09:

    [Reply]

    Hariez Reply:

    salam hangat kanggo Kang De sakulawargi….sukses terus nya Kang :01:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Iya Kang Riez. Salam juga kanggo keluarga Kang Riez & salam sukses :12:
    .-= dedekusn´s last blog ..Ujian Nasional berkonotasi negatif? =-.

  20. Ruang Hati says:

    Semoga tahun ini ujian lancar dan tidak banyak probem spt soal bocor dan joki atau apapun yg bsa menghambat para siswa.
    Salam sukses buat kang dede selamat akhir pekan bersama keluarga

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Amin, smoga saja.

    [Reply]

  21. Eka JaHe says:

    betul banget mas, pendidikan sekarang sudah dikomersilkan. makanya tiada jalur yang pasti, UN lah di digunakan. saya merasakannya waktu dulu sekolah sampe kuliah.
    .-= Eka JaHe´s last blog ..Perbaikan Registri di Windows 7 =-.

    [Reply]

  22. citromduro says:

    sulamat malam dulu menjelang pagi kang dedenkusn
    .-= citromduro´s last blog ..A Brief History of UL-DAUL =-.

    [Reply]

    citromduro Reply:

    ganti gambar dan comluve ah
    .-= citromduro´s last blog ..A Brief History of UL-DAUL =-.

    [Reply]

  23. citromduro says:

    waduh sempat elor nih komen disini:15::15::15:
    .-= citromduro´s last blog ..LAUGH MAKE YOUNGER =-.

    [Reply]

    citromduro Reply:

    :05::05::05::05::05:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    :05::05: Piss :16:

    [Reply]

  24. Rock says:

    Selamat pagi kawand… aku datang lagi…

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Selamat Malam…. :16: silahken duduk

    [Reply]

    Rock Reply:

    :16::16::16:

    [Reply]

  25. kezedot says:

    ciri khas abang dari dulu selalu baik
    dan aku selaku menyyukainya
    salam dalam kehangatannya aku
    .-= kezedot´s last blog ..Nasi uduk sambel kacang, telur balado dan bakwan goreng………… =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Wah… muji2 nih….
    Salam hangat juga dot :01:

    [Reply]

  26. Dewi Yana says:

    Assalamu’alikum, Semoga semua sisa lulus UNAS tahun ini dan semoga semua berjalan lancar, amin (Dewi Yana)

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Wa’alaikumsalam. Semoga saja teh. AMin.

    [Reply]

  27. apa yang diamanatkan pasal 2 Permendiknas Nomor 34 tahun 2007 sebenarnya bagus dan baik menurut hemat saya. tapi karena sistem dari pelaksanaannya itu yang menimbulkan pro dan kontra. tapi kalau harus jujur, ujian nasional yang sudah-sudah itu bagus aturannya hanya saja karena para guru dan siswa latah akan ketidaklulusan dan sebagainya hingga melakukan berbagai cara demi lulus. hah, sudah saatnya berarti mereview apa yang sudah berlangsung disekolah itu, benar-benar terjadi kegiatan belajar mengajar yang efektif atau tidak. sekolah harus bisa membuat siswanya siap dan percaya diri, bukan malah sesumbar dan mensirakan ketakutan hingga melakukan segala cara. (doh) semua demo sekarang mah. wkwkwkkw :16:

    lanjutkan un. benahi segala prasarana pendukungnya biar standar kesiapan para siswa sama rata dari sabang- sampai merauke. ini kok ada siswa yang masih jauh un bilang “duh, takut nggak lulus” tapi malah leha-leha….n tebar pesona dijalan-jalan :16:

    maaf ah, malah komentar ngawurnih kang :16:
    .-= Usup Supriyadi´s last blog ..Suami Idaman Istri =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Ngga ngawur kok kang…. tapi hebring

    [Reply]

  28. Fitri says:

    Kecurangan yang dilakukan siswa maupun guru pasti ada.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Emang pasti fiet? :01:

    [Reply]

  29. U-marr says:

    seharusnya, UN itu di tiadakan saja yah??
    buat para siswa jadi stress, mikirinnya.
    .-= U-marr´s last blog ..Mohon Do’anya =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    :15: :22:

    [Reply]

  30. marsudiyanto says:

    Mohon doanya agar siswa saya lulus UN semua…
    .-= marsudiyanto´s last blog ..Diagram Venn Sahabat =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Sama2 Pak, do’anya juga untuk siswa kami :15:

    [Reply]

  31. hanif IM says:

    iya juga ya, tapi apa alat ukur untuk siswa yang akan menilai taraf pendidikan di Indonesia selain UN?

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    APa ya? *bingung mode on* tapi pendapatnya Bang Iwan boleh juga tuh, kembali seperti dulu. Kelulusan ditentukan oleh sekolah masing-masing.

