Mengingat Mimpi

Juli 11th, 2014 by dedekusn | Posted under Umum.

11Saya pernah membaca bahwa 90% manusia tidak bisa mengingat mimpinya dengan jelas. Karena bacaan itu, saya mencoba buktikan dengan mengingat beberapamimpi. Hasilnya? ternyata benar beberapa mimpi tidak bisa diingat. Namun, dua malam terakhir mimpi itu dapat diingat dengan jelas.

Mimpi pertama terjadi di malam kemarin, saya berada di luar Pulau Jawa menjadi buruh pekerja dan penggali tambang emas illegal, kami mengebor tanah membuat sumur untuk diambil emasnya. Upah didapat dan ditabung hingga akhirnya saya bisa menyewa lahan penggalian dan mempekerjakan beberapa orang. Hasilnya berlimpah, hingga saya memutuskan untuk pulang dan mengembangkan usaha di kampung halaman, ketika persiapan pulang…. Terbangun. Mimpi yang aneh, namanya juga mimpi :01:

Mimpi kedua terjadi malam tadi, saya sedang berjalan kaki ketika tiba-tiba gempa bumi mengguncang cukup lama, semua panik karena gempa sempat membuat Bumi miring nyaris 80-90 derajat. Semua orang termasuk saya lari berhamburan menjauhi pantai menuju tempat yang lebih tinggi karena tsunami hampir dipastikan terjadi. Setelah itu, terbangun :07:

Dua malam berturut saya dapat mengingat mimpi dengan jelas, membuat saya kembali mencari referensi apa yang menyebabkan mimpi bisa diingat dan tidak bisa? Kenapa juga kita bisa bermimpi? Berikut jawaban pertanyaan tersebut yang saya rangkum dari beberapa sumber :

  1. Mimpi bisa diingat dengan jelas jika kita terbangun saat mimpi masih berlangsung. Hal ini juga yang terjadi pada kedua mimpi saya tadi. Artinya kita akan cenderung lupa terhadap mimpi jika kita tidak terbangun ditengah-tengah mimpi.
  2. Makan makanan pedas dapat menyebabkan kita terbangun ditengah-tengah mimpi atau ditengah-tengah tidur, makanan pedas juga bisa meningkatkan resiko mimpi buruk. Saya ingat sebelum tidur kemarin, saya makan masakan yang kepedasan.
  3. Mimpi dapat membantu mengolah dan memperkuat ingatan. Karena alasan ini saya mencoba mengingat dan menuliskan kedua mimpi diatas.
  4. Mimpi selalu berhubungan dengan pengalaman sehari-hari kita. Walau ada penelitian yang mengatakan tidak ada yang tahu mengapa kita bermimpi, tapi saya lebih setuju dengan pendapat bahwa mimpi berhubungan dengan pengalaman sehari-hari kita. Hal ini juga yang terjadi dengan kedua mimpi saya, saya yakin faktor mimpi ini dipengaruhi faktor pengalaman atau cerita sehari-hari. Mimpi pertama kronologisnya hampir sama dengan cerita salah seorang pekerja yang mengecat rumah saya bulan lalu. Mimpi kedua merupakan mimpi yang paling sering saya alami, mimpi ini sering terjadi karena saya mengalami langsung terjadinya gempa dan tsunami Pangandaran tahun 2006 lalu.

Tetunya masih banyak faktor dan fakta lain seputar mimpi, tapi empat hal inilah yang paling sesuai dengan mimpi saya. Salam!

