Era tiga dimensi

July 8th, 2010 by dedekusn | Posted under sains dan teknologi.

Masih terekam dalam ingatanku, dulu dikampungku televisi (TV) jarang dimiliki, walaupun ada TV-nya masih hitam putih dengan chanel hanya TVRI, yang nonton hampir sekampung. Kini TV hitam putih hampir punah tergantikan oleh TV berwarna, ini pun telah mengalami beberapa kali evolusi, dari yang cembung, analog, menjadi TV digital yang super tipis, flat, dll., tapi semuanya masih dalam bentuk media dua dimensi.

Kini pengembang sudah mulai mengembangkan teknologinya untuk menghasilkan media tiga dimensi (3D). Hasilnya? Sungguh luar biasa, film 3D yang awalnya hanya bisa dinikmati dengan kaca mata khusus, sekarang film-film baru hampir semua dirilis dalam 3D, bioskop-bioskop  ‘21’ di kota-kota besarpun sudah dipersiapkan untuk memutar film-film 3D tanpa menggunakan alat bantu apapun selain mata, harganya memang masih relatif mahal.

Bukan hanya itu beberapa produsen: TV, kamera, game, printer, dll., terus berlomba untuk menjadi yang terdepan dalam hal ini. Beberapa produsen TV mengklaim TV 3D akan segera tiba menggantikan televisi-televisi 2D, begitupun dengan produsen kamera, printer, game, dll.

Film dan TV yang kita tonton 3D, games 3D, kamera menghasilkan gambar 3D, hasil cetakan printer 3D, walau masih susah dibayangkan namun menurut beberapa pengamat prosesnya akan bertahap sama seperti peralihan dari TV hitam-putih ke TV berwarna.

Share Button

Incoming search terms for the article:

Tags: , , , , , , , , , , ,

Comments

126 Responses to “Era tiga dimensi”
  1. Suke says:

    Tambah maju sekarang… dulu tipi saja yang punya hanya pak lurah…. :)

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    hehe.. .. dulu banget malah ga ada TV
    *katanya* :11:

    [Reply]

  2. didot says:

    makin lama makin canggih ,tapi biasanya kalau baru2 keluar masih mahal ,tunggu murah aja deh :22:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    bener Bang.. nanti lama juga biasa murah, setelah ada yg lebih baru lagi :11:

    [Reply]

    Mang Eka Reply:

    skarang jg dah murah…TV yg bsa nelpon cma 600rb-an…:16::16:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    tapi bukn TV 3 Dimensi kan?

  3. kawanlama95 says:

    coba kita lihat kalo ada dan ada duit pasti di belikan pak

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    heuheu… Sippp

    [Reply]

  4. hmm , tehnologi selalu berkembang dengan pesat jadi akan ada yang terbaru. semoga bisa bermanfaat amien

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Amin….. Insya ALlag bisa bermanfaat, walau dampak negatinya selalu ada

    [Reply]

  5. Herry Ir. says:

    Semoga aja membawa manfaat dgn kmajuan teknologi ini…Bkan d’salahgunakan

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Iya, semoga saja demikian.

    [Reply]

  6. Kopral Cepot says:

    meni hoyong iiih :04:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    hehe… mangga kang, candak we!.. eh… hoyong naon?

    [Reply]

  7. Galang says:

    Kang sok nonton bioskop ? :01:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    tara kang… :05:

    [Reply]

    sangsaka Reply:

    no komen kang… saya mah hayang seuri wungkul :18:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    heuheu…. sttt… :16::18:

  8. wibowo says:

    whaaahhh..beberapa tahun lagi televisi saya jadi “jadul” dong..

    tapi biarlah.. seperti halnya monitor 14″ ku saya cembung, yang selalu menemaniku mengerjakan tugas-tugas kantor, nguber BOS, dan nge-blog.. biar jadul tetap di pakai. lha wong ndak rusak ^_^

    memang selalu ada inovasi-inovasi terbaru lebih-lebih tentang tekhnologi. tidak bisa di pungkiri itu. asalkan jangan karena kemajuan jaman pula, moral jadi ikut maju. contohnya pakaian yang yang semakin hari semakin “simple dan mudah dalam pengoperasiannya” :D

    sukses selalu dan haay blogging ya pak.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    betul Mas… Piss :05:

    [Reply]