    [Reply]

  32. sunflo says:

    menanggapi UN … banyak yg berkecamuk di hatiku, secara aq dulu berkutat ma yg kek ginian… sedih hatiku melihat kecurangan yg ada… bahkan anak didikku dengan hasil usaha murni, terdepak ma yg lainnya yg pake main cantik waktu UN, saat pendaftaran siswa baru ke jenjang berikutnya… :02:
    .-= sunflo´s last blog ..Martabak Manis … Martabak Meringis … =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Ya inilah salah satu dampak negatifnya. SY juga prihatin.

    [Reply]

  33. darahbiroe says:

    semoga besuk liulus semua yang lagi UN
    doaiin juga yaw kaka saya smoga besuk juga luluz,,, amienn

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasihh
    :D

    [Reply]

  34. antok says:

    Un tidak seperti UN malah sekilas sbg momok bagi2 temen2 yg lagi mo ngelaksanain UN

    blogwalking

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Amin-amin. semoga saja. Ukses untukmu Antok

    [Reply]

  35. malam ini para siswa pada berdoa buat ngadepin UAN besok.. semoga point ke 1 gak terjadi dan para siswa bisa mengerjakan soal dgn baik dan benar.. dan semoga semua lulus.. :12:
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Semangat Hilang Lagi. =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Amin. semoga saja…
    SUkses untuk yg UN

    [Reply]

  36. Yunus Chalim says:

    UAN,,, HAPUSKAN SAJALAH lah wong sudah g bersih lagi n kejujuran juga sudah diabaikan…

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    :13::12:
    .-= dedekusn´s last blog ..Ujian Nasional berkonotasi negatif? =-.

    [Reply]

  37. Abula says:

    untungnya ga “kazamanan” , kalo “kazamanan” pastinya saya stess menghadapi UN

    :04:

    [Reply]

  38. quinie says:

    sebenernya kalo kita pede bisa ngerjainya, kenapa harus takut ya?
    .-= quinie´s last blog ..suka duka jadi panitia#7 =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Iya :12:

    [Reply]

  39. Ruang Hati says:

    Selamat mengawali awal pekan dengan sebuah kesuksesan buat sobatku kang dede n family, salam hangat selalu

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Terima kasih, salam hangat juga untuk ruang hati yg blogny aslelau rame

    [Reply]

  40. Fikar says:

    Hmmmm, UN negatif barangkali cuma gara2 ketakutan para siswa aja. Dan berangkali ketakutan itu muncul karena tidak siapnya mereka menghadapi ujia tersebut, bisa jadi mereka kurang belajarnya. :19:
    .-= Fikar´s last blog ..PeopleString, Situs Sosial Nyari Tambahan Uang Saku =-.

    [Reply]

  41. Fikar says:

    Hmmmm, UN negatif barangkali cuma gara2 ketakutan para siswa aja. Dan berangkali ketakutan itu muncul karena tidak siapnya mereka menghadapi ujian tersebut, bisa jadi mereka kurang belajarnya. :19:
    .-= Fikar´s last blog ..PeopleString, Situs Sosial Nyari Tambahan Uang Saku =-.

    [Reply]

    Fikar Reply:

    Lam kenal :04:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Salam kenal juga Fikar

    [Reply]

  42. sedjatee says:

    Semoga sehat selalu Kang…
    Ada kuis kang, disini http://sedjatee.wordpress.com/2010/03/22/kuis-sahabat-sejati/
    Ikutan ya Kang… Saya tunggu partisipasinya Kang…
    Terima kasih and sukses selalu..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com
    .-= sedjatee´s last blog ..Kuis Sahabat Sejati =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Sy baru pulang dari sana Sob :14:

    [Reply]

  43. Blue datang kang……….heheh
    senin sekarang sudah d mulai ………jadi ingat zaman bahela nich
    salam hangat selalu:08::08::08::08::08::08::08::08::08:
    .-= dobleh yang malang´s last blog ..New Theme: Dark Wood =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Jaman baheula? heuheu… emang blue lahir jaman apa? jaman batu ya? :16::18:

    [Reply]

  44. didot says:

    negatif atau gak tergantung kacamata yg ngeliatnya mas :07:
    .-= didot´s last blog ..Horeeee ganti theme lagi…. lebih fresh… =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    kalo kacamatanya tebelll jadinya positif ya Bang :16:

    [Reply]

  45. prof. helga says:

    yaah semoga UN tahun ini jauh dari kata curang dan negatif
    amiin

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Semoga saja Prof. :05:

    [Reply]

  46. Amink says:

    ada sekolah ada belajar,
    ada belajar ada ujian dung…

    what’s the problem???

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Pasti dunk! :05:

    [Reply]

    Fikar Reply:

    Right,,,,, and no problem i think. :12:
    .-= Fikar´s last blog ..PeopleString, Situs Sosial Nyari Tambahan Uang Saku =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    :12::13: :19:

    [Reply]

  47. Mamah Aline says:

    banyak orang tua dan siswa yang gak siapdan stress juga menghadapi UN, bayang-bayang ketidak lulusan menghantui kang. Saya jadi mikirin anak-anak saya kalo UN sutu sat nanti kondisinya bakal sama ngga ya… semoga ada perubahan yang lebih baik:02:
    .-= Mamah Aline´s last blog ..Rumah dengan sajian asbak =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Semoga saja mah,

    [Reply]

  48. kunjungan subuh..
    ternyata UNAS banyak kecurangan.. hizk2.. gimana pendidikan bisa maju klo curang ada dimana-mana.. :02:
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Sampah dimana-mana.!! =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    heuheu… tapi kita rs tetep optimis
    .-= dedekusn´s last blog ..Ujian Nasional berkonotasi negatif? =-.

