Era tiga dimensi

Masih terekam dalam ingatanku, dulu dikampungku televisi (TV) jarang dimiliki, walaupun ada TV-nya masih hitam putih dengan chanel hanya TVRI, yang nonton hampir sekampung. Kini TV hitam putih hampir punah tergantikan oleh TV berwarna, ini pun telah mengalami beberapa kali evolusi, dari yang cembung, analog, menjadi TV digital yang super tipis, flat, dll., tapi semuanya masih dalam bentuk media dua dimensi.

Kini pengembang sudah mulai mengembangkan teknologinya untuk menghasilkan media tiga dimensi (3D). Hasilnya? Sungguh luar biasa, film 3D yang awalnya hanya bisa dinikmati dengan kaca mata khusus, sekarang film-film baru hampir semua dirilis dalam 3D, bioskop-bioskop  ‘21’ di kota-kota besarpun sudah dipersiapkan untuk memutar film-film 3D tanpa menggunakan alat bantu apapun selain mata, harganya memang masih relatif mahal.

Bukan hanya itu beberapa produsen: TV, kamera, game, printer, dll., terus berlomba untuk menjadi yang terdepan dalam hal ini. Beberapa produsen TV mengklaim TV 3D akan segera tiba menggantikan televisi-televisi 2D, begitupun dengan produsen kamera, printer, game, dll.

Film dan TV yang kita tonton 3D, games 3D, kamera menghasilkan gambar 3D, hasil cetakan printer 3D, walau masih susah dibayangkan namun menurut beberapa pengamat prosesnya akan bertahap sama seperti peralihan dari TV hitam-putih ke TV berwarna.

Share Button

Incoming search terms for the article:

126 thoughts on “Era tiga dimensi

  1. wibowo

    whaaahhh..beberapa tahun lagi televisi saya jadi “jadul” dong..

    tapi biarlah.. seperti halnya monitor 14″ ku saya cembung, yang selalu menemaniku mengerjakan tugas-tugas kantor, nguber BOS, dan nge-blog.. biar jadul tetap di pakai. lha wong ndak rusak ^_^

    memang selalu ada inovasi-inovasi terbaru lebih-lebih tentang tekhnologi. tidak bisa di pungkiri itu. asalkan jangan karena kemajuan jaman pula, moral jadi ikut maju. contohnya pakaian yang yang semakin hari semakin “simple dan mudah dalam pengoperasiannya” :D

    sukses selalu dan haay blogging ya pak.

    1. dedekusn Post author

      Amin.. Semoga saja pak, selama ini kita hanya bisa bangga menjadi konsumen, sementara bangsa lain baru isa bangga kalau sudah menjadi produsen

  2. agoenk70

    teknologi memang tidak akan pernah berhenti yah. tapi ga kebayang tuch klo TV nya 3D klo yang jantungan klo lgi nonotn film horor atau action bisa kaget banget kali yah hehehe..

  3. ImUmPh

    Kini bahkan udah ada proyektor yang bisa menampilkan gambar secara 3D :12: makin keren aja technology. Smoga bisa dapat dengan harga yang murah :04:

  4. Febriyanto

    :11: yoi gan….. begitu cepatnya teknologi berkembang…… 20taun lalu kata bapak saya masih tv hitam putih + accu… maklum di desa blm ada listrik katanya waktu itu.. :16:
    sekarang dah serba 3D….. tunggu murahnya dulu deh, baru beli yang beginian… hheh

  5. Blog Keluarga

    baca ni postingan jadi inmget dulu masih kecil.. Rumah suka penuh kalo udah ada acara na Bang Haji Rhoma Irama.. kebetulan Babe atu-atunya yang punya tivi hehehe………….

    3D belon kebayang… menunggu saja…

  6. teguhsasmitosdp1

    Jadi Ingat tahun 70-an waktu lihat pertandingan sepakbola bawa payung di kantor kecamatan, sedih deh, meskipun sekarang belum punya TV 3D, paling tidak sudah bisa lihat sambil tiduran ya ndak Kang ? he hehe

  7. aldy

    Kalau TV 3D mungkin sudah bisa diakali dengan menggunakan kacamata khusus 3D.
    Tapi kalaupun sudah keluar harganya masih nggak ketulungan Mas, TV plasma aja masih belum mampu beli :20:

  8. aming

    itulah teknologi pak,
    semakin maju & canggih,
    kita sebagai manusia harus pandai2 mengiringi teknologi, kalau tidak…waahh….
    ngga kebayang deh…..

  9. gaelby

    Maaf bru sempat berkunjung. Transformasi teknologi tv dan yg lainnya akan serba 3D. Luar biasa… thanks Infonya mantab bro :)
    Salam sobat !

  10. bayuputra

    Benar sekali mas… zaman menang sudah semakin canggih saja dan semakin maju… tidak terasa juga umur terasa tua seiring dengan perubahan zaman tadi … heee.

  11. syarif

    dear semua nya,
    kami menjual 1 set bioskop 3 dimensi tanpa perlu menggunakan proyektor (video 3 dimensi dilihat langsung melalui kacamata nya) harga mulai 70jt rupiah untuk theater dan 12jt rupiah untuk personal.
    kami juga menjual 1 set usaha warung game virtual reality mulai dari 150jt rupiah dan tinggalkan main game di depan layar MONITOR atau TV anda.
    hubungi 081564974662

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>