  9. lukisanmoses says:

    wah, gimana kira-kira barangnya ya… apa mungkin lama-lama muncul program TV interaktif, kita ikutan berperan di dalamnya…

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    hehe.. kemungkinan itu selalu ada :09:

    [Reply]

  10. D3pd says:

    :12::12::12: *gembira*

    si akang membelikan saya seperangkat telivisi media untuk menghibur di rumah…

    :04::04::04: *makasih*

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    haha….. :08:

    [Reply]

  11. mancai says:

    salam singgah… harganya pasti mahal

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    mahal…. relatif, lama2 biasanya smakin murah

    [Reply]

    sangsaka Reply:

    tapi kalo lama2 jadi jadul kang :16:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Kalo sangat jadul jadi barang antik…. biasanya harganya jadi sangat mahal… :16:

  12. M Mursyid PW says:

    Teknologi sedemikian pesatnya berkembang. Semoga bangsa ini tidak puas hanya menjadi konsumen, tetapi dapat berperan sebagai produsen.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Amin.. Semoga saja pak, selama ini kita hanya bisa bangga menjadi konsumen, sementara bangsa lain baru isa bangga kalau sudah menjadi produsen

    [Reply]

  13. itempoeti says:

    teknologi makin membuat hidup makin hidup… :12:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    bener mas…. :12:

    [Reply]

  14. agoenk70 says:

    teknologi memang tidak akan pernah berhenti yah. tapi ga kebayang tuch klo TV nya 3D klo yang jantungan klo lgi nonotn film horor atau action bisa kaget banget kali yah hehehe..

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    ,, iya,,, kalee

    [Reply]

  15. Vulkanis says:

    3 D :09:
    Wah zaman geus edun atuh kang

    [Reply]

  16. Vulkanis says:

    Wah kena sepam juga Kang,,kunaon atuh

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Satpamna rada galak, siganamah kang Dadangna mencurigakan :16::18:

    [Reply]

  17. ImUmPh says:

    Kini bahkan udah ada proyektor yang bisa menampilkan gambar secara 3D :12: makin keren aja technology. Smoga bisa dapat dengan harga yang murah :04:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Semoga bisa dapat gratis …. :16:

    [Reply]

  18. mmhh….mahal..pengen sih tp kyknya blm perlu.hehe cukup dulu yg home teatherlah..hehe :16::16::16:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    sipp… yg peting bisa ditonton :05:

    [Reply]

    julicavero Reply:

    tp emang skr ini dah model yg namanya tiga dimensi mas…apapun pasti ada unsir 3d nya….btw mas bukan peting…tp penting..wekekeke…

    [Reply]

  19. julie says:

    aku suka pusing tuh kalo nonton filem 3D ato liat posternya hehehe *norak kan?

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    hehe.. … ngga ko nenk ga norak… tetep keliatan cantik :09::11:

    [Reply]

    ruang hati berbagi Reply:

    setuju , tetap cantik

    [Reply]

    sangsaka Reply:

    :16::16::16:

    dedekusn Reply:

    :16: :11: Sii… p

  20. i miss you kang dede :08:

    tos lami teu pateupang komen

    pribados sae, ngan rada loga padamelan yeuh…

    sukses selalu. pribados mah, kurang deudeuh nenjo tivi :04:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Miss U too kang Usup… hehe…
    sukses kanggo kangUsup pokonamah

    [Reply]

  21. Febriyanto says:

    :11: yoi gan….. begitu cepatnya teknologi berkembang…… 20taun lalu kata bapak saya masih tv hitam putih + accu… maklum di desa blm ada listrik katanya waktu itu.. :16:
    sekarang dah serba 3D….. tunggu murahnya dulu deh, baru beli yang beginian… hheh

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Yoi too :16:

    [Reply]

  22. wah, seru juga ya Mas Dedekusn, kalau lama2 kita ngeblog 3 dimensi , bisa gak ya ? :)
    slam

    [Reply]

    sangsaka Reply:

    wakakakkkk… ide yang sangat menarik…. ngeblog 3D :12:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    betul pisan bunda… andaikan saja demikian…. wuih… asikkkk pisan…

