Selamat Berlebaran

Juli 27th, 2014 by dedekusn | Posted under Religi, Umum.

Rasanya baru kemarin kami gembira menyambut Ramadhan. Suasana Ramadhan yang khas, sahur, ngabuburit, tarawih, tadarus, buka bersama, acara dan tayangan TV, semuanya berasa beda dengan bulan lain. Kini semuanya berakhir, hari kemenangan tiba. Namun ada yang lebih berasa beda di Ramadhan ini, khususnya bagi saya. Berikut diantara penyebabnya :

  1. Pemilu Presiden. Sejak masa kampanye, hari pencoblosan, hingga pengumuman pemenang semuanya terjadi di Ramadhan tahun ini. Hampir seluruh media: TV, cetak, online, sosial, dll., selain berisi tayangan atau bacaan khas Ramadhan juga berisi politik. Ada pemberitaan yang santun, banyak juga yang sebaliknya. Saling dukung, saling hujat, selalu ada setiap hari, “hebatnya“ – walau tak sebanyak dimasa kampanye – kondisi ini masih berkelanjutan hingga kini, pasca pengumuman pemenang, hingga hari Lebaran tiba. Menyedihkan.
  2. Piala Dunia. Perhelatan sepak bola terbesar antar Negara atau Piala dunia (world cup) yang dimenangkan Jerman menjadikan Ramadhan tahun ini kian berkesan, apalagi diantara siarannya bertepatan dengan waktu makan sahur. Bangun sahurnya jadi lebih semangat. :mrgreen: Dihari-hari terakhir Ramadhan juga dimulainya International Champion Cup.
  3. Berkurangnya Petasan. Didaerah kami, bermain petasan menjelang Ramadhan hingga masa Lebaran sudah menjadi kebiasaan. Entah sejak kapan, ketika saya kecilpun kebiasaan ini sudah ada. Petasan aneka jenis selalu laris-manis di Bulan Ramadhan, jenisnyapun semakin beraneka macam, jika dulu mayoritas berbahan mesiu, mulai Ramadhan tahun kemarin menjadi berbahan spirtus (terbuat dari kaleng susu bekas, dibalut lakban, magnet dari korek gas, dan spirtus). Awal Ramadhan tahun inipun petasan spirtus kembali marak, namun hal itu tak bertahan lama. Berawal dari himbauan Pemerintah Kabupaten bekerjasama dengan pihak kepolisian, disebarluaskan oleh pemerintah desa dan Majelis Ulama, tahun ini petasan hanya marak di minggu pertama Ramadhan. Minggu kedua hingga akhir Ramadhan nyaris tak ada lagi bunyi petasan. Alhamdulillah menggembirakan.

    Petasan Spirtus

    Petasan Spirtus

  4. Peningkatan Jamaah Ramadhan. Satu lagi yang sedikit menggembirakan di Ramadhan tahun ini, masjid tempat kami shalat tarawih jamaahnya mengalami peningkatan. Jika Ramadhan-ramadhan sebelumnya jumlah jamaah tarawih di awal dan menjelang akhir jumlahnya sangat jomplang, penuh diawal dan berkebalikan di akhir, Ramadhan sekarang beda, walau tetap mengalami penurunan, tapi tidak terlalu banyak. Banyaknya jamaah tarawih ini karena kompaknya para remaja mengikuti shalat tarawih di mesjid. Namun, disisi lain kompaknya mereka sedikit mengganggu jamaah lain, suara nyaringnya ketika mengucap ‘Aamiin’ disetiap shalat sangat tidak nyaman didengar. Mereka mengucap ‘Aamiin’ setengah berteriak dan cenderung dipermainkan. Jamaah lain tak ada yang berani menegurnya. “Ikut shalat tarawih di masjid juga Alhamdulillah, lumayan, daripada ditegur malah kabur” kata beberapa jamaah lain. Prihatin memang, tetap Alhamdulillah. :mrgreen:

Itulah beberapa yang beda Ramadhan tahun ini dengan Ramadhan-ramadhan sebelumnya, semuanya meninggalkan kesan khas.

Kini Ramadhan sudah berakhir, semoga ibadah Ramadhan kita diterima dan kita selalu mendapat lindungan Allah SWT. Aamiin.

