Ujian Nasional berkonotasi negatif?

Maret 20th, 2010 by dedekusn | Posted under Pendidikan.

Ujian Nasional berkonotasi negatif? Benarkah? Berikut beberapa fakta seputar Ujian Nasional?:

  1. Menimbulkan peluang kecurangan dan kecurigaan. Baik dilakukan siswa maupun guru atau sekolah. Dibentuknya tim sukses Ujian Nasional di tiap sekolah kadang berkonotasi negatif,
  2. Belajar hanya berorientasi pada kelulusan atau nilai UN. Akibatnya, proses pembelajaran hanya ditekankan pada aspek kognitif, aspek-aspek lain seperti aspek afektif dan psikomotor terabaikan.
  3. Mata pelajaran selain mata pelajaran UN terabaikan sehingga terkesan tidak penting lagi.
  4. Tiap sekolah mengadakan kegiatan belajar mengajar tambahan (pengayaan) diluar jam efektif, kadang berlangsung selama lebih dari enam bulan.  Try Out diagendakan berulang kali.
  5. Menjamurnya bimbingan belajar dadakan. Ironis, sebagian masyarakat justru lebih percaya lembaga bimbel dibanding sekolah.
  6. dll

Apapun dampak dan faktanya diadakannya Ujian Nasional, yang jelas tujuan pemerintah mengadakan Ujian Nasional menurut  pasal 2 Permendiknas Nomor 34 tahun 2007, yaitu : untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

Share Button

Tags: , , , , ,

Comments

139 Responses to “Ujian Nasional berkonotasi negatif?”
  1. fadhilatul muharram mengatakan:

    pertamax-kah saya??

    kenapa negatif.. karena kesannya menakutkan kang.. 🙁

  2. citromduro mengatakan:

    negatif atau tidak UN sebagai tolak ukur keberhasilan siswa
    entah nantinya yang sukses guru apa siswanya:16::16::16::16:
    .-= citromduro´s last blog ..LAUGH MAKE YOUNGER =-.

  3. hmmm….. pendidikan belum merata.. itu saja….. 😀
    sobt… mohon dukungannya…. seorang nubie mncoba belajar ikutan kontes SEo ….
    Salam Bertuah!
    .-= NegeriAds.Com Solusi Berpromosi´s last blog ..NegeriAds.com Solusi Berpromosi Produk On The Net =-.

  4. pendidikan blum merata.. itu dulu sobt….. 😀
    Mohon dukungannya dalam rangka seorang nubie belajar ikutan kontes Seo  NegeriAds.com Solusi Berpromosi. Salam Bertuah!
    .-= NegeriAds.Com Solusi Berpromosi´s last blog ..NegeriAds.Com Solusi Berpromosi Online is Good =-.

  5. antokoe mengatakan:

    UN menakutkan bagi yang kurang siap, biasa saja bagi yang sudah siap. jadi semuanya tergantung kondisi saat itu. Ajukan dua pertanyaan itu.
    jawabannya bisa menunjukkan kesiapannya.
    .-= antokoe´s last blog ..Terhubung =-.

  6. Rock mengatakan:

    Artikel yang sangat bermanfaat…

  7. and1k mengatakan:

    kalau saya sendiri sebenernya kurang setuju dengan adanya unas mas soalnya masak kita selama belajar 3 tahun hanya ditentukan dengan beberapa hari saya rasa itu kurang adil :06:

  8. Bang Iwan mengatakan:

    Terkadang kejujuran dan kerja keras yang seharusnya menjadi landasan utama di bidang pendidikan menjadi kabur maknanya. Karena tujuan utama dari siswa, guru, sekolah bahkan Dinas Pendidikan adalah nilai UN dan kelulusan.
    .-= Bang Iwan´s last blog ..MISTERI RINJANI PROMOSI WISATA LOMBOK =-.