Share Button

Tags: , , , ,

Comments

25 Responses to “Mengingat Mimpi”
  1. duniaely mengatakan:

    saya lumayan sering ingat mimpi mas, karena sering mimpi sih kalau tidur πŸ™‚

  2. Purnomo Jr mengatakan:

    kalo saya habis mimpi bagus..langsung ngucap hamdalah mas dan berharap mimpi itu bisa nyata
    tapi kalo mimpinya buruk sy ndak ceritakan dg orang lain..mending berpikir positif aja..kalo itu yoh cuma sekedar bunga tidur…hehe

    oh ya harapannya..saya juga turut mendoakan dan mengamini mas .. amin πŸ™‚

  3. BangKoor mengatakan:

    Aku kok biasanya sulit mengingat ya mas? Bahkan kalo kebangun saat lagi mimpi gitu, mimpinya langsung buyar dan lupa πŸ˜€

  4. Kisah Foto mengatakan:

    Saya sulit mas mengingat mimpi, hehehe… Saya penyuka makanan pedas, dan jarang mimpi buruk, hehehe tapi terbangun saat mimpi berlngsung sih sering πŸ˜€

  5. Mechta mengatakan:

    Saya setuju, bahwa seringkali mimpi terkait dg pengalaman sehari-hari ataupun sesuatu yg ada di hati.. *pengalaman pribadi.. hehe..

  6. pak'e ipul mengatakan:

    wah..kalau soal mengingat mimpi saya sering tidak ingat dengan mimpi yg dialami…mimpi yg paling saya ingat cuma satu mas..waktu mimpi basah..hahaaaa

  7. Mew da Vinci mengatakan:

    menarik! πŸ˜€
    saya juga jarang bisa ingat mimpi. Biasanya mimpi saya bisa diingat pada detik-detik saat akan terbangun…. Tapi gak selalu mimpi berkaitan dengan pengalaman sehari-hari… Ada yang menggambarkan masa depan atau petunjuk…

  8. hotel di lembang mengatakan:

    salam hangat gan,, saya juga pernah mimpi buruk saya melihat sosok yang sangat menyeramkan di mimpi itu, dan seakan-akan terlihat nyata, sosok itu menghampiri saya dan mencekik leher saya sehingga saya tidak bisa bergerak dan tidak bisa berteriak seakan-akan badan saya terasa berat untuk meminta pertolongan, tapi setelah saya bangun dari mimpi itu dan menceritakan kepada ibu saya katanya itu bukan mimpi tapi didatengin sama hantu ereup-ereup. nah gan apakah itu benar mimpi buruk ataukah benar kata ibu saya? salam sukses,,,,

    • dedekusn mengatakan:

      Sy juga pernah mimpi seperti itu, Eureup-eureup kalau kata orang Jabar-mah. Tapi apa benar mimpi seperti itu karena hantu? eh, eureup-eureup itu bahasa Indoensianya apa ya? :01:

  9. Tempat Wisata di Bali mengatakan:

    sebagian orang melihat mimpi hanya sebagai bunga tidur, namun ada juga memandang mimpi sebagai tabir kehidupan yang akan di jalani kedepan.. apapun pandangan kita, tanggapi mimpi kita dengan ber husnuddon. dan biasakan kita tertidur saat kita setelah berdoa, agar mimpi yang menemani kita baik memberi kebahagian dan selalu terkenang meskipun dalam mimpi.

  10. Hard Rock Hotel Bali mengatakan:

    ia ya mas, yang saya rasakan pada saat kita tidur yang sebelumnya di awali berdo’a terlebih dahulu, maka mimpi yang kita dapati pasti mimpi yang baik, kalaupun mimpi buruk, kita tidak pernah panik dan ketakutan. terima kasih informasinya. ditunggu undate artikelnya.

  11. tri mengatakan:

    Betul 2 minggu lalu saya ingat di lantik jadi wakil presiden,
    Tadi pagi habis subuh tertidur mimpi:menangkap burung ermprit dan sarangnya

  12. Mangcara mengatakan:

    Baru tau saya makanan pedes bisa bikin terbangung dari mimpi, biasanya si biar ga lupa pas bangung jangan ngapain2 tapi langsung coba inget2 dulu mimpinya πŸ™‚

Do you have any comments on Mengingat Mimpi ?