    [Reply]

    sangsaka Reply:

    jika dulu kang dede bisa membuat robot menjadi dukun, maka ngeblog 3D tentunya bukan pekerjaan yang sulit buat kang dede :16:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    hahaha…. jadi inget masa lalu kang.. wa-as ….
    Waas waktu virus Saka ngagalaksak + Saka NewVarian… :18:

    [Reply]

    bundadontworry Reply:

    hayu atuh Kang Kede terusin lagi,khan asik kita bisa 3D an ngeblog nya(* khayalan si bunda ketinggian*) :D :D
    salam

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    hehe… hayu bun…. :16:

    [Reply]

  23. JUN says:

    sayang di kota saia gag ada bioskop :02:

    [Reply]

    sangsaka Reply:

    mudah2an nanti ada layar tancep yang versi 3D juga mas kalo gak ada bioskop :07:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    hahaha… kabayang kalo layar tancap 3D… hebring pisan tah…

    [Reply]

  24. Planet Reath says:

    betul tuh kata bundadontworry, kira” ada ngeblog 3 dimensi tak ya? :D

    [Reply]

    sangsaka Reply:

    sudah masuk dalam daftar proyek 2011 kang dede, mohon supportnya aja :19:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Amin…. soklah dihaminan kang… :16:

    [Reply]

  25. baca ni postingan jadi inmget dulu masih kecil.. Rumah suka penuh kalo udah ada acara na Bang Haji Rhoma Irama.. kebetulan Babe atu-atunya yang punya tivi hehehe………….

    3D belon kebayang… menunggu saja…

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Selamat menunggu ria … :08:

    [Reply]

  26. narno says:

    saya belum lihat film 3D, payah ya ketinggalan banget, saya tahunya dimensi 3 di pelajaran matematika

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    hehe….. ga payah ko Pa… sy malah ga bgitu paham dimensi 3 hehe…

    [Reply]

  27. Fitri says:

    Sudah makin canggih media zaman sekarang.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    yups…. pastinya begitu fiet…

    [Reply]

  28. citromduro says:

    itulah teknologi selalu berkembang,

    [Reply]

  29. citromduro says:

    tidak mampu mengikuti perkembangan teknologi kang
    nggak kuat, Flat aja belum punya udah bakal keluar yang 3D, mangstabs

    [Reply]

    citromduro Reply:

    ada yang sempat ketangkep ni kang
    salam dari pamekasan madura

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    udah dikeluarin mas….

    [Reply]

  30. gadgetboi says:

    3D bikin pusing :13:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    pusing kenapa mas? :01:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Pusing kenapa mas?

    [Reply]

  31. Jadi Ingat tahun 70-an waktu lihat pertandingan sepakbola bawa payung di kantor kecamatan, sedih deh, meskipun sekarang belum punya TV 3D, paling tidak sudah bisa lihat sambil tiduran ya ndak Kang ? he hehe

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Iya kang… jaman sudah jau berubah … :16:

    [Reply]

  32. Ha… ha… ingat dulu waktu TV masih pake strum aki…
    Sekarang sudah sedemikan canggihnya ya!

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    kalau habis trumnya, harus disetum lagi.. gitu kan?

    [Reply]

  33. sukasukaku says:

    pasti lebih hidup dan terlihatlebih seru ya kang

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Iya nenk… pastiya demikian…

    [Reply]

  34. sangsaka says:

    jadi inget nonton TV di Kuburan :16:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    hehe… iya kang… repost we atuh di sangsaka(dot)com…
    sayahmah merindukan postingan kang saka yg kayax dulu :D

    [Reply]

  35. Daun Muda says:

    jd inget juga dlu wktu kecil, TV umum namanya, heheheh… itupun disegel pake kayu dan pake gembok klo blm di puter TVnya.. :04:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    heheh… kenangan unik masa lalu sering ta terlupakan

    [Reply]

  36. kang ian says:

    waduh keren amat nya kang :D sagala gala dibikin 3D hehehe mantap lah teknologi teh ^^

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    surantab nya kang….