  9. engga mengatakan:

    bsok senin aku UNAS . :07:
    minta dukungannya yaa … :04:

  10. peri mengatakan:

    aku setuju adanya uan tapi kayanya sistemnya aja agak dipermudah
    salam kang dede
    .-= peri´s last blog ..mama =-.

  11. abifasya mengatakan:

    bagaimana tidak berkotonasi negatif, selain yg telah diparka kang dede diatas disadari atau tidak di beberapa kabupaten/kota telah tejadi penghianatan kpd bbrp pasal dalam pendidikan, ada kota-kota tertentu yang mengambil kebijakan mulai bulan februari atau maret yang dipelajarai hanya mt pelajaran yang di UN kan saja mata pelajaran lain diitinggalkan, hal itu jelas telah melanggar tujuan pendidikan bahkan kalo kita lihat pencapaian Tujuan pdkk Nasional hanya dibatasi dg kemampuan menguasai 4 mata pelajaran saja. Makanya sering terjadi ujian nasional itu berubah menjadi musibah nasional …> baca : http://farhansyaddad.wordpress.com/2009/04/27/ujian-nasional-musibah-nasional/
    .-= abifasya´s last blog ..Ulil JIL: Dunia Islam Paling Banyak Melanggar HAM, Harus Berguru pada Obama =-.

  12. muhammad zakariah mengatakan:

    setuju bgt dgn semua yg diatas.. terutama peluang kcurangan akan semakin bnyak. :13:
    sudah terbukti banyak kecurangan yg dilakukan oleh siswa bahkan gurupun ikut membantu kecurangan itu. disisi lain dapat memaksa para pemangku kepentingan (pejabat daerah) beradu strategi untuk mendapatkan hasil yg terbaik walau didapatnya dengan cara curang. hal itu ditujukan untuk menaikkan citra pendidikan didaerahnya. :12:
    begitupun dengan seorang siswa yg cerdas dengan nilai rata2 yg tinggi dalam UAN itu. karena hanya salah satu mata pelajaran saja yg tidak lolos maka siswa cerdas itu terpaksa tidak lulus. percuma nilai rata2 tinggi tp 1 pelajaran doank yg membuat siswa gak lolos. inikan proses yg salah yg hanya mengedepankan standar kelulusan tapi sangat tidak teruji baik mental dan kualitas yg ada pada siswa. payah.. mengecewakan.. :07:
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Semangat Hilang Lagi. =-.

  13. muhammad zakariah mengatakan:

    salam pramuka.. :12: pisss. :17:
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Semangat Hilang Lagi. =-.

  14. muhammad zakariah mengatakan:

    merdekaaa !!!! :05:
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Semangat Hilang Lagi. =-.

  15. orange float mengatakan:

    akankah ujian nasional tahun ini terbebas dari kecurangan ???? semoga saja
    .-= orange float´s last blog ..Aku dan Dirinya Kini =-.

  16. Stova mengatakan:

    untung saya ga ikutan UN.. :07:

    semoga siswa2 yg UN beruntung. :07: :04:
    .-= Stova´s last blog ..OMG… Jadi Silibritis Yuk ! =-.

  17. achoey mengatakan:

    Guru dan siswa bahkan ORTU siswa juga yang gak siap 🙂
    jadilah banyak kecurangan dan ketidakjujuran
    .-= achoey´s last blog ..Obat Luka (Puisi Pecinta) =-.

  18. yayat38 mengatakan:

    wah berarti bakat dan minat agak terabaikan kalo menurut analisa di atas ya Kang 🙁
    .-= yayat38´s last blog ..Cara Verifikasi Google Webmastertool di blog/web =-.

