Kondomisasi oh…

Desember 4th, 2013 by dedekusn | Posted under Politik.

Tolak Kondom (2)Beberapa hari lalu kita disajikan dengan pemberitaan Pekan Kondom Nasional (PKN), yang menuai kontroversi karena acara yang diselenggarakan kementerian kesehatan ini dianggap bertentangan dengan norma agama dan adat ketimuran. Pekan Kondom Nasional sendiri memiliki tujuan bagus yakni meminimalisir atau mencegah bertambahnya penyakit yang ditularkan melalui alat kelamin seperti HIV/AIDS.

Panitia PKN dengan disponsori perusahaan produsen kondom melakukan acara sosialisasi dengan berbagai acara, seperti: workshop, seminar, musik, dan pembagian kondom gratis. Pembagian kondom gratislah yang menjadi kontroversi. Berbagai alibi yang ungkapkan panitia PKN tidak dapat diterima banyak kalangan. Sepertinya jika pembagian kondom gratis dilakukan hanya didaerah beresiko tinggi, seperti di lokalisasi, tidak akan terlalu dipermasalahkan. Tapi yang dilakukan panitia – dalam hal ini kementerian kesehatan – melakukan pembagian kondom gratis didaerah-daerah umum, bahkan diberikan juga di kampus-kampus yang mayoritas warganya belum nikah. Pantas saja umat Islam yang dalam hal ini diwakili ormas-ormas protes. Ini mau mencegah HIV/AIDS atau mengajarkan seks bebas? Jika kondom dibagikan dikampus berarti secara tidak langsung menyuruh dan menganjurkan mahasiswa untuk menggunakan kondom, padahal mereka belum pada menikah. Ditempat umumpun demikian, belum tentu kondom yang dibagikan gratis tepat sasaran diberikan pada pasangan beresiko atau yang sudah menikah.

Mendingnya masih ada beberapa kampus melakukan penolakan, seperti UGM yang menolak ketika dikampusnya akan diadakan pembagian kondom plus buku gratis. Beruntung masih banyak tokoh Nasional, ustadz, partai politik, dan ormas-ormas Islam yang masih peduli, masih tanggap dan melakukan protes keras. Hingga akhirnya mulai Hari ini (04/12-13) acara PKN dihentikan. :thumbup:

Semoga saja kedepannya pemerintah lebih bijak dalam menjalankan kebijakan.

Sumber gambar: VOA Indonesia

Share Button

Tags: , , , , , ,

Comments

31 Responses to “Kondomisasi oh…”
  1. capung2 mengatakan:

    nih acara kurang kerjaan, cara berfikir yang ujung2nya “melegalkan” sex bebas..

  2. Ripiu mengatakan:

    Petinggi2 di negara kita dah kelewat pintar kayanya, jadinya malah keblinger.

  3. Hanif Mahaldi mengatakan:

    kampaye kesehatan salah sasaran. Akhirnya berujung pada penolakan. Sia2 deh kementrian kesehatan mencoba dekat dengan masyarakat.

  4. Ope mengatakan:

    ini acara emang gak ada manfaatnya sama sekali :cd:

  5. Saya tidak habis pikir, kok bisa ya orang sekelas Menteri berpikir yan seperti itu.

  6. Indra Kusuma Sejati mengatakan:

    Sepertinya ada pesan sponsor dari dunia produsen, namun dampak dari sosialisasi dalam hal norma tidak dipikirkan secara matang di negeri yang memliki citra norma yang berbudi pekerti yang luhur.

    Salam,

  7. Siti Fatimah Ahma mengatakan:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, nanda Dedekusn….

    Objektif yang bertujuan baik bagi meminimalisir atau mencegah bertambahnya penyakit yang ditularkan melalui alat kelamin seperti HIV/AIDS.

    Tetapi bukan dengan cara memberi kondom secara gratis yang akhirnya terlihat jelas seakan menggalakkan penggunaan kondom kepada sesiapa sahaja yang tidak diketahui statusnya tambah lagi kalau diberi di kalangan mahasiswa.

    Di Malaysia sutu ketika dahulu, juga menganjurkan acara seperti ini dan mendapat bantahan dari banyak organisasi yang melihat dari dampak negatifnya yang besar berbanding positif.

    Salut buat semua yang berperanan “membatalkan” acara tersebut dari dilangsungkan termasuk nanda Dedekusn yang secara tidak langsung menyokong tidak setuju dengan apa yang dilakukan pemerintah. Semoga diganjari Allah kerana telah berusaha menghindar maksiat dan kemungkaran.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. πŸ˜€

  8. kang haris mengatakan:

    sampai geleng2 nih
    jika bener negara malah mengkampanyekan penggunaan kondon ke kampus-kampus, ngebagi2 kondom gratis, duh buat apa. Kan umumnya mahasiswa itu belum menikah.

    sedih rasanya, benarkah pemerintah setega ini.

  9. Mekanik Komputer mengatakan:

    bisa – bisa seks bebas malah merajalela

  10. beemukaromah mengatakan:

    Hadehhh,.. saya nggak habis pikir, siapa gitu yang punya ide bagi2 kondom dan parahnya disetujui pula sama mentrinya, kiamat benar2 sudah dekat

  11. tomi mengatakan:

    saya juga merasa tindakan PKN ini kurang tepat mas.. salah sasaran dan menyebabkan asumsi yang berbedaΒ²

  12. yulita mengatakan:

    ini namanya menyelesaikan masalah dengan masalah.
    cuma bisa geleng2 kepala dengan adanya pekan kondom nasional ini..

  13. munir ardi mengatakan:

    lebih baik memberi kegiatan positif kepada remaja daripada dana disalurkan untuk hal seperti ini

  14. ditter mengatakan:

    Mungkin PKN merupakan salah satu strategi dari perusahaan kondom utk meningkatkan omzet penjualannya, dengan bekerja sama dengan kementerian kesehatan…. πŸ˜€

  15. ikan hias mengatakan:

    kalau begini caranya sama saja dengan mempasilitasi melakukan maksiat.. soalnya yang melakukan hubungan sex pake kondom itu kebanyakan bukan suami istri, betul tidak?

Do you have any comments on Kondomisasi oh… ?