    [Reply]

  37. wew..pertama keluar harganya masih mahal..jadi tunggu harganya turun dl sob…:18:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Nunggu harga turun atw nunggu yg gratiss…ya mas. hehe

    [Reply]

    Bang Iwan Reply:

    Nunggu gratisan kapan yah

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    heuheu…. .. ga bisa jawab bang…. :16:

  38. aldy says:

    Kalau TV 3D mungkin sudah bisa diakali dengan menggunakan kacamata khusus 3D.
    Tapi kalaupun sudah keluar harganya masih nggak ketulungan Mas, TV plasma aja masih belum mampu beli :20:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Sipp.. betul

    [Reply]

  39. orange float says:

    harus rajin nabung dulu neh biar bisa punya juga

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Sip… non… :01:

    [Reply]

  40. Syahroyni says:

    petumbuhan teknologi yang sangat cepat dan hebat . . .

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Betul mas….

    [Reply]

  41. aming says:

    itulah teknologi pak,
    semakin maju & canggih,
    kita sebagai manusia harus pandai2 mengiringi teknologi, kalau tidak…waahh….
    ngga kebayang deh…..

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    jangan dibayangin ya mas :16:

    [Reply]

  42. indra1082 says:

    Apalagi sekarang, 1 rumah bisa 3-4 tv :13:

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    betul mas.. tapi belum 3D

    [Reply]

  43. gaelby says:

    Maaf bru sempat berkunjung. Transformasi teknologi tv dan yg lainnya akan serba 3D. Luar biasa… thanks Infonya mantab bro :)
    Salam sobat !

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Salam juga Sob…
    Aktivitas bogging sy juga searangmulai berkurang Sob.

    [Reply]

  44. sedjatee says:

    keren… teknologi memang begitu cepat berkembang
    terkadang kita tak sanggup mengikutinya
    salam sukses selalu…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Iya Mas… kalau kita mengikuti tak akan ada ujungnya

    [Reply]

  45. Bang Iwan says:

    di tempat saya belum ada bioskop 3 D kang…

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    :04: :05:

    [Reply]

  46. Bang Iwan says:

    TV 3 D pasti enak nontonnya nih……

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    iya bang… tapi kayaxnya belinya ga enak.. :16:

    [Reply]

  47. andipeace says:

    saya punya tips membuat kacamata 3D sendiri..namun belum publish…hehe jadi ga usa beli kacamatanya..dan ini bisa dijadikan usaha juga.. :D

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    Ditunggu publish-nya ndi.. :09:

    [Reply]

  48. Anggara says:

    Apa kabar?
    TV 3D tetap masih kalah dengan nonton di Bioskop 3D, tapi lumayanlah…….

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    heuheu…. bener…

    [Reply]

  49. arkasala says:

    pergerakan kemajuannya serasa bergerak cepat ya Kang Dede ..
    perkembangan tekhnologi ini memang sangat mengagumkan :)
    Trims

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    betul kang… Trims kembali ang Yayat… sudah sehat sekarang kan?

    [Reply]

  50. Susu Bayi says:

    makin kesini makin canggih dan makin aneh,, pati juga makin mahal tuh barang,, nnti aja deh belinya nunngu murah..
    hehee

    [Reply]

  51. sky says:

    era baru teknologi baru….

    mungkin di masa yg akan datang, semua tv yg ada sekarang bakalan diganti :D

    [Reply]

  52. bayuputra says:

    Benar sekali mas… zaman menang sudah semakin canggih saja dan semakin maju… tidak terasa juga umur terasa tua seiring dengan perubahan zaman tadi … heee.

    [Reply]

    dedekusn Reply:

    betul2.. hehe

    [Reply]

  53. heee… TV saya dirumah masih menggunakan TV zaman dulu yang (warisan dari nenenk saya) .. TV yang masih berkotakan dengan kayu….
    karena masih bagus jadi masih belum beli yang baru.

    [Reply]

  54. Sarah says:

    pastinya lebih asik nonton pake 3D ya kang

    [Reply]

  55. syarif says:

    dear semua nya,
    kami menjual 1 set bioskop 3 dimensi tanpa perlu menggunakan proyektor (video 3 dimensi dilihat langsung melalui kacamata nya) harga mulai 70jt rupiah untuk theater dan 12jt rupiah untuk personal.
    kami juga menjual 1 set usaha warung game virtual reality mulai dari 150jt rupiah dan tinggalkan main game di depan layar MONITOR atau TV anda.
    hubungi 081564974662

    [Reply]

  56. puma says:

    salam kenal…numpang nyimak disini ya,,,

    [Reply]

  57. bakal selalu ada era2 dimensi lainnya nanti

    [Reply]

Do you have any comments on Era tiga dimensi ?