  19. Hariez mengatakan:

    menakutkan atau tidaknya tergantung dari siswa itu sendiri. siapkah dengan UNAS yang akan berlangsung atau masih berpikir masih ada waktu ntar atau ah tunggu contekan aja :13:

    sebelumnya saya juga pernah menghadapi UNAS di tahun 2001 silam Kang dan Alhamdulillah saya tidak melihat adanya kecurangan namun kesan negative memang selalu ada untuk menilainya lebih jauh, saya rasa opini demi opini berbeda sesuai pendapat masing-masing, sanes kitu Kang :04:

  20. Ruang Hati mengatakan:

    Semoga tahun ini ujian lancar dan tidak banyak probem spt soal bocor dan joki atau apapun yg bsa menghambat para siswa.
    Salam sukses buat kang dede selamat akhir pekan bersama keluarga

  21. Eka JaHe mengatakan:

    betul banget mas, pendidikan sekarang sudah dikomersilkan. makanya tiada jalur yang pasti, UN lah di digunakan. saya merasakannya waktu dulu sekolah sampe kuliah.
    .-= Eka JaHe´s last blog ..Perbaikan Registri di Windows 7 =-.

  22. citromduro mengatakan:

    sulamat malam dulu menjelang pagi kang dedenkusn
    .-= citromduro´s last blog ..A Brief History of UL-DAUL =-.

  23. citromduro mengatakan:

    waduh sempat elor nih komen disini:15::15::15:
    .-= citromduro´s last blog ..LAUGH MAKE YOUNGER =-.

  24. Rock mengatakan:

    Selamat pagi kawand… aku datang lagi…

  25. kezedot mengatakan:

    ciri khas abang dari dulu selalu baik
    dan aku selaku menyyukainya
    salam dalam kehangatannya aku
    .-= kezedot´s last blog ..Nasi uduk sambel kacang, telur balado dan bakwan goreng………… =-.

  26. Dewi Yana mengatakan:

    Assalamu’alikum, Semoga semua sisa lulus UNAS tahun ini dan semoga semua berjalan lancar, amin (Dewi Yana)

  27. Usup Supriyadi mengatakan:

    apa yang diamanatkan pasal 2 Permendiknas Nomor 34 tahun 2007 sebenarnya bagus dan baik menurut hemat saya. tapi karena sistem dari pelaksanaannya itu yang menimbulkan pro dan kontra. tapi kalau harus jujur, ujian nasional yang sudah-sudah itu bagus aturannya hanya saja karena para guru dan siswa latah akan ketidaklulusan dan sebagainya hingga melakukan berbagai cara demi lulus. hah, sudah saatnya berarti mereview apa yang sudah berlangsung disekolah itu, benar-benar terjadi kegiatan belajar mengajar yang efektif atau tidak. sekolah harus bisa membuat siswanya siap dan percaya diri, bukan malah sesumbar dan mensirakan ketakutan hingga melakukan segala cara. (doh) semua demo sekarang mah. wkwkwkkw :16:

    lanjutkan un. benahi segala prasarana pendukungnya biar standar kesiapan para siswa sama rata dari sabang- sampai merauke. ini kok ada siswa yang masih jauh un bilang “duh, takut nggak lulus” tapi malah leha-leha….n tebar pesona dijalan-jalan :16:

    maaf ah, malah komentar ngawurnih kang :16:
    .-= Usup Supriyadi´s last blog ..Suami Idaman Istri =-.

  28. Fitri mengatakan:

    Kecurangan yang dilakukan siswa maupun guru pasti ada.

  29. U-marr mengatakan:

    seharusnya, UN itu di tiadakan saja yah??
    buat para siswa jadi stress, mikirinnya.
    .-= U-marr´s last blog ..Mohon Do’anya =-.

  30. marsudiyanto mengatakan:

    Mohon doanya agar siswa saya lulus UN semua…
    .-= marsudiyanto´s last blog ..Diagram Venn Sahabat =-.

  31. hanif IM mengatakan:

    iya juga ya, tapi apa alat ukur untuk siswa yang akan menilai taraf pendidikan di Indonesia selain UN?