    [Reply]

  49. Ruang Hati says:

    Pagi Kang Dede, semoga sukse yah hari ini, doa sahabat berharap demikian. sukses juga yg mo ujian semoga lulus

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Amin. moga kesuksesan selalu menyertai kita. :08:

    [Reply]

  50. Terima kasih infonya 02:58

    [Reply]

  51. Thanks for the great info.
    Have a nice day. 03:43

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Sama-sama… thanis juga kunjunganya

    [Reply]

  52. indra1082 says:

    Mari berdoa untuk siswa-siswa yg menghadapi UN.:01:

    [Reply]

    indra1082 Reply:

    sejatinya kurang setuju dg adanya UN:04:
    .-= indra1082´s last blog ..Roy Sendiri =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    hehe… setuju ga setuju UN tetep dilaksanakan

    [Reply]

  53. mungkin sudah saatnya pemerintah mencari cara yg lain lagi utk kelulusan ini.
    semoga siswa yg sedang UAN semuanya lulus dan lancar2 saja.
    salam
    .-= bundadontworry´s last blog ..Manfaat Lain Dari Teh Sisa =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Semoga & Amin. Terima kasih kunjungannya Bunda

    [Reply]

    Fikar Reply:

    :04: benar kali ya. Soalnya sudah banyak dari siswa yang sudah ketakutan padahal ujian blom dimulai, nah sekarang pas udah jalan dua hari masih aja ada masalah, ada juga yang malah ga hadir. :22:

    [Reply]

  54. Terima kasih infonya 08:58

    [Reply]

  55. andipeace says:

    ga semua sekolahan (guru / murid) curang dan sebaliknya.sesuai dengan prioritas sekolahan tersebut.

    salam sejahtera kang
    .-= andipeace´s last blog ..Jangan Slah Gunakan Mbah Google =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Salam sejahtera juga Andie

    [Reply]

  56. tyan says:

    mau gimana lagi tapinya kan UAN memang harus dilaksanakan…,:20::22:
    .-= tyan´s last blog ..Suporter =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Iya, yg penting kita ga ikut2an curang

    [Reply]

  57. agoenk70 says:

    saya meras kurang setuju yah dengan adanya UNAS ini, karena pendidikannya belum merata terutama di daerah-daerah pelosok desa yang masih minim bnaget terutama fasilitas buat belajar buku2 dah juga lainnya. lain hal dengan yag bersekolah di sekolah kota.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Betul, UN emang ada positif & ga sedikit negatifnya. SMoga pemerintah punya solusi lain yg lebih OK

    [Reply]

  58. yang penting..sadar..bahwa kecurangan pasti ada balasanyan..PASTI
    .-= Bukan Sekedar Blogger Bertuah´s last blog ..SEO KONTES "BUKAN SEKEDAR BLOGGER BERTUAH" =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Pasti.

    [Reply]

  59. berkunjung ke rumah tetangga dan mengucapkan selamat pagi. Semoga terus berjaya 03:41

    [Reply]

  60. nohara says:

    huh…nohara lega habis menyelesaikan UAN kemarin.. doain nohara lulus dg nilai memuaskan ya…

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Amin. Insya Allah lulus neng
    .-= dedekusn´s last blog ..PERSIB Songs =-.

    [Reply]

  61. Konotasi negatif ini timbul, lebih disebabkan ulah pemerintah yang tak pernah jelas memberikan aturan dalam bidang pendidikan.
    .-= Celetukan Segar´s last blog ..Saatnya Memelihara Dinosaurus Di Rumah =-.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Betul, semoga kedepannya sistem pendidikan semakin baik

    [Reply]

  62. munir ardi says:

    sepakat bang banyak sekali peluang kecurangan buktinya ayng kemarin banyak yang bocor soalnya

    [Reply]

  63. munir ardi says:

    nggak tahu dapat darimana banyak diberita anak-anak dapat kunci

    [Reply]

  64. Ada lagi gak yang bagus seperti ini . blog walking plugin can be downloaded blog-walk.com

    [Reply]

  65. kelihatannya si seperti itu mas..
    padahal bukan nilai UN yang menjami seorang siswa itu nantinya..
    nilai itu bisa kita manipulasi ^^

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Betul Kang…mudah2an kedepannya bisa lebih baik lagi

    [Reply]

  66. aim says:

    menurut anda apa dampaknya UN terhadap siswa

    [Reply]

Do you have any comments on Ujian Nasional berkonotasi negatif? ?