SELAMAT IDUL FITRI 1435 H, MOHON MAAF LAHIR BATHIN

Share Button

Tags: , , , , ,

Comments

24 Responses to “Selamat Berlebaran”
  1. Tempat Wisata di Bali mengatakan:

    momennya mungkin hapir sama ya mas. alhamdulillah semoga kita senantiasa diberikan usia yang panjang dan berkah, kita bisa sampai di hari kemenangan dan diperkekannkan untuk ketemua bulan suci tahun depan untuk memperbaiki dan meningkatkan ibadah di bulan suci tahun ini

  2. anis mengatakan:

    “rame” sekali ya ramadhan kali ini..dari piala dunia, dsb..
    wah, klo mercon dulu waktu aku kecil mas2 ku yang kebagian buat, n selanjudnya anak2 kampung akan merapat ke rumah saya. Dan skarang, ketika kita telah pensiun, eh keponakan yang melanjudkan.
    memang ramadhan, apalagi lebaran tanpa mercon rasanya kurang afdhol 😀

  3. Purnomo Jr mengatakan:

    Ufuk Ramadhan mulai memudar, Cahaya Syawal kian memancar, Dosa dan Khilaf saatnya dibakar, Marah dan Dendam saatnya dikubur. Kadang hati berburuk sangka, Langkah membekas lara, Tutur kata tidak terjaga, Tingkah laku membawa luka. Andai tangan tak dapat berjabat, Setidaknya kata masih terucap : “Selamat IDUL FITRI 1435H, Minal Aydin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin ya. mas 🙂

  4. Sriyono Semarang mengatakan:

    Selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan bathin kang 🙂

  5. media2give mengatakan:

    minal aidzin wal faidzin.. mohon maaf lahir dan batin ya
    perubahannya bagus itu mas,semuanya ke arah yg positif,terutama berkurangnya petasan dan naiknya jmlh jamaah

    kunjungi balik ya.. terima kasih 🙂

  6. hotel di lembang mengatakan:

    Selamat hari raya idul fitri 1435 H, smoga menjadi kemenangan dan membawa kita lebih giat dalam menjalankan peirntah dan menjauhi semua yang dilarangan Allah SWT.

  7. Amri Evianti mengatakan:

    Selamat lebaran kang, mohon maaf lahir bathin atas segala khilaf

  8. Siti Fatimah Ahmad mengatakan:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, nanda Dedekusn….

    Selamat Menyambut Aidl Fitri yang mulia. Maaf zahir dan bathin. Syawal yang indah tentu terisi dengan acara silaturahmi yang mengeratkan hubungan sesama. Mudahan kebaikan yang dilakukan di Ramadhan tahun ini akan menambah keimanan dan ketaqwaan dalam kehidupan seterusnya.

    Tentang bermain petesan (baca : bunga api di Malaysia) kalau di Malaysia ia diharamkan dan tidak boleh dijual sebarangan. Sesiapa yang menjualnya akan ditangkap dan dibicarakan. Hal ini berakibat kepada kecederaan, kematian dan sebagainya jika tidak ada kawalan.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. 🙂

  9. Putri mengatakan:

    minal aidin walfaidin

  10. Riri mengatakan:

    berkunjung kemari dalam rangka menyambut hari 17 agustus hehehe…. ditunggu kunbalnya ya, o iya minal aidin walfaidin jg ya

  11. Nathalia DP mengatakan:

    di tempat saya masih banyak yg main petasan 🙁

  12. belajar trading forex mengatakan:

    sama mas, keadaannya seperti didaerah saya, namun kalo disini jenis kaleng yang pakai spirtus itu baru ramai tahun ini, ternyata bukan teknologi aja yang berkembang, petasan juga berkembang jenisnya, hahaha

  13. Hard Rock Hotel Bali mengatakan:

    mudah-mudah kegembiraan dan kecerian menyambut hari lebaran tidak melebihi batas, dan betul-betul mendapat apa yang seharusnya kita dapatkan di hari kemenangan dan suci.

  14. selamat lebaran walaupun telat ngucapinya tapi dari pada tidak sama sekali

Do you have any comments on Selamat Berlebaran ?