  32. sunflo mengatakan:

    menanggapi UN … banyak yg berkecamuk di hatiku, secara aq dulu berkutat ma yg kek ginian… sedih hatiku melihat kecurangan yg ada… bahkan anak didikku dengan hasil usaha murni, terdepak ma yg lainnya yg pake main cantik waktu UN, saat pendaftaran siswa baru ke jenjang berikutnya… :02:
    .-= sunflo´s last blog ..Martabak Manis … Martabak Meringis … =-.

  33. darahbiroe mengatakan:

    semoga besuk liulus semua yang lagi UN
    doaiin juga yaw kaka saya smoga besuk juga luluz,,, amienn

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasihh
    😀

  34. antok mengatakan:

    Un tidak seperti UN malah sekilas sbg momok bagi2 temen2 yg lagi mo ngelaksanain UN

    blogwalking

  35. muhammad zakariah mengatakan:

    malam ini para siswa pada berdoa buat ngadepin UAN besok.. semoga point ke 1 gak terjadi dan para siswa bisa mengerjakan soal dgn baik dan benar.. dan semoga semua lulus.. :12:
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Semangat Hilang Lagi. =-.

  36. Yunus Chalim mengatakan:

    UAN,,, HAPUSKAN SAJALAH lah wong sudah g bersih lagi n kejujuran juga sudah diabaikan…

  37. Abula mengatakan:

    untungnya ga “kazamanan” , kalo “kazamanan” pastinya saya stess menghadapi UN

    :04:

  38. quinie mengatakan:

    sebenernya kalo kita pede bisa ngerjainya, kenapa harus takut ya?
    .-= quinie´s last blog ..suka duka jadi panitia#7 =-.

  39. Ruang Hati mengatakan:

    Selamat mengawali awal pekan dengan sebuah kesuksesan buat sobatku kang dede n family, salam hangat selalu

  40. Fikar mengatakan:

    Hmmmm, UN negatif barangkali cuma gara2 ketakutan para siswa aja. Dan berangkali ketakutan itu muncul karena tidak siapnya mereka menghadapi ujia tersebut, bisa jadi mereka kurang belajarnya. :19:
    .-= Fikar´s last blog ..PeopleString, Situs Sosial Nyari Tambahan Uang Saku =-.

  41. Fikar mengatakan:

    Hmmmm, UN negatif barangkali cuma gara2 ketakutan para siswa aja. Dan berangkali ketakutan itu muncul karena tidak siapnya mereka menghadapi ujian tersebut, bisa jadi mereka kurang belajarnya. :19:
    .-= Fikar´s last blog ..PeopleString, Situs Sosial Nyari Tambahan Uang Saku =-.

  42. sedjatee mengatakan:

    Semoga sehat selalu Kang…
    Ada kuis kang, disini http://sedjatee.wordpress.com/2010/03/22/kuis-sahabat-sejati/
    Ikutan ya Kang… Saya tunggu partisipasinya Kang…
    Terima kasih and sukses selalu..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com
    .-= sedjatee´s last blog ..Kuis Sahabat Sejati =-.

  43. dobleh yang malang mengatakan:

    Blue datang kang……….heheh
    senin sekarang sudah d mulai ………jadi ingat zaman bahela nich
    salam hangat selalu:08::08::08::08::08::08::08::08::08:
    .-= dobleh yang malang´s last blog ..New Theme: Dark Wood =-.

  44. didot mengatakan:

    negatif atau gak tergantung kacamata yg ngeliatnya mas :07:
    .-= didot´s last blog ..Horeeee ganti theme lagi…. lebih fresh… =-.

  45. prof. helga mengatakan:

    yaah semoga UN tahun ini jauh dari kata curang dan negatif
    amiin

  46. Amink mengatakan:

    ada sekolah ada belajar,
    ada belajar ada ujian dung…

    what’s the problem???

  47. Mamah Aline mengatakan:

    banyak orang tua dan siswa yang gak siapdan stress juga menghadapi UN, bayang-bayang ketidak lulusan menghantui kang. Saya jadi mikirin anak-anak saya kalo UN sutu sat nanti kondisinya bakal sama ngga ya… semoga ada perubahan yang lebih baik:02:
    .-= Mamah Aline´s last blog ..Rumah dengan sajian asbak =-.

  48. muhammad zakariah mengatakan:

    kunjungan subuh..
    ternyata UNAS banyak kecurangan.. hizk2.. gimana pendidikan bisa maju klo curang ada dimana-mana.. :02:
    .-= muhammad zakariah´s last blog ..Sampah dimana-mana.!! =-.

  49. Ruang Hati mengatakan:

    Pagi Kang Dede, semoga sukse yah hari ini, doa sahabat berharap demikian. sukses juga yg mo ujian semoga lulus

  50. Djarums Cigarette mengatakan:

    Terima kasih infonya 02:58

  51. Hentai Stream mengatakan:

    Thanks for the great info.
    Have a nice day. 03:43

  52. indra1082 mengatakan:

    Mari berdoa untuk siswa-siswa yg menghadapi UN.:01:

  53. bundadontworry mengatakan:

    mungkin sudah saatnya pemerintah mencari cara yg lain lagi utk kelulusan ini.
    semoga siswa yg sedang UAN semuanya lulus dan lancar2 saja.
    salam
    .-= bundadontworry´s last blog ..Manfaat Lain Dari Teh Sisa =-.

  54. Djarums Cigarette mengatakan:

    Terima kasih infonya 08:58

  55. andipeace mengatakan:

    ga semua sekolahan (guru / murid) curang dan sebaliknya.sesuai dengan prioritas sekolahan tersebut.

    salam sejahtera kang
    .-= andipeace´s last blog ..Jangan Slah Gunakan Mbah Google =-.

  56. tyan mengatakan:

    mau gimana lagi tapinya kan UAN memang harus dilaksanakan…,:20::22:
    .-= tyan´s last blog ..Suporter =-.

  57. agoenk70 mengatakan:

    saya meras kurang setuju yah dengan adanya UNAS ini, karena pendidikannya belum merata terutama di daerah-daerah pelosok desa yang masih minim bnaget terutama fasilitas buat belajar buku2 dah juga lainnya. lain hal dengan yag bersekolah di sekolah kota.

  58. yang penting..sadar..bahwa kecurangan pasti ada balasanyan..PASTI
    .-= Bukan Sekedar Blogger Bertuah´s last blog ..SEO KONTES "BUKAN SEKEDAR BLOGGER BERTUAH" =-.

  59. Djarums Cigarette mengatakan:

    berkunjung ke rumah tetangga dan mengucapkan selamat pagi. Semoga terus berjaya 03:41

  60. nohara mengatakan:

    huh…nohara lega habis menyelesaikan UAN kemarin.. doain nohara lulus dg nilai memuaskan ya…

  61. Celetukan Segar mengatakan:

    Konotasi negatif ini timbul, lebih disebabkan ulah pemerintah yang tak pernah jelas memberikan aturan dalam bidang pendidikan.
    .-= Celetukan Segar´s last blog ..Saatnya Memelihara Dinosaurus Di Rumah =-.

  62. munir ardi mengatakan:

    sepakat bang banyak sekali peluang kecurangan buktinya ayng kemarin banyak yang bocor soalnya

  63. munir ardi mengatakan:

    nggak tahu dapat darimana banyak diberita anak-anak dapat kunci

  64. Ada lagi gak yang bagus seperti ini . blog walking plugin can be downloaded blog-walk.com

  65. ian abuhanzhalah mengatakan:

    kelihatannya si seperti itu mas..
    padahal bukan nilai UN yang menjami seorang siswa itu nantinya..
    nilai itu bisa kita manipulasi ^^

  66. aim mengatakan:

    menurut anda apa dampaknya UN terhadap siswa

Do you have any comments on Ujian Nasional berkonotasi